Blog

Cara Jualan di Go Food

Tips Berbisnis
cara-jualan-di-go-food
Go Food merupakan layanan pesan antar dengan klaim memiliki 1 juta mitra yang 99 persennya merupakan UMKM. Berbagai fasilitas dan inovasi yang dilakukan, membuat mitra mendapatkan keuntungan jualan di Go Food. Teknologi personalisasi data memungkinkan pelanggan untuk mendapaykan rekomendasi kuliner dari merchant yang ada di sekitar lokasi pelanggan dan sesuai dengan preferensi yang disukai. Inovasi ini membuat jangkauan merchant semakin luas sehingga cara jualan di Go Food mampu mendatangkan peluang keuntungan lebih tinggi.

Pandemi telah mengubah banyak kebiasaan hidup kita, salah satunya cara mendapatkan makanan. Dulu, kita harus pergi langsung ke resto untuk makan. Tapi saat ini, layanan pesan antar menjadi favorit. Terutama bagi para pekerja yang jauh dari tempat makan serta bagii mahasiswa yang memanfaatkan berbagai promo. Keuntungan jualan di Go Food menarik minta banyak gerai makanan dan UMKM untuk mendaftarkan bisnis mereka. Berikut ini beberapa keuntungan mendaftar menjadi Go Food merchant.

Keuntungan Mendaftar Go Food Merchant

Keuntungan jualan di Go Food telah dirasakan banyak orang, maka dari itu jumlah merchant Go Food semakin bertambah. Dilansir dari Katadata.co.id, sejak pandemi Gojek mencatat ada 250 ribu mitra baru dan 80% diantaranya baru pertama kali membuka bisnis kuliner. Layanan pesan-antar ini mampu meningkatkan penghasilan UMKM hingga tujuh kali lipat. Berikut ini keuntungan jualan di Go Food yang harus kamu tahu.

1. Mempermudah Pelanggan Menemukan Produkmu

Keuntungan jualan di Go Food pastinya adalah mempermudah pelanggan menemukan produkmu. Go Food memiliki beragam kategori yang bisa dimanfaatkan agar produkmu muncul sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Adanya fitur “Near Me” juga memberikan kemungkinan restoranmu ditemukan para pelanggan dengan lokasi yang jaraknya dekat.

2. Promosi Menu Jadi Lebih Mudah

Kemudahan melalukan promosi menu menjadi keuntungan jualan di Go Food. Kamu bisa menampilkan menu-menu yang paling menarik dan memberikan rekomendasi kepada pelanggan. Adanya fitur ini bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap menu makanan terbaikmu.

3. Biaya Layanan Antar Lebih Murah

Biaya antar menggunakan kurir Go Food akan lebih murah daripada menggunakan kurir sendiri. Hal ini membuat pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli. Keuntungan jualan di Go Food kamu tidak perlu menyediakan kurir sendiri.

4. Jangkauan yang Lebih Luas

Tidak perlu khawatir jika kamu membuka bisnis kuliner dari jalan yang sepi atau di area perumahan. Keuntungan jualan di Go Food membuat bisnismu memiliki jangkauan luas dengan sistem pesan-antar. Banyaknya driver dan berbagai promo ongkos kirim, membuat hambatan lokasi bisa teratasi.

Bagaimana? Semakin tertarik bukan untuk segera mendaftarkan bisnismu ke Go Food. Simak cara jualan di Go Food berikut ini dan siapkan semua syaratnya. Agar proses pendaftaranmu berjalan lancar.

Baca juga: 7 Tips Agar Dagangan Laku di Shopee Food!

Syarat Mendaftar Sebagai Go Food Merchant

Sebelum mendaftar pada layanan Go Food persiapkanlah beberapa syarat dan dokumen berikut ini:
1. Alamat email dan nomor telepon
2. Alamat dan nomor telepon usaha
3. Nomor rekening yang akan digunakan untuk pencairan dana
4. NPWP dan KTP
5. Jika mendaftarkan melalui perusahaan maka membutuhkan dokumen izin usaha dan akta pendirian

Cara Jualan di Go Food

Jika dokumen sudah siap, maka kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara jualan di Go Food berikut ini:

1. Melakukan Pendaftaran

Cara jualan di Go Food pertama-tama adalah melakukan registrasi atau pendaftaran outlet. Daftarkan bisnismu melalui aplikasi GoBiz yang ada di Play Store maupun App Store. Buka aplikasi GoBiz dan lengkapi semua data diri yang diminta. Gunakan identitas asli pemilik bisnis dan belum pernah terdaftar sebelumnya. Kamu akan diminta untuk berfoto bersama KTP, jadi usahakan berada di tempat yang terang. Selain identitas pribadi kamu juga harus mengisi nomor rekening bank, rincian data usaha, dan informasi mengenai outlet usaha. Setelah semua data lengkap, sesi terakhir adalah mengisi pilihan layanan yang akan digunakan. Bacalah dengan teliti terlebih dahulu mengenai layanan yang tersedia, seperti Go Food, Gopay dan POS. Centang jenis layanan yang ingin kamu gunakan.

2. Verifikasi

Setelah semua proses pengisian data seleasi, cara jualan di Go Food selanjutnya adalah melakukan verifikasi usaha. Proses verifikasi ini biasanya berlangsung selama 2 hari kerja. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.
· Jika tidak ada kendala dan disetujui, kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gobiz dan email yang didaftarkan. Kemudian cara jualan di Go Food tinggal melanjutkan proses aktivasi.
· Jika masih ada data yang kurang segera lakukan revisi data yang diminta. Ingat, kamu haya bisa mengubah data sebanyak tiga kali dalam rentang waktu 14 hari. Jadi berhati-hatilah dan jangan melakukan kesalahan input data ya.
· Jika ditolak, kamu bisa membaca dengan teliti alas an penolakannya. Biasanya disebabkan karena ada data yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Pelajari lebih lajut mengenai syarat mendaftar Go Food atau hubungi customer service pada laman pusat bantuan.

3. Proses Aktivasi

Jika cara jualan di Go Food di atas sudah berhasil, kamu tinggal menunggu proses aktivasi. Biasanya membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja untuk layanan GoPay, dua hari kerja untuk layanan Go Food dan untuk POS akan langsung aktif. Setelah aktif buka akun Gobiz dan lengkapi profil restoran, jam operasional, dan daftar menu.


Tidak susah bukan mengikuti lamgkah-langkah cara jualan di Go Food tersebut. Hal yang paling penting adalah mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan dan mengisi formulir dengan benar. Maka kamu tinggal menunggu keseluruhan prosesnya selesai. Selain mendaftar pada layanan pesan-antar, lengkapi bisnismu dengan layanan Posy Kasir Online.



Bersama dengan Posy, kamu bisa menjalankan bisnis dengan mudah. Tidak hanya mengelola penjualan, Posy juga memberikan layanan untuk mengelola data stok dan management karyawan. Bahkan jika membuka cabang, kamu cukup memiliki satu aplikasi saja yang datanya mudah diakses dari mana saja. Customer service Posy akan memberikan panduan bagaimana cara menjalankan aplikasi dengan mudah dan memberikan tips megelola bisnis akan semakin berkembang.