Blog

Cocok untuk Pemula, Ini 10 Cara Dagang Grosir Online

Sekarang, segala bentuk bisnis bisa dijalankan secara online, termasuk bisnis grosiran. Tapi, dibandingkan dengan bisnis kecil rumahan, memulai bisnis grosir memang lebih sulit, sehingga banyak orang yang kebingungan cara memulainya. Padahal, sebenarnya cara dagang grosir online sangatlah mudah.
Bisnis grosir adalah bisnis yang dijalankan dengan menjual produk dalam jumlah besar. Pembeli yang membeli di tempat dagang grosir online akan membeli produk dalam jumlah lusinan, puluhan, ratusan, atau jumlah-jumlah besar lainnya yang pastinya lebih dari satu produk saja.

10 cara dagang grosir online untuk pemula

Di Jakarta, toko grosir biasanya ditemukan di pusat grosir populer seperti di Mangga Dua, Asemka, Tanah Abang, dan lain sebagainya. Tapi, kini toko grosir juga sudah bisa ditemukan online dan bisa jadi peluang usaha baru. Lantas, bagaimana cara dagang grosir online untuk pemula?

1. Siapkan modal usaha

Sebagai pebisnis pemula, modal usaha yang tersedia mungkin tidak banyak. Supaya bisnis bisa berjalan lancar, sejak awal tentukan seberapa besar modal yang akan dialokasikan untuk bisnis grosir ini.
Modal bisa berapa saja, disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan. Modal bisa didapatkan dari mana saja, baik dari tabungan pribadi, dari pinjaman, maupun dengan mencari investor dari teman atau keluarga dekat.

2. Tentukan jenis barang yang dijual

Cara dagang grosir online yang kedua adalah menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual. Jenis barang grosir saat ini dibedakan menjadi dua kategori, yaitu grosir barang umum dan barang khusus.
Grosir barang umum biasanya berupa bisnis yang menjual segala macam barang grosir tanpa ada segmentasi tertentu. Toko grosir yang seperti ini akan menjual pakaian, peralatan masak, sembako, dan lain sebagainya di saat yang bersamaan. Sementara, toko grosir barang khusus biasanya hanya khusus menjual barang grosir dalam satu kategori tertentu saja, seperti hanya menjual aksesoris grosir, sembako grosir, atau sebagainya.

3. Tentukan luas lokasi bisnis yang ditargetkan

Jenis bisnis grosir juga dibedakan berdasarkan cakupan daerah bisnisnya. Ada yang bisnis lokal yang menjual produk lokal dan menargetkan pelanggan lokal di satu kota atau wilayah tertentu saja. Tapi, ada juga bisnis grosir yang menargetkan pembeli dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.
Sejak awal, pertimbangkan seberapa luas cakupan wilayah bisnis yang akan dijalankan. Ini sangatlah penting sebagai cara dagang grosir online. Karena, semakin luas daerah yang ditargetkan, semakin beragam juga pelanggannya. Otomatis, barang yang dijual dan strategi pemasarannya juga harus disesuaikan dengan keberagaman tersebut.

4. Menentukan pemasok atau supplier

Bisnis grosir tidak akan bisa berjalan tanpa adanya pemasok atau supplier. Apalagi kalau Anda masih pemula dalam berbisnis, tentunya produk grosir yang dijual bukanlah hasil produksi tangan sendiri. Jadi, Anda akan sangat bergantung pada supplier.
Saat ini, mencari supplier tidaklah sulit. Cara dagang grosir online bisa dimulai dengan melakukan riset pemasok lewat marketplace atau mendatangi bazar tertentu. Kalau mau memasok barang dari luar negeri, coba bergabung ke komunitas importir atau mendatangi pabrik dan gudang distributor barang impor secara langsung.

5. Analisis kompetitor

Untuk memastikan bisnis grosir yang akan dijalankan berkesempatan untuk sukses, penting bagi pemilik bisnis untuk menganalisis kompetitor. Ini adalah cara dagang grosir online yang tidak boleh terlupakan.
Lewat analisis kompetitor, Anda bisa mengira-ngira kekurangan dari kompetitor dan berupaya memberikan layanan yang bisa mengalahkan kekurangan tersebut. Selain itu, analisis kompetitor bisa memberikan gambaran berapa harga yang perlu ditentukan untuk setiap produk grosir dan seperti apa strategi pemasaran yang perlu dilakukan.


