Blog

10 Tips Tingkatkan Penjualan di Shopee

Tips Berbisnis
tips-jualan-di-shopee
Hingga saat ini, telah ada berbagai platform e-commerce di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk berjualan online. Salah satunya, Shopee. Perlu kamu ketahui, melansir Shopee.co.id, Shopee merupakan platform e-commerce yang diluncurkan pada tahun 2015.

Kini, Shopee berhasil masuk dalam jajaran e-commerce terpopuler di tanah air. Tak tanggung-tanggung, menurut data Katadata.co.id, pada Agustus 2022 situs Shopee menerima 190,7 juta kunjungan dari Indonesia. Angka ini meningkat 11,37% dibanding bulan sebelumnya, di mana kunjungan ke situs Shopee berjumlah 171,2 juta pada Juli 2022.

Besarnya jumlah pengguna Shopee menjadikannya sebagai platform e-commerce yang sangat potensial untuk berjualan online. Lalu, bagaimana tips berjualan di Shopee yang bisa mendatangkan cuan?

Tips Berjualan di Shopee

Nah, untuk membuat produk kamu laris terjual, berikut tips meningkatkan penjualan di Shopee yang bisa diterapkan:

1. Tambahkan Informasi Brand dengan Jelas

Ketika sudah memiliki toko online di Shopee, usahakan untuk menambahkan informasi tentang brand kamu dengan jelas. Mulai dari menggunakan logo brand sebagai foto profil, mencantumkan detail kontak, hingga lokasi offline store jika ada. Dengan begitu, toko online kamu akan terlihat profesional sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan.

2. Jangan Lupa Isi Deskripsi Produk

Tips berjualan di Shopee selanjutnya adalah isi deskripsi produk. Sebab, ketika berjualan online, mengunggah foto produk memang sangat penting agar pelanggan mengetahui gambaran produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi deskripsi produk dengan jelas. Berikan informasi nama produk, kegunaan, tanggal kadaluarsa, bahan pembuatan, dan detail produk lainnya. Jadi, pelanggan tidak bingung sebelum membeli.

3. Gunakan Berbagai Pilihan Jasa Kirim

Tips meningkatkan penjualan di Shopee adalah kamu juga bisa memaksimalkan penjualan dengan menggunakan berbagai pilihan jasa kirim. Tips berjualan di Shopee yang satu ini untuk memudahkan pelanggan dalam menentukan jasa pengiriman apa yang paling sesuai
dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, menyediakan berbagai pilihan jasa kirim juga bermanfaat karena tidak semua layanan pengiriman tersedia di domisili pelanggan. Adanya perbedaan harga antara berbagai jasa kirim juga bisa menjadi pertimbangan pelanggan. Biasanya, pelanggan akan lebih memilih layanan pengiriman dengan biaya yang lebih murah.

4. Berikan Pelayanan yang Baik

Tips berjualan di Shopee selanjutnya adalah berikan pelayanan yang terbaik. Meski tidak berhadapan langsung dengan pelanggan seperti ketika jual beli langsung, kamu tetap perlu memberikan pelayanan terbaik pada mereka. Kamu bisa memberikan pelayanan toko online yang baik dengan cara mempercepat proses pengemasan dan segera melakukan pengiriman.

Jadi, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pesanan mereka.
Selain itu, kamu sebaiknya bersikap cepat tanggap ketika pelanggan melakukan komplain melalui fitur pesan di aplikasi Shopee. Hadapilah masalah yang dikeluhkan pelanggan dan segera tawarkan solusinya. Jangan sampai menunda-nunda dan membuat pelanggan kecewa, ya.

5. Daftar Gratis Ongkir

Tips berjualan di Shopee yang satu ini tak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, bisa mendapatkan gratis ongkir ketika berbelanja merupakan salah satu hal yang paling disukai banyak pembeli di Shopee saat ini. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengandalkan fitur Gratis Ongkir Xtra yang disediakan Shopee.

Proses pendaftaran ini memerlukan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional). Adapun persetujuan hasil pendaftaran tersebut akan diinformasikan kepada pengguna melalui notifikasi yang dikirimkan ke aplikasi Shopee.

Apabila toko berhasil tergabung dalam program Gratis Ongkir Shopee, kamu bisa menemukan logo Gratis Ongkir pada setiap foto produk.

6. Susun Etalase dengan Rapi

Dengan memanfaatkan fitur etalase, kamu dapat menyusun produk sesuai dengan kategori produk. Dengan etalase yang tersusun rapi, calon pembeli bisa memilih ragam produk yang diinginkannya dengan lebih mudah.

