Blog

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Tips Berbisnis
cara-menambahkan-lokasi-bisnis-di-google-maps
Pemilihan lokasi menjadi faktor penting bagi bisnis yang berjalan offline. Tempat yang strategis dan mudah dijangkau akan lebih disukai konsumen. Pemilihan lokasi turut menentukan kesuksesan usaha. Untuk itu, sebelum memulai bisnis offline, sangat penting untuk melakukan survey dan mempertimbangkan matang-matang tempat yang akan digunakan. Pilihlah lokasi bisnis yang dekat dengan pelanggan agar bisa menarik lebih banyak keuntungan. Setelah menentukan lokasi yang tepat, tambahkan lokasi tersebut ke Google Maps agar mudah ditemukan. Ikuti Langkah mudah berikut ini untuk mempelajari bagaimana cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Sebelum mempelajari cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, mari kita bahas dahulu mengenai Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan aplikasi gratis yang disediakan oleh Google bagi para pebisnis. Agar toko offline kamu bisa muncul di Google. Apabila bsinis kamu sudah terverifikasi oleh Google, maka akan memiliki peluang lebih besar untuk dipercaya pelanggan karena jelas kredibilitasnya.

Dengan cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps melalui Google Bisnisku, konsumen akan lebih mudah memperoleh informasi mengenai bisnismu. Tidak hanya lokasi yang benar, tapi juga keterangan kontak, website, foto, jam operasional dan lainnya. Google Bisnisku turut membantu agar lokasi bisnismu lebih mudah ditemukan dengan merekomendasikan kepada pelanggan sesuai daerah yang sama. Agar bisa menggunakan Google Bisniku, kamu tinggal mengunduh aplikasinya dan mendaftarkan bisnis yang dijalankan.

1. Menambahkan Lokasi Bisnis Melalui Google Bisnisku

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang pertama adalah dengan menggunakan Google Bisnisku. Kamu perlu mendaftar dan melengkapi data terlebih dahulu di Google Bisnisku.
· Buka situs atau aplikasi Google Bisnisku lalu pilih Start Now
· Selesaikan seluruh proses pendaftaran dengan mengisi semua keterangan yang diminta. Seperti nama bisnis, alamat lengkap, foto dan sebagainya.
· Tentukan titik lokasi bisnis
· Pilih kategori bisnis
· Tunggu hingga proses verifikasi selesai. Google akan mengirimkan surat fisik ke alamat kamu.

2. Menambahkan Lokasi Bisnis Melalui Google Maps

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps selanjutnya adalah langsung menggunakan Google Maps. Lakukan Langkah berikut ini:
· Buka aplikasi Google Maps
· Pilih tanda tiga garis horizontal pada sisi kiri atas aplikasi
· Pilih Tambahkan Bisnismu atau Add Your Business
· Isi data mengenai bisnismu
· Tambahkan foto lokasi bisnis
· Klik submit
· Cek akun email dan cek apakah data yang dituliskan sudah benar atau belum. Jika belum ada email yang masuk ulangi lagi prosesnya. Hingga mendapatkan konfirmasi dari Google.
· Setelah semua prosedur pendaftaran dilakukan, Google akan me-review alamat email yang didaftarkan.
· Tunggu hingga lokasi yang didaftarkan aktif
Begitulah cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps yang bisa kamu coba. Jika ternyata lokasi bisnimu sudah dibuat sebelumnya oleh orang lain, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengklaim lokasi tersebut sebagai pemilik sesungguhnya. Ikuti Langkah berikut ini:
· Lakukan pencarian lokasi bisnismu di Google. Lalu klik ‘Pemilik Bisnis Ini?”
· Lakukan klaim dengan menyelesaikan proses verifikasinya.
· Google akan mengirimkan kode verifikasi sesuai dengan alamat yang kamu tentukan.

Baca juga: Cara Iklankan Bisnis di Facebook dan Instagram Terbaru!


Manfaat Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara membuat Google Maps Bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Selain memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnismu. Di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat, tentu saja kamu harus mengikuti perkembangan teknologi. Terlebih lagi fasilitas gratis yang disediakan oleh Google.

1. Memberikan Informasi Tambahan Bagi Konsumen

Melalui cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps dan Google Bisnisku, kamu bisa memberikan informasi tambahan mengenai bisnis. Misalnya nomor telepon, jam operasional, hari libur, website dan lainnya. Informasi ini akan sangat berguna bagi pelanggan, terutama yang baru mengetahui bisnismu.

2. Meningkatkan Ranking Lokal di Google Search

Google membantu bisnis lokal untuk muncul pada halaman petama. Misalnya kamu mencari batik dan posisimu sedang berada di Pekalongan. Maka yang muncul pada halaman pertama adalah UMKM batik yang ada di Pekalongan. Hasil pencarian akan disesuaikan dengan alamat atau IP address. Jika cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps sudah benar dan lokasi bisnismu terferivikasi, maka akan meningkatkan rating pada pencarian lokal. 

3. Tampilan yang Lebih Baik

Ketika lokasi bisnis sudah ada di Google Maps melalui akun Google Bisnisku, maka tampilannya akan lebih menarik. Berupa kolom yang lebih besar di sisi kanan halaman pencarian Google. Tampilan mapsnya disertai dengan keterangan tambahan mengenai bisnismu.

4. Mendapatkan Data dari Analitik

Jika membuat Google Maps menggunakan Google Bisniku, kamu juga bisa melihat informasi mengenai konsumen. Misalnya jumlah kunjungan, asal kunjungan, apa yang dilakukan dan sebagainya. Data ini bisa dimanfaatkan untuk membuat strategi promosi yang lebih baik.

5. Menambah Channel Marketing

Akun Google Bisnisku yang sudah dibuat bisa dimanfaatkan sebagai toko online dan tempat untuk display produk. Pada halaman profil bisnis, kamu bisa membuat konten promosi dan memasang foto-foto produk. Maka cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps sangat penting untuk kamu praktekkan.

6. Menambah Kunjungan Website

Google Maps menampilkan alamat website bisnis. Hal ini akan menarik pelanggan untuk mejelajahi websitemu ketika ingin mempelajari lebih lanjut. Menampilkan alamat website pada Google Maps akan meningkatkan traffic atau kunjungan websitemu.

7. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Melalui Google Maps, pelanggan juga bisa memberikan komentar atau ulasan. Reputasi bisnis akan semakin semakin baik dengan ulasan positif. Agar lebih banyak ulasan positif, berikan layanan terbaik bagi pelanggan. Kamu bisa membalas setiap ulasan yang diberikan.


Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps tidak hanya semata-mata berfungsi untuk menunjukkan lokasi. Bagi pelaku bisnis, Google Maps bisa digunakan sebagai media promosi secara digital. Google Maps akan menampilkan informasi sesuai dengan yang tertera di Google Bisnisku.

Agar bisnis lebih efisien dan berkembang, selain menggunakan cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, kamu bisa menggunakan aplikasi Posy Kasir Online. Tidak perlu lagi mencatat secara manual untuk setiap transaksi. Juga tidak perlu repot mendata barang mana yang paling banyak terjual. Hasil penjualan harian, stok barang, dan data arus kas tercatat secara otomatis. Mudah diakses kapan saja dengan gadget kamu. Posy Kasir Online memudahkan bisnis berjalan dan meminimalisir kesalahan transaksi. Yuk, download Posy sekarang!