Blog

Cara Efektif Mengelola Inventory Restoran

Apakah usaha restoranmu tak kunjung ada peningkatan keuntungan? Atau malah mengalami kerugian karena pengeluaran tak terduga membengkak? Lakukanlah evaluasi, bisa saja ada yang salah dengan pengelolaan inventory. Mengelola inventory restoran secara efektif perlu kamu terapkan agar berdampak positif terhadap status keuangan usaha.

Pentingnya Mengelola Inventory Restoran

Mengelola inventory dengan efektif sangat penting untuk menjaga status keuangan usaha agar tetap profit. Korelasi antara inventory dan keuntungan, bisa dilihat dari tujuan dan dampak pengelolaannya.

Tujuan Inventory

Inventory dibuat dengan tujuan untuk menjaga stok bahan baku tetap tersedia. Dengan demikian, restoranmu dapat menjamin ketersediaan setiap menu yang dipesan oleh pelanggan. Tentu ini akan menjaga dan meningkatkan antusias pelanggan setiamu.

Seluruh stok bahan baku merupakan potensi penjualan. Oleh karenanya, setiap menu yang terjual tentu saja akan mengurangi stok bahan baku dan meningkatkan pendapatan. Nah, hal ini tentu dapat digunakan untuk memetakan potensi penjualan setiap menu dan potensi pendapatan usaha.

Selain itu, juga berperan dalam menentukan harga setiap menu. Ketika ada bahan baku mendekati tanggal kadaluarsa, tentu kamu akan menurunkan harga menu dengan bahan baku tersebut. Misalnya, dengan menerapkan strategi penawaran spesial berupa diskon. Jadi, pelanggan tertarik untuk membelinya, sehingga bahan baku itu tidak terbuang sia-sia.

Dampak Pengelolaan Inventory Restoran terhadap Profitabilitas

Mengelola inventory secara efektif, tentu akan membantumu dalam menentukan strategi pengadaan bahan baku dengan tepat. Terbuangnya bahan baku dengan percuma karena kadaluarsa juga bisa dicegah. Dampaknya, setiap menu dapat terjual sesuai dengan harga pokok tanpa adanya penurunan harga. Dengan demikian, kamu dapat memproyeksikan target keuntungan yang akan diperoleh.

Pun jika ada bahan baku mendekati tanggal kadaluarsa sehingga harus menurunkan harga, maka kamu juga bisa menghitung dan memperkirakan besaran potensi keuntungan yang hilang.

Langkah-Langkah Pengelolaan Inventory

Berikut langkah-langkah pengelolaan inventory usaha restoran secara efektif.

1.Audit dan Pencatatan Barang

Pencatatan merupakan hal paling mendasar. Catatan ini memuat data besar terkait bahan baku yang digunakan. Mulai dengan nama bahan baku, jenisnya apakah daging, sayur, buah, atau bumbu, tanggal masuk inventory, tanggal kadaluarsa, sisa stok, dan sebagainya.

Selanjutnya, melaksanakan audit berkala juga diperlukan untuk memastikan kondisi terkini bahan baku. Ini untuk menjamin ketersediaan bahan baku. Misalnya, stok tersisa sedikit sehingga perlu dilakukan pengadaan. Bisa juga ada kondisi bahan baku yang rusak, padahal belum mencapai tanggal kadaluarsa. Tentu itu juga harus segera diganti.

2.Perencanaan dan Pengendalian Stok

Rencanakanlah pengadaan bahan baku sesuai dengan menu usaha restoranmu. Rencanakan juga kerja sama dengan sejumlah suplier yang akan menyuplai bahan baku. Setelah itu, kendalikan ketersediaan stoknya. Ini untuk menjaga ketersediaan stok agar tidak kekurangan maupun kelebihan atau overstock.

Pastikan bahan baku dari suplier dalam kondisi bagus, sesuai dengan pesananmu. Kemudian, pilah bahan baku berdasarkan ketahanannya. Mana yang harus segera digunakan dan mana yang bisa disimpan dalam beberapa waktu ke depan. Juga kendalikan ketersediaan stok berdasarkan tingkat penjualan. Menu dengan penjualan tinggi dapat ditambah ketersediaannya, sedangkan dengan penjualan rendah sebaiknya dikurangi pembeliannya.

3.Terapkan Sistem FIFO

Agar tidak mencapai tanggal kadaluarsa, maka terapkan sistem First In First Out (FIFO) pada setiap jenis bahan baku. Biasanya, bahan baku yang dibeli lebih awal juga memiliki tanggal kadaluarsa lebih awal dibandingkan dengan bahan baku yang dibeli belakangan.

Teknologi Pengelolaan Inventory

Pengelolaan dengan cara mencatat manual tentu akan menghabiskan banyak waktu, juga tinggi akan risiko kesalahan pencatatan. Oleh karenanya, penting bagi kamu memanfaatkan peranan teknologi untuk melakukan pengelolaan dengan lebih praktis, efisien, dan tentunya membantu meminimalisir pendataan stok. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Posy.

Dengan menggunakan aplikasi Posy, pengelolaan bisa dilaksanakan dengan lebih fleksibel. Itu karena penggunaannya cukup melalui smartphone atau tablet, tidak perlu laptop. Selain itu, proses input data dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, sehingga ketersediaan stok bisa diketahui secara real time. Pengelolaan inventory usaha restoran pun menjadi lebih efektif.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera download aplikasinya dan rasakan manfaatnya untuk kemajuan usahamu: Posy: Aplikasi Kasir & POS