Tips meningkatkan penjualan di Shopee ini bisa membuat calon pembeli melihat produk serupa dengan lebih mudah. Mereka yang awalnya hanya ingin membeli satu produk, justru bisa tertarik untuk membeli dua atau tiga produk karena mupeng dengan produk yang terpajang di etalase.

Baca juga: Cara Jualan di Tokopedia! Mudah Banget!


7. Naikkan Produk Setiap 4 Jam Sekali

Tips berjualan di Shopee selanjutnya adalah naikkan produk setiap 4 jam sekali. Ini adalah fasilitas Shopee yang bisa kamu pakai. Tipsnya, kamu bisa melakukan klik tombol naikkan produk yang ada di bawah gambar produk jualan kamu. Naikan 1 atau 2 produk, kemudian kamu bisa menaikkan 2 produk yang lain di jam akan datang, dan seterusnya.

Ini akan menjadi seperti update status. Maksudnya, Shopee dan pelanggan akan mendeteksi kalau kamu aktif dengan menaikkan produk.

8. Pasang Harga yang Kompetitif

Tips berjualan di Shopee lainnya adalah pasangan harga yang kompetitif. Bukan rahasia lagi, perang harga adalah hal yang sering terjadi di marketplace. Jika kamu belum menjadi yang terlaris atau memperoleh banyak penjualan, menjual dengan harga sedikit lebih murah dari kompetitor akan membuat perbedaan.

Misalnya rata-rata jaket dijual seharga Rp 125.000, kamu bisa menjual dengan harga Rp 123.000. Selisihnya cuma dua ribu. Namun ini sudah cukup untuk membuat calon pembeli memilih produk kamu.

9. Pasang Shopee Ads

Selain dengan tips berjualan di Shopee yang dilakukan secara organik alias tanpa mengeluarkan budget khusus, ada juga cara berbayar, yaitu memanfaatkan Shopee Ads. Dengan menset kata kunci tertentu yang ingin diiklankan, produk kamu bisa muncul di pencairan teratas dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Jualan di Shopee pun menjadi lebih laris manis.

10. Memiliki Aplikasi Kasir Online Posy

Tips berjualan di Shopee yang tak boleh terlewat adalah memiliki aplikasi kasir online untuk memudahkan kamu mengelola pendapatan di Shopee. Salah satu aplikasi POS yang bisa kamu coba adalah Posy.

POS Posy adalah aplikasi kasir online yang menyediakan kemudahan dalam pengelolaan transaksi, manajemen barang, jasa, ataupun karyawan. Ditambah aplikasi ini bisa diakses dari mana pun dan kapan pun. Aplikasi POS juga bisa digunakan untuk mengatur loyalty program sehingga membuatmu tak lagi pusing seperti saat mengelolanya dengan cara konvensional.

Dengan berbagai fitur lengkap, kamu dapat melacak perkembangan bisnis, pembayaran, dan kebutuhan lainnya melalui aplikasi ini.


Keunggulan Posy

Dibandingkan dengan aplikasi POS lainnya, keunggulan utama Posy adalah harga langganannya cenderung terjangkau. Ada dua jenis paket kasir online murah yang disediakan oleh Posy, yaitu paket basic dan paket bundling basic dengan printer.

1. Paket Basic

Pilihan paket kasir online murah dari Posy yang pertama adalah paket basic. Pada paket ini kamu bisa menikmati semua fitur yang ada pada aplikasi Posy, termasuk fitur kasir, riwayat transaksi, manajemen produk dan stok, serta laporan penjualan. Harganya cukup terjangkau dengan detail sebagai berikut:
Paket langganan per bulan: Rp59 ribu
Paket langganan per 3 bulan: Rp129 ribu
Paket langganan per 6 bulan: Rp239 ribu

2. Paket Basic + Printer Bundling

Posy juga menyediakan paket kasir online murah berupa bundling dengan printer fisik. Di paket ini, selain mendapatkan akses untuk menggunakan fitur di aplikasi Posy, kamu juga akan mendapatkan printer untuk mendukung kegiatan bisnis. Printer yang disediakan berjenis MINI THERMAL PRINTER BLUETOOTH VSC MP-58C RPP02 58MM.

Berbeda dengan paket basic, untuk paket bundling ini, kamu tidak bisa membeli untuk langganan satu bulan saja, melainkan minimal tiga bulan. Berikut ini detail harga paketnya:
Paket langganan per 3 bulan: Rp349 ribu
Paket langganan per 6 bulan: Rp478 ribu
Paket langganan per 9 bulan: Rp588 ribu

Tunggu apalagi? Yuk, download dan daftar Posy sekarang!