Blog

5 Tips Jualan di TikTok

Tips Berbisnis
tips-jualan-di-tiktok
TikTok saat ini memang menjadi media sosial yang sangat populer dan memiliki pengguna yang terus bertambah setiap harinya. Seiring meningkatnya popularitas, aplikasi TikTok terus berinovasi. Salah satunya dengan mendukung aktivitas bisnis melalui TikTok for Business. Fitur TikTok ini mengoptimasi promosi bisnis penggunanya.

Oleh sebab itu, TikTok menjadi media sosial yang berpotensi baik untuk bisnis setelah Instagram dan Facebook. Akan rugi jika kamu melewatkan platform TikTok untuk mempromosikan bisnis dan tidak melakukan branding usaha. Pasalnya, ada banyak keuntungan jika kamu menerapkan cara jualan di TikTok yang baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara jualan di TikTok? Apa saja keuntungan serta strategi jualan di Tiktok? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Keuntungan TikTok untuk Bisnis

Cara jualan di TikTok memang menjadi hal yang banyak dicari saat ini. Pasalnya, ada banyak keuntungan jika kamu melakukan strategi jualan di TikTok. Nah, berikut keuntungan TikTok untuk bisnis yang bisa kamu peroleh:

1. Memiliki Banyak Pengguna

Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia berada di urutan kedua dengan jumlah pengguna aktif TikTok sebesar 99,1 juta orang. Pengguna TikTok di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu di TikTok sebanyak 23,1 jam per bulan. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok merupakan media sosial yang sering diakses.

Melakukan cara jualan di TikTok yang tepat dan strategi jualan di TikTok dengan konten menarik dan hashtag yang sesuai dapat membuat produk atau brand kamu dilihat oleh banyak orang.

2. Fitur Banyak Unik, Mudah Digunakan

TikTok punya fitur yang unik dan memudahkan kamu ketika ingin upload video. Misalnya kamu tidak mahir dalam hal edit atau membuat video, TikTok bisa dengan cepat mengubah Anda mirip dengan pro!

Fiturnya ada start and stop record, timer, face filter, efek waktu, green screen, transisi, stiker, teks, emoji, dan lain sebagainya. Plus, yang paling menjadi ciri khas TikTok, yaitu backsound. Dalam video kamu, bisa juga ditambahkan backsound dari lagu-lagu yang diinginkan atau yang sedang viral.

Selain itu, fitur live chat juga bermanfaat untuk proses jualan kamu. Hampir sama dengan media sosial lainnya yang juga punya fitur live chat, di TikTok, kamu bisa menerapkan cara jualan di TikTok lewat semacam sharing session atau memperkenalkan toko serta produk kepada target pasar.

3. Membuat Bisnis Tetap Relevan dengan Tren

Manfaat melakukan cara jualan di TikTok dan strategi jualan di TikTok yang tepat selanjutnya adalah membuat bisnis lebih relevan.

TikTok menjadi media sosial yang memiliki banyak tren, sehingga pengguna bisa menjelajah berbagai konten video. Jika dilihat dari manfaat TikTok untuk bisnis, brand dapat sangat terbantu karena bisa membuatnya relevan dengan tren yang menyebar di kalangan pengguna.

Selama tren terus ada, kamu pun tak akan kehabisan ide untuk membuat konten promosi bisnis. Oleh karena itu, brand sebaiknya selalu up to date dengan tren atau konten-konten viral. Lalu, manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten yang kreatif sehingga audiens tertarik.

TikTok juga telah menerapkan algoritma yang efektif untuk menampilkan video yang sedang tren kepada pengguna yang relevan dengan minat mereka. Dengan begitu, video brand kamu bisa lebih mudah untuk menjangkau target audiens yang sesuai.

4. Memperluas Pasar Bisnis

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam hal jualan online, fitur ini juga bisa menjadi cara jualan di TikTok untuk memperluas bisnis. Dengan banyaknya pengguna TikTok, langkah untuk semakin memperluas pasar lebih terbuka lebar. Hal ini tentunya bisa meningkatkan omset penjualan bisnis kamu.

