Blog

10 Kata-Kata Promosi Jualan Online

Tips Berbisnis
Pemasaran merupakan aspek sangat penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya pemasaran, produk yang kita produksi akan kalah dengan kompetitor dan tidak banyak diketahui orang. Oleh karena itu, kamu wajib belajar mengenai trik-trik jitu melakukan promosi. Salah satunya adalah kata-kata promosi jualan online. Kalimat promosi sangat penting terutama untuk bisnis online. Karena yang dilihat hanya foto dan deskripsi produk.

Kata-kata promosi jualan online yang pas dan menarik mampu membangkitkan keingitahuan orang untuk mengenal produk. Lebih jauh lagi menarik minat membeli hanya dengan beberapa kata. Dalam membuat iklan kata-kata promosi jualan online juga berperan penting karena orang akan langsung skip jika tidak tertarik. Diantara ratusan dan ribuan iklan produk di media, iklan harus menggunakn kata-kata yang menarik.

Menangkan Persaingan Bisnis dengan Kata-Kata Promosi Jualan Online

Bayangkanlah akun jualan online di Instagram yang hanya memasang foto produk beserta deskripsinya. Kemudian bayangkan akun Instagram yang terdapat promosi di dalamnya dengan kata-kata “Gratis Ongkir!”, dan “Diskon Khusus”. Lebih menarik akun yang mana? Pasti akun Instagram yang ada kata-kata promosi jualan online di dalamnya.

Begitulah pentingnya kata atau kalimat promosi. Di tengah banyaknya jenis produk yang sejenis bahkan sama, kita perlu memenangkan hati konsumen dengan kata yang menarik. Jika tampilan e-commerce atau akun jualan kita tidak menarik, calon pembeli tidak akan ragu untuk pergi ke akun kompetitor. Berlaku pula untuk iklan yang dipasang, sudah mengeluarkan budget pastinya iklan tersebut harus bisa menarik calon pembeli.

Tidak perlu bingung bagaimana membuat kata-kata promosi jualan online yang menarik. Berikut ini unsur-unsur kata-kata promosi beserta contohnya. Bisa kamu kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Kuncinya adalah menonjolkan value, keunikan produk, promo yang diberikan, serta tidak memberikan janji palsu.

Unsur-Unsur Kata-Kata Promosi Jualan Online yang Menarik

1. Diksi yang Sesuai dengan Target Konsumen

Dalam membuat kata-kata promosi jualan online, perhatikan diksi atau pemilihan kata yang akan digunakan. Sesuaikan dengan target konsumen. Misalnya, jika target konsumen adalah anak-anak muda dan remaja, gunakan diksi yang santai, ringan dan kekinian. Jika targetnya adalah kalangan professional, gunakan diksi yang formal dan tampak professional. Jadi berbeda target konsumen, jenis diksi yang digunakan harus berbeda.

2. Kalimat Pembuka yang Menarik

Selanjutnya yang diperlukan adalah unsur pembuka yang menarik bahkan heboh. Sehingga orang akan tertarik untuk membaca dan melihat promo yang ditawarkan. Kalimat pembuka yang menarik penting terutama jika kata-kata promosi jualan online cukup panjang. Misalnya “Sudah gonta-ganti serum tapi kulit tetap kusam? Cobalah serum X yang bisa meresap hingga lapisan kulit terdalam. Memutihkan secara maksimal tidak hanya dipermukaan”.

3. Menonjolkan Keuntungan Bagi Konsumen

Calon pembeli tentu saja mengingkan keuntungan dari membeli produk. Tidak hanya fungsi dari produk yang dibeli. Akan lebih menarik jika menonjolkan kata-kata promosi jualan online yang memberikan keuntungan lebih. Misalnya “Diskon Terