Blog

7 Tips Menjalankan Franchise Minuman Agar Sukses

Tips Berbisnis
tips bisnis franchise minuman
Usaha franchise minuman kini tengah digandrungi masyarakat. Pasalnya, mitra yang bekerja sama tidak perlu membangun strategi pemasaran dari nol. Hal ini lantaran nama merek produk yang sudah besar, maka tidak perlu lagi mencari kepercayaan dari konsumen.

Pihak yang mengambil bisnis franchise minuman juga tidak perlu melakukan promosi besar-besaran. Selain itu, dalam sistem bisnis biasanya juga sudah dijelaskan rincian, modal dan keuntungan yang akan didapatkan.

Sayangnya masih banyak pebisnis franchise minuman kerap kali kebingungan untuk memulai dan mengoptimalkan bisnis mereka. Jika kamu salah satunya, penting menyimak tips bisnis franchise minuman agar laris.

Tips Bisnis Franchise Minuman Agar Untung

Agar bisnis franchise minuman mu memiliki untung besar dan laris, dilansir Akurat berikut tips yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Produk dengan Target Market yang Jelas

Tips bisnis franchise minuman yang pertama adalah pilih produk dengan target market yang jelas. Banyak franchise minuman yang bisa kamu pilih, mulai dari harga yang murah, makanan yang enak, target pasar jelas, atau alasan lainnya. Namun, sebelum tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh franchisor, sebaiknya kamu memilih produk dengan target market yang jelas.

Meskipun jenis minumannya terlihat menjanjikan, tetapi lihat lagi, apakah ada orang yang akan membelinya? Apakah produk tersebut memang disukai oleh orang? Sesuaikan antara harga, rasa, kualitas, dan hal penting lainnya agar bisnis franchise minuman yang dijalani bisa menguntungkan.

2. Pilih Franchisor yang Suportif dan Terpercaya

Dari sekian banyak jenis franchise minuman yang tersedia di pasaran, sebaiknya kamu tidak hanya memilih bisnis yang paling menguntungkan. Lebih dari itu, tips bisnis franchise minuman selanjutnya adalah pilihlah bisnis yang memiliki sistem kerjasama yang saling menguntungkan.

Usahakan juga memilih franchise minuman yang punya pemilik atau franchisor yang terpercaya dan suportif untuk mendukung kelangsungan bisnis tersebut. Franchisor yang suportif biasanya akan memudahkan kamu untuk membuat inovasi, namun tetap sesuai dengan SOP franchise tersebut.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Modal 50 Ribu! 

3. Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Tips bisnis franchise minuman berikutnya adalah hitunglah semua modal yang sudah kamu punya, setelah itu baru tentukan franchise yang sesuai dengan budget. Bila langsung pilih franchise minuman tanpa menyesuaikan budget, kamu akan kesulitan saat kebutuhan tak terduga tiba-tiba muncul.

Ada banyak penawaran kredit khusus franchise, tapi kamu juga harus membayar bunga yang tak sedikit. Tak mau kan terbebani dengan banyak utang? Maka pilihlah franchise minuman yang pas dengan modalmu. Jika modalmu belum cukup, coba tentukan target pencapaian terlebih dahulu.

4. Periksa Legalitas

Tips bisnis franchise minuman yang satu ini memang cukup terkesan ternikal ya, tetapi tips ini tak kalah penting dari sebelumnya. Periksalah semua hal terkait legalitas pemilik franchise minuman serta produk yang dijualnya.

Lihat dan baca dengan seksama poin-poin kontrak kerja sama yang akan kamu setujui. Cermati baik-baik dan jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang menurutmu cukup timpang atau agak memberatkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Jualan di Shopee? Begini Caranya!

5. Pastikan Jaminan Ada dalam Perjanjian

Bila ada jaminan atau garansi yang diberikan, pastikan semuanya tercantum detail dalam kontrak. Baik itu hal yang bersangkutan dengan kamu ataupun pengelola franchise minuman karena dalam setiap kerja sama selalu ada jaminan atau garansi yang menyangkut semua pihak. Misalnya, jaminan izin menggunakan merek franchise minuman dan jaminan pemilik cabang mendapatkan hak eksklusif.

Baca juga: Franchise Minuman Modal Kecil Untuk Pemula

6. Atur Promosi dengan Baik

Tips bisnis franchise minuman selanjutnya adalah atur promosi dengan baik. Meskipun saat menjalankan bisnis franchise minuman, kamu sudah mendapatkan berbagai hal dari pihak franchisor, termasuk fasilitas promosi, bukan berarti tidak menyusun strategi dengan baik.

Penting bagi kamu untuk menyusun strategi promosi agar bisnis franchise minuman yang dijalani semakin diminati banyak orang. Dengan begitu, kamu pun bisa merasakan keuntungannya. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, terutama promosi secara online. Sahabat bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dan Tiktok untuk membuat konten-konten menarik, serta iklan digital agar target pasar lebih luas.


7. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang kamu pilih dapat berpengaruh pada return bisnis lho! Banyak usaha baru yang pelanggannya sedikit karena lokasi mereka sulit dijangkau. Untuk itu, tips bisnis franchise minuman selanjutnya adalah pilih lokasi yang menjadi pusat keramaian sehingga akan mudah dicapai. Lakukan survei terhadap beberapa tempat yang menjadi pilihan lokasi franchise minuman.

Setelah melihat kondisi tempat, kamu bisa juga memanfaatkan media sosial untuk membantumu menentukan lokasi mana yang paling strategis. Perhatikan juga saingan di sekitar lokasi ya, pastikan peluang perkembangan usahamu cukup besar di daerah tersebut.

Posy Bantu Bisnis Franchise Minuman

Itu dia tips bisnis franchise minuman agar laku. Kamu juga bisa mulai menggunakan aplikasi POS seperti Posy untuk membantu mengelola franchise minumanmu dengan lebih praktis. Posy akan memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan administrasi dan operasional.

Baca juga: Cara Agar Dagangan Online Laris!

Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai laporan penjualan serta mencatat data pelanggan agar ke depannya bisa menjalin hubungan baik dengan mereka. Kamu pun tidak perlu repot-repot merekrut tim khusus untuk mengelola operasional bisnis, karena semuanya bisa dikerjakan sendirian dengan memanfaatkan Posy.


Aplikasi Posy bisa di download melalui Play Store atau klik di sini. Jika aplikasi sudah terunduh, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi dan melakukan pendaftaran sebelum membeli paket kasir online murah. Langkah-langkah untuk mendaftar ke aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi Posy
  • Pada halaman utama, pilih opsi ‘Daftar’
  • Isi data diri pada formulir pendaftaran yang tersedia, meliputi nama, email, nomor handphone, dan password akun
  • Centang kotak ‘Syarat & Ketentuan’ serta ‘Kebijakan Privasi’ lalu pilih tombol ‘Daftar’
  • Dapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS di nomor terdaftar, lalu masukkan kode OTP ke kolom yang tersedia di aplikasi
  • Masukkan data usaha, termasuk nama usaha, jenis usaha, dan kota domisili tempat usaha dilakukan
  • Buat PIN baru yang akan digunakan untuk login ke akun Posy
  • Konfirmasi PIN sekali lagi dan akun pun sudah siap digunakan

Setelah melalui langkah-langkah di atas, akun sudah aktif dan terdaftar. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Posy.