Blog

10 Kata-Kata Promosi Jualan Online

Tips Berbisnis
kata-kata-promosi
Pemilihan kosakata sangat berpengaruh terhadap keberhasilan promosi yang kamu buat. Kata-kata promosi yang menarik dan memiliki kesan kuat akan melekat di benak konsumen. Semakin menarik kata-kata yang kamu gunakan, maka konsumen akan semakin tertarik untuk membaca tulisanmu sampai akhir.

Kata-kata promosi jualan online yang pas dan menarik mampu membangkitkan keingintahuan orang untuk mengenal produk dan menarik minat mereka untuk membeli. Agar kamu bisa membuat promosi yang menarik, simak ulasan ini sampai selesai ya.

Tingkatkan Penjualan dengan Kata-kata Promosi yang Menarik

Bayangkanlah sebuah akun jualan online di Instagram yang hanya memasang foto produk tanpa deskripsi, dan satu akun lainnya mengunggah foto dilengkapi caption yang menarik, seperti “Gratis Ongkir!”, dan “Diskon Khusus”. Mana yang lebih menarik?

Itulah pentingnya pemilihan kata untuk promosi. Di tengah banyaknya jenis produk yang sejenis bahkan sama, kita perlu memenangkan hati konsumen dengan kata yang menarik. Jika tampilan e-commerce atau akun jualan tidak menarik, calon pembeli tidak akan ragu untuk pergi ke akun kompetitor. Berlaku pula untuk iklan yang dipasang, sudah mengeluarkan budget pastinya iklan tersebut harus bisa menarik calon pembeli.

Tidak perlu bingung bagaimana membuat kata-kata promosi jualan online yang menarik. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Kuncinya adalah menonjolkan value, keunikan produk, promo yang diberikan, serta tidak memberikan janji palsu.

Contoh Kata-Kata Promosi yang Menarik

1. DISKON khusus Grand Opening Cyntia Laundry! Cuci 5 Kg harga 1 Kg saja. TERBATAS hingga akhir Desember. Langsung Gas!
2. Kabar Gembira November Ceria. Diskon 25% untuk pembelian produk serum Centella. Kulit glowing bukan mimpi lagi.
3. Udah gajian nih?? Kasih reward pada diri sendiri dengan koleksi baju-baju kekinian dari Parasati. Kualitas bahannya dijamin jempolan, adem dan nyaman. Khusus beli di Shopee GRATIS ONGKIR dan DISKON 10%. Langsung pilih dan checkout ya!
4. Promo BUY 1 GET 1. Tamara merupakan produsen kosmetik yang telah 10 tahun melayani konsumen Indonesia. Kami menggunakan teknologi terkini dan bahan alami untuk hasil maksimal. Temukan produk yang sesuai untukmu.
5. Cashback 20% pembayaran dengan QRIS. Promo berlaku hingga bulan November.
6. Cuaca gak nentu bikin badan juga gak nyaman. Bantu imun melawan penyakit dengan SonC. Vitamin C yang mudah diserap tubuh.
7. Spot nongkrong asik dengan makanan yang dijamin enak. Segera buka Hola café, 13 November 2022. GRATIS Dessert tanpa minimal pembelian. Catat tanggalnya ya!
8. Akhir bulan dompet kosong? Tenang, kamu bisa makan enak di Hola Café dengan menu murah akhir bulan.
9. Kesempatan Terakhir! Diskon 50% CUCI GUDANG hanya untuk pembelian online.
10. SEMBAKO SUPER MURAH langsung dari distributor. Berani bandingkan harga. Cek katalog online kamu di Instagram sembako murah.


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Kalimat Promosi

1. Diksi yang Sesuai dengan Target Konsumen

Dalam membuat kata-kata promosi jualan online, perhatikan diksi atau pemilihan kata yang akan digunakan. Sesuaikan dengan target konsumen. Misalnya, jika target konsumen adalah anak-anak muda dan remaja, gunakan diksi yang santai, ringan dan kekinian. Jika targetnya adalah kalangan professional, gunakan diksi yang formal dan tampak professional. Jadi berbeda target konsumen, jenis diksi yang digunakan harus berbeda.

2. Kalimat Pembuka yang Menarik

Selanjutnya yang diperlukan adalah unsur pembuka yang menarik bahkan heboh. Sehingga orang akan tertarik untuk membaca dan melihat promo yang ditawarkan. Kalimat pembuka yang menarik penting terutama jika kalimat promosinya cukup panjang. Misalnya “Sudah gonta-ganti serum tapi kulit tetap kusam? Cobalah serum X yang bisa meresap hingga lapisan kulit terdalam. Memutihkan secara maksimal tidak hanya di permukaan”.

3. Menonjolkan Keuntungan Bagi Konsumen

Calon pembeli tentu saja menginginkan keuntungan dari membeli produk. Tidak hanya fungsi dari produk yang dibeli. Misalnya “Diskon Terbatas”, “Gratis Ongkir!”. Memberikan keuntungan lebih, akan menarik orang untuk membeli produk kamu.

4. Jelaskan Produk dengan Baik

Tambahkan keunggulan, keunikan dan perbedaan produk yang kamu jual. Berikanlah deskripsi yang singkat dan jelas, serta tidak terlalu heboh dan menipu konsumen. Tidak memberikan janji-janji promosi yang tidak benar. Kamu juga bisa menambahkan kandungan produk hingga membuat konsumen lebih percaya pada janji yang diberikan. Misalnya sedang membuat promosi produk unggulan “Serum pemutih X menggunakan teknologi terkini dan pertama di Indonesia”.

5. Tambahkan Keunggulan Toko

Saat membuat kalimat promosi, jangan lupa untuk menonjolkan keunggulan layanan tokomu ya. Misalnya “Customer service siap membantu 24 jam”, “Free Ongkir”. Kata promosi meningkatkan minat konsumen untuk checkout.

6. Call to Action

Call to Action (CTA) adalah kalimat ajakan untuk membujuk konsumen untuk melakukan suatu tindakan. Misalnya “Order sekarang juga”, “Diskon terbatas, klik untuk beli” dan “Klik untuk dapat diskon”. CTA memberikan sugesti kepada konsumen, terutama pada iklan agar mereka melakukan order.


Sudah ada bayangan ya kamu mau membuat kata-kata promosi jualan online seperti apa. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan menggunakan kalimat berlebihan yang tidak benar ya. Supaya bisnis kamu semakin meningkat penjualannya, bantu pengelolaan manajemen dengan teknologi kekinian. Salah satunya adalah Posy Kasir Online yang mudah digunakan. Bisnismu semaiin efektif dan mudah dijalankan.