Blog

Contoh Desain Menu Makanan dan Tips Mudah untuk Membuatnya

contoh desain menu makanan
Dari banyaknya jenis bisnis, salah satu jenis yang paling banyak diminati adalah bisnis makanan. Bagi para pebisnis, membuat usaha makanan dianggap menjanjikan. Hanya saja, banyak pebisnis pemula yang bingung menentukan cara desain menu makanan saat akan memulai bisnis makanan mereka.

Sebenarnya, membuat desain menu makanan tidaklah sulit, selama Anda tahu tips yang tepat untuk melakukannya. Dikutip dari Majoo, peran desain menu sangatlah penting dan akan berdampak terhadap penjualan. Desain yang menarik akan membuat konsumen lebih mudah dan puas saat memilih menu, meningkatkan pengalaman konsumen, serta membantu dalam menambah nafsu makan konsumen. Itulah sebabnya, peran desain menu makanan sangatlah penting.

Tips dalam Membuat Desain Menu Makanan

Untuk bisa membuat desain menu makanan yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini tips-tips supaya tidak salah dalam membuat desain menu.

  • Buat kategori menu sesuai jenis makanan
  • Berikan foto atau gambar yang menarik
  • Buat nama atau deskripsi menu yang menggugah selera
  • Cantumkan harga yang jelas
  • Beri tanda untuk menu favorit atau menu unggulan

Hal-hal di atas bisa diterapkan dalam contoh desain menu makanan untuk bisnis makanan milik Anda. Perlu diperhatikan juga bahwa desain pada menu akan menjadi salah satu cara untuk membangun brand, sehingga pastikan untuk memilih warna dan konsep menu yang sesuai dengan konsep dari brand usaha makanan yang dijalankan.

10 Contoh Desain Menu Makanan

Setelah mengetahui tips-tips di atas, sekarang waktunya untuk mencari inspirasi desain menu. Sebagai gambaran, berikut ini beberapa referensi contoh desain menu makanan yang bisa digunakan.

1. Desain Menu Makanan Cepat Saji

Apabila usaha makanan milik Anda memiliki spesialisasi dalam menyajikan makanan cepat saji, maka buatlah desain yang sesuai dengan konsepnya. Biasanya, restoran cepat saji tidak memiliki terlalu banyak pilihan makanan karena menekankan kepraktisan. Oleh sebab itu, saat membuat contoh desain menu makanan cepat saji, sebaiknya tuliskan daftar menu yang tidak terlalu banyak dan tidak sampai berlembar-lembar.

2. Desain Menu dalam Bentuk Hanging Sign

Desain menu makanan hanging sign cocok digunakan apabila usaha yang dijalankan berupa cafe, toko kue, atau tempat makan sederhana. Menu jenis ini tidak dituliskan dalam kertas atau buku menu, melainkan dipajang di bagian atas kasir sehingga bisa dibaca langsung oleh konsumen saat akan melakukan pemesanan sekaligus pembayaran.

3. Desain Menu Cafe

Di Cafe, biasanya Anda akan melihat ada menu yang digantungkan di bagian atas kasir seperti hanging sign. Tapi, ada juga cafe yang membuat daftar menu dalam bentuk buku menu. Pada buku menu cafe, menu utamanya adalah kopi dan varian minuman lainnya. Sehingga, di halaman pertama haruslah tertulis daftar menu minuman dan menu makanan diposisikan di bagian belakang sebagai tambahan saja.

4. Desain Menu Restoran Full Course

Apabila bisnis yang Anda jalankan adalah restoran dengan menu makanan full course, maka desain menunya haruslah berbeda dari menu di restoran lain. Di sini, Anda harus memisahkan menu berdasarkan jenisnya, apakah menu tersebut termasuk sebagai appetizer, main course, dessert, atau minuman.

5. Desain Menu dengan Wooden Holder

Selain digantungkan dan dibuat ke dalam bentuk buku, desain menu juga bisa dibuat dengan menggunakan wooden holder. Menu yang dicetak di kertas akan ditempelkan pada papan kayu sebagai aksesoris menu. Desain yang seperti ini cocok digunakan apabila restoran Anda memiliki konsep makanan klasik atau konsep alam.

Baca juga: 5 Rekomendasi KTA Online Tanpa Kartu Kredit!

6. Desain Menu Toko Roti

Selain restoran dan cafe, toko roti juga memerlukan desain menu. Contoh desain menu makanan untuk toko roti bermacam-macam. Kebanyakan toko roti tidak membuat buku menu khusus, melainkan langsung menuliskan nama serta harga roti di etalase toko. Kalaupun dibuat buku menu khusus, halaman pertamanya akan menuliskan daftar menu roti karena rotilah menu utama dari toko ini.

7. Desain Menu dengan Konsep Press Letter

Anda mungkin pernah melihat menu berkonsep press letter di cafe atau restoran berkonsep modern. Ciri khas dari menu ini adalah penggunaan font atau jenis huruf pada menu yang serupa dengan font mesin ketik.


8. Desain Menu tanpa Gambar

Sebenarnya, gambar dan foto sangatlah penting dalam membuat buku menu. Akan tetapi, terkadang ada juga restoran yang tidak menggunakan gambar karena menggunakan contoh desain menu makanan dengan konsep tipografi. Artinya, menu dibuat semenarik mungkin dengan mengandalkan permainan jenis, ukuran, serta warna huruf, tanpa memasukkan gambar dalam menu tersebut.

9. Desain Menu Restoran All You Can Eat

Ciri khas restoran All You Can Eat adalah harga makanan yang tidak ditetapkan per menu, melainkan per orang. Jadi, seluruh konsumen yang datang akan dikenakan biaya yang sama, namun mereka bebas mengambil makanan apa saja yang tersedia sepuasnya. Pada restoran All You Can Eat, buku desain menu makanan yang disediakan tidak akan dicantumkan harga. Buku menunya hanya berfungsi untuk menginformasikan menu apa saja yang bisa didapatkan di restoran tersebut.

10. Desain Menu dengan Konsep Chalkboard Style

Contoh desain menu makanan chalkboard style bisa ditemukan pada restoran kekinian yang konsumennya kebanyakan berasal dari kalangan generasi muda, seperti pelajar maupun mahasiswa. Menu seperti ini menekankan ciri khas berupa estetika, membuat menu tidak terlihat seperti buku berbahan kertas biasa.

Itulah beberapa contoh desain menu makanan yang bisa dijadikan inspirasi. Selain mempertimbangkan cara menentukan desain menu, pertimbangkan juga cara Anda dalam mengelola operasional bisnis.


Supaya pengelolaan operasional bisnis menjadi lebih mudah, Anda bisa pakai aplikasi Point of Sales (POS) atau kasir online seperti Posy. Aplikasi ini bisa membantu dalam manajemen operasional bisnis secara otomatis, mulai dari mencatat daftar transaksi, membuat laporan keuangan, memantau perkembangan stok toko, dan lain sebagainya. Yuk, download Posy di sini!