Blog

10 Tips Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

Tips Berbisnis
tips-berjualan-di-tokopedia
Setiap pebisnis online di Tokopedia tentu menginginkan penjualan di lapaknya terus meningkat dari waktu ke waktu. Seiring dengan itu, bisnis juga dapat berkembang semakin pesat. Walaupun hal itu bukan perkara yang mudah. Namun, juga bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Lantas, bagaimana tips meningkatkan penjualan di Tokopedia, agar keuntungan mudah tercapai? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Bagaimana Tips Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar penjualan di Tokopediamu semakin meningkat, berikut di antaranya:

1. Berikan Pelayanan Bintang 5 dan Dapatkan Rating Bintang 5

Kemudahan teknologi membuat pebisnis di Tokopedia semakin menjamur, karena bisnis ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Kondisi ini tentu menimbulkan persaingan yang ketat dalam dunia bisnis yang berbasis digital ini. Pertanyaannya, bagaimana agar bisnismu di Tokopedia tetap menjadi yang terbaik di antara para pesaing yang ada?

Agar bisnismu tetap menjadi yang terbaik, caranya ternyata cukup mudah. Mulai berikan service atau pelayanan terbaik kepada pelanggan, sebab dasarnya setiap orang merasa bahagia apabila dilayani dengan baik. Contoh saat ada pertanyaan dari pelanggan, kamu bisa menjawabnya dengan cepat dan ramah. Dengan begitu, mereka akan merasa ditanggapi serius. Hal ini berpotensi membuat lapakmu diberi bintang 5, dan di saat yang sama berpeluang meningkatkan pejualanmu di Tokopedia.

2. Tampilan Produk Menarik

Untuk dapat memaksimalkan produk agar penjualannya meningkat di Tokopedia, salah satu caranya adalah dengan menampilkan produk secara menarik. Kamu perlu mengemas tampilan produkmu sekreatif dan semenarik mungkin.

Kreatif dan menarik dalam hal ini mempertimbangkan kualitas foto produk, nama produk, serta deskripsi produk yang menarik agar pelanggan tergoda untuk menyambangi tokomu.

3. Deskripsikan Produk secara Menarik

Mendeskripsikan produk secara menarik merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan! Mengapa? Sebab hal itu akan memudahkan pembeli dalam memahami keunggulan serta fitur-fitur produk yang dijual.Kamu bisa memulai mendeskripsikan produk secara menarik dengan cara foto produk yang jelas, fitur produk, keunggulan produk, atau tips penggunaan produk.

4. Perbanyak Varian Produk agar Menjaring Semakin Banyak Pelanggan

Salah satu kunci meningkatkan penjualan di Tokopedia yang tak boleh kamu lupakan ialah memperbanyak varian produk yang kamu tawarkan. Mengapa? Sebab hal ini memungkinkan menjaring para pelanggan yang lebih bervariasi. Mereka yang membeli produkmu tak hanya berasal dari satu variabel saja.

Selain itu, poin tambahannya lagi, pelanggan jadi memiliki banyak opsi untuk produk yang ingin mereka beli. Dengan begitu, statistik transaksi di tokomu bakal membaik dan peningkatan penjualan di Tokopedia seperti yang kamu inginkan bukan lagi mimpi semata.

5. Memainkan Harga

Memainkan harga merupakan salah satu teknik yang harus kamu miliki agar meningkatkan penjualanmu di Tokopedia. Kamu perlu tahu berapa harga yang dipatok pesaingmu untuk barang sama dengan yang kamu jual.

Untuk mengetahui harga yang pas atau kompetitif, kamu bisa menggunakan fitur “Rekomendasi Harga” dari Tokopedia. Dengan fitur tersebut, kamu akan mudah dalam melihat harga pasar dari produk tersebut di Tokopedia.

Baca juga: Tips Berbisnis Dengan Digital Marketing! Pasti Untung!


6. Mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir

Tips lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia adalah mengaktifkan fitur bebas ongkir. Selain memainkan harga, perbedaan ongkir antara lapakmu dan lapak pesaing, juga turut memengaruhi keputusan konsumen saat hendak membeli produk.
Ambil sebuah contoh, apabila toko sebelah memberi gratis ongkir untuk sebuah produk yang di tokomu tidak gratis ongkir, tentu konsumen bakal lebih tertarik untuk membeli barang dari toko sebelah. Untuk itu, gunakan fitur bebas ongkir di Tokopedia semaksimal mungkin agar penjualanmu meningkat.

7. Menggunakan Fitur TopAds

Tokopedia menyediakan fitur TopAds untuk meningkatkan potensi penjualanmu. Fitur ini dibagi menjadi empat, yaitu iklan toko, iklan produk, kata kunci, dan headline. Kamu bisa mengombinasikan media sosialmu dengan fitur tersebut untuk memasarkan produkmu secara lebih luas. Lapakmu pun berpotensi meraih pangsa pasar yang luas serta mengundang potensial konsumen.

8. Mengoptimalkan Mesin Pencarian

Salah satu resep dapur pemberian Google agar produkmu muncul di pencarian teratas ialah dengan pengoptimalan mesin pencarian. Ini penting dilakukan terlebih jika selama ini kamu abai dengan nama produk yang kamu tulis.

Padahal jika dilakukan dengan benar, langkah ini dapat membuat produk muncul pertama kali di kolom teratas ketika seseorang mencari barang tertentu. Untuk dapat melakukan langkah tersebut, kamu harus benar-benar cermat dalam memilih kata kunci khusus dalam menentukan barang yang akan dijual.

9. Menjadi Power Merchant

“Power Merchant” adalah salah satu fitur eksklusif di Tokopedia. Fitur yang menawarkan pengikatan penjualan serta kepercayaan pelanggan ini memungkinkan semua seller bisa mengaksesnya. Kamu berkesempatan mendapatkan penawaran dan promo spesial dari Tokopedia yang bisa meningkatkan penjualanmu.

Selain itu, kamu juga berkesempatan meraih bonus kredit TopAds hingga 5% tiap kali top-up. Bahkan kamu bisa memperoleh bonus hingga 8% dengan fitur auto top-up. Keuntungan tambahan lainnya, kamu juga berpeluang mendapatkan 5 kuota paket bundling saat berjualan produk.

10. Menggunakan Aplikasi Posy


Poin terakhir yang dapat meningkatkan penjualan di Tokopedia adalah dengan menggunakan aplikasi Posy sebagai kasir online. Hal ini, tentu saja, akan banyak memudahkanmu.
Aplikasi Posy akan membantumu terhindar dari kesalahan data operasional, terlebih data dalam jumlah besar. Dengan begitu, kamu selalu memiliki data valid untuk penjualan di tokomu.
Keuntungan lainnya yang bakal kamu dapatkan dengan menggunakan Posy ialah laporan penjualan real time, dan bisa diakses dari mana pun serta kapanpun selagi kamu membuka aplikasi tersebut.

Hal yang tak kalah penting ialah Posy memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis. Mereka bebas memilih jenis pembayaran apa yang bakal digunakan. Metode tersebut dapat berupa E-Wallet, dompet digital, kredit, debit, dan lain sebagainya. Kemudahan transaksi membuatmu mudah mengatur keuangan bisnis serta berpotensi besar meningkatkan penjualanmu. Yuk, download aplikasi Posy sekarang!