Blog

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Point of Sale (POS)

Produk
Aplikasi Point of Sale (POS) atau kasir online sudah banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk mendukung kelancaran bisnisnya, apalagi kalau memiliki bisnis kecil dengan jumlah SDM terbatas. Karena, salah satu keuntungan menggunakan aplikasi point of sale adalah terhindarnya kesalahan dalam data operasional akibat human error.

Untuk bisnis yang masih kecil, segala data operasional dan administrasi akan dicatat secara manual, mulai dari catatan penjualan, stok barang dan inventaris, data karyawan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pencatatan manual akan memakan waktu lebih banyak dan berisiko terjadi kesalahan dalam mencatat.


Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan aplikasi POS. Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan merasakan keuntungan menggunakan aplikasi point of sale apabila dibandingkan dengan mencatat segala data secara manual.

5 keuntungan menggunakan aplikasi point of sale

Setidaknya akan ada 5 keuntungan menggunakan aplikasi point of sale yang bisa dirasakan oleh para pemilik bisnis. Berikut ini keuntungan-keuntungan tersebut.

1. Menghindari kesalahan data operasional

Seperti yang dijelaskan di awal, human error sangat berisiko terjadi ketika segala data operasional dan administrasi dicatat secara manual. Apalagi kalau data yang perlu diinput jumlahnya cukup besar.
Itulah mengapa dianjurkan untuk menggunakan aplikasi kasir online saat berbisnis, karena salah satu keuntungan menggunakan aplikasi point of sale adalah mengurangi kesalahan dalam mencatat maupun menghitung data.

2. Mendapatkan laporan penjualan secara real time

Keuntungan menggunakan aplikasi point of sale juga bisa dirasakan dari adanya laporan penjualan yang bisa diakses secara real time melalui aplikasi. Biasanya, aplikasi kasir online akan menyimpan data secara online, sehingga pemilik bisnis bisa mengakses data tersebut kapan saja dan dimana saja.
Selain itu, data juga akan diperbarui secara otomatis setiap kali ada transaksi yang dilakukan. Jadi, data yang diakses sudah pasti merupakan data terbaru.

3. Transaksi jadi lebih cepat

Segala transaksi yang dilakukan melalui aplikasi kasir online akan tercatat dan diproses secara cepat. Jadi, karyawan yang mencatat data transaksi bisa melayani pembeli tanpa harus menghitung jumlah barang yang dibeli dan harga barang secara manual dan memakan waktu lama.
Selain itu, keuntungan menggunakan aplikasi point of sale yang lainnya adalah data yang dimasukkan juga akan langsung tersimpan secara otomatis. Ketika transaksi dilakukan, karyawan yang mengakses aplikasi POS tinggal mengklik kode atau nama barang secara otomatis dalam aplikasi.

4. Manajemen stok yang praktis dan aman

Dalam aplikasi POS juga terdapat fitur untuk mencatat jumlah stok, mulai dari barang masuk, barang keluar, sampai jumlah stok barang yang tersisa. Setiap kali ada transaksi yang dilakukan, baik secara offline maupun online, aplikasi akan memperbarui data stok secara otomatis.
Dengan begitu, pemilik bisnis bisa memantau secara berkala berapa banyak stok yang tersisa sehingga bisa memutuskan kapan waktunya memasok stok barang baru. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa melakukan analisis terhadap ketersediaan stok untuk mengetahui jenis produk apa saja yang kira-kira paling laku. Inilah keuntungan menggunakan aplikasi point of sale yang juga tak kalah penting.

5. Menyediakan opsi pembayaran yang lebih beragam

Keuntungan menggunakan aplikasi point of sale juga bisa dirasakan oleh para konsumen. Ketika mereka akan melakukan transaksi, aplikasi kasir online memungkinkan para pembeli untuk membayar dengan metode pembayaran apa saja sesuai keinginan.
Aplikasi kasir online melayani pembayaran secara cash atau tunai, debit, kredit, ataupun pembayaran dengan saldo dompet digital atau e-wallet. Setiap pembayaran yang dilakukan oleh pembeli akan langsung masuk ke saldo bisnis Anda karena akun aplikasi sudah terhubung dengan rekening bisnis.

Rekomendasi aplikasi point of sale yang tepercaya

Di atas sudah dijelaskan beragam keuntungan menggunakan aplikasi point of sale. Mungkin saat ini Anda sudah tertarik untuk menggunakan aplikasi jenis ini. Tapi, apa saja aplikasi POS yang tepercaya dan aman untuk digunakan oleh pebisnis pemula?

Sebenarnya, saat ini sudah banyak aplikasi kasir online yang bisa dimanfaatkan. Di antara banyaknya pilihan aplikasi tersebut, salah satu yang paling bisa dipercaya adalah aplikasi Posy. Sebagai aplikasi kasir online, Posy hadir dengan beragam fitur yang memudahkan para pemilik bisnis dalam melakukan kegiatan operasional dan administrasi bisnis.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini meliputi fitur untuk mengelola inventaris toko, mengelola stok dan produk, laporan penjualan, dan monitor karyawan. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa langsung menambahkan produk lewat ponsel dengan praktis. Dari hasil data dan laporan penjualan yang disediakan oleh Posy, pemilik bisnis nantinya bisa melakukan analisa bisnis dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Keuntungan menggunakan aplikasi point of sale seperti Posy juga bisa dirasakan dari kemudahan penggunaan aplikasi ini. Aplikasi Posy memiliki tampilan yang ramah, sehingga mudah digunakan tanpa membuat Anda jadi bingung. Posy juga sudah tersedia di Play Store pada ponsel berbasis Android, sehingga seluruh data bisa diakses hanya melalui ponsel saja.
Lalu, bagaimana cara menggunakan Posy untuk merasakan keuntungan menggunakan aplikasi point of sale ini? Sebagai langkah pertama, coba lakukan cara-cara berikut:

Unduh aplikasi Posy di Play Store di sini!
Lakukan sign up untuk membuat akun dan ikuti langkah sesuai panduan di aplikasi

Isi data diri beserta nomor ponsel
Dapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel

Buat PIN lalu isi data toko
Setelah semua langkah di atas dilewati, maka akun Posy Anda sudah aktif dan bisa langsung digunakan. Akan ada biaya yang perlu dibayarkan untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur pada aplikasi Posy. Tapi tenang saja, biayanya cukup terjangkau. Hanya dengan Rp59 ribu, Anda sudah bisa merasakan keuntungan menggunakan aplikasi point of sale Posy.