5. Hemat Biaya Iklan

Manfaat melakukan cara jualan di TikTok dan strategi jualan di TikTok yang tepat adalah menghemat biaya untuk iklan. TikTok menjadi platform media sosial yang memiliki biaya iklan rendah, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran promosi. Jadi, kamu bisa mempromosikan brand dengan anggaran iklan berapapun di TikTok. Selain itu, TikTok dapat membantu brand baru atau brand yang masih kurang dikenal untuk memperoleh jangkauan organik tanpa biaya besar.

Baca juga: Cara Berkilan di Facebook dan Instagram dengan Mudah!


Pemanfaatan TikTok for Business

Jika semakin tertarik berjualan di Tiktok, kamu harus tahu cara jualan di TikTok dan strategi jualan di Tiktok. Berikut penjelasan cara jualan di TikTok dengan memanfaatkan TikTok for Business yang bisa kamu coba:

1. Kenali Cara Kerja TikTok

Cara jualan di TikTok dan strategi jualan di Tiktok yang pertama adalah memahami cara kerja aplikasi ini. TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik.

Platform ini bisa jadi sarana buat promosi produk bisnis. Caranya, buatlah sebuah video produk, lalu tambahkan efek video dan latar musik yang dapat menarik audience.
Nantinya, pengguna TikTok bisa memberi komentar, like, bahkan share video produk tersebut. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin tinggi peluang kamu dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Selain itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok tentu cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.

2. Buat Topik Spesifik

Cara jualan di TikTok dan strategi jualan di Tiktok adalah membuat topik yang spesifik dan terkonsep sesuai dengan bisnis kamu. Menemukan niche atau celah di antara kompetitor merupakan salah satu kunci sukses memanfaatkan TikTok for Business. Menjadi kreator atau brand yang unik, berkarakter, dan mudah diingat meningkatkan kemungkinan orang lebih tertarik dengan konten-konten yang kamu buat.

3. Ciptakan Konten yang Otentik

Cara jualan di TikTok yang tepat lainnya adalah ciptakan konten yang otentik. Tren video yang populer di generasi saat ini adalah yang terlihat jujur dan tidak dibuat-buat. TikTok adalah salah satu platform terbaik untuk video dengan pembawaan seperti itu. Dengan akun Tiktok for Business yang kamu miliki, buatlah konten yang terasa dekat dengan penonton, tidak terlalu serius ataupun kaku, dan bisa menghadirkan sisi atau perspektif lain dari brand-mu. Justru, video di TikTok tidak harus sempurna. Bahkan hal tersebut bisa jadi daya tarik tersendiri bagi brand.

4. Rencanakan Frekuensi Upload Konten

Cara jualan di TikTok yang tepat selanjutnya adalah konsisten dan rutin. Supaya bisa masuk For You Page (FYP) dan terus meningkatkan engagement, sangat disarankan untuk meng-upload video secara rutin dan konsisten. Jadi, buatlah jadwal untuk upload konten.

5. Adakan Challenge

Membuat challenge atau tantangan yang menarik adalah salah satu cara jualan di TikTok yang tepat untuk mendapatkan perhatian orang di TikTok. Kamu pun bisa mengikuti challenge yang sedang terkenal saat ini. Jangan lupa kaitkan dengan brand-mu untuk promosi.


Pakai Posy untuk Memaksimalkan Kinerja Kasir

Itu dia penjelasan mengenai cara jualan di TikTok dan strategi jualan di Tiktok. Punya kesulitan mengelola keuangan untuk memantau toko online yang terdaftar di berbagai marketplace? No worries, Posy hadir untuk kamu! Posy adalah sebuah layanan Point of Sale (POS) atau kasir online yang berbasis cloud.

Di aplikasi Posy, kamu bisa mencatat seluruh kegiatan operasional bisnis secara online dimana saja dan kapan saja. Kegiatan ini termasuk untuk mencatat inventaris toko dan stok produk, melihat laporan penjualan, melakukan analisis penjualan, serta memonitor karyawan hanya menggunakan satu aplikasi saja!


Segala data akan tercatat dan dilaporkan secara otomatis, sehingga bisa meminimalisir risiko human error atau kesalahan pencatatan yang rentan terjadi jika data operasional dikelola secara manual. Dengan memanfaatkan aplikasi POS seperti Posy, tugas kasir pasti bisa dijalankan dengan lebih maksimal karena adanya bantuan teknologi. Tunggu apalagi? Yuk, download Posy sekarang!