6. Membuat website dan media sosial

Penting sekali bagi toko grosir online untuk membuat website. Di dunia bisnis online, website berperan seperti toko fisik, dimana website tersebut akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh calon pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait produk dan bisnis Anda.
Anda juga perlu membuat akun media sosial khusus bisnis yang dijalankan. Akun ini akan digunakan sebagai sarana untuk melakukan promosi dan berinteraksi dengan pelanggan. Oleh sebab itu, membuat website dan media sosial tak boleh terlewatkan sebagai salah satu cara dagang grosir online.

7. Manfaatkan e-commerce

Berjualan melalui e-commerce adalah salah satu cara dagang grosir online yang paling efektif. Karena, platform e-commerce sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk menunjang penjualan, seperti fitur iklan, fitur promosi, fitur gratis ongkir, dan lain sebagainya.
Pembeli online saat ini juga lebih senang melakukan transaksi melalui e-commerce karena lebih terjamin keamanannya. Jadi, meskipun sudah punya website sendiri, akan lebih baik untuk tetap melakukan penjualan lewat e-commerce. Platform e-commerce juga sudah mendukung penjualan secara grosir, sehingga Anda tetap bisa menjual produk dalam jumlah besar.

8. Lakukan promosi

Sebagai bisnis grosir yang baru dirintis, tentunya belum banyak pembeli yang mengetahui tentang keberadaan bisnis Anda. Promosi perlu dilakukan guna membuat pembeli online menyadari tentang adanya bisnis grosir baru dari Anda.
Promosi bisa dilakukan lewat banyak cara. Karena bisnis yang dijalankan berbasis online, maka strategi promosi yang perlu dilakukan sebagai cara dagang grosir online bisa melalui iklan di media sosial, mengirimkan banner ke kontak Whatsapp, ataupun memanfaatkan fitur promosi di e-commerce.

9. Pilih kurir yang tepercaya

Barang yang dijual secara grosir tidak bisa diantar dengan kurir yang sama seperti kurir barang satuan. Karena, barang yang perlu dikirimkan biasanya berjumlah besar. Biasanya, untuk barang grosir, pengiriman dilakukan dengan kendaraan mobil, truk, atau ada juga yang melalui kapal apabila penjualan dilakukan sampai ke luar negeri.
Untuk menghindari masalah pengiriman, salah satu cara dagang grosir online adalah memastikan kurir yang dipilih sudah berkualitas dan tepercaya dalam menangani pengiriman barang berjumlah besar.

10. Atur operasional dengan aplikasi POS

Aplikasi Point of Sale (POS) merupakan aplikasi kasir online yang digunakan sebagai tempat bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran. Setiap transaksi yang dicatat lewat POS akan terekam dan dilaporkan kepada pemilik. Transaksi yang dimaksud bisa berupa transaksi melalui smartphone maupun transaksi offline seperti melalui mesin EDC.
Aplikasi POS bisa membantu Anda untuk mencatat transaksi secara mudah, termasuk mencatat jumlah stok barang, data pelanggan, data penjualan, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu mencatat seluruh kegiatan operasional bisnis grosir online Anda secara manual.

Rekomendasi Posy untuk mendukung bisnis grosir online

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu cara dagang grosir online adalah memanfaatkan aplikasi POS. Salah satu aplikasi POS yang bisa digunakan oleh para pebisnis grosir pemula adalah Posy.
Posy merupakan aplikasi kasir online berbasis cloud, dimana segala laporan yang tercatat akan disimpan secara otomatis dan online. Jadi, segala data yang tercatat bisa diakses kembali kapanpun dan dimanapun Anda berada.
Saat ini, aplikasi Posy sudah tersedia di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Posy sudah sangat lengkap dan dijamin bisa mendukung kegiatan operasional bisnis grosir Anda. Lewat aplikasi ini, Anda bisa langsung mencatat data inventaris toko, menganalisis bisnis, melihat laporan penjualan, memonitor karyawan, serta membuat promosi secara langsung.
Memanfaatkan Posy bisa menjadi cara dagang grosir online dengan sukses, bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, kalau ingin bisnis grosir lancar, terapkan juga tips-tips lainnya yang sudah disebutkan di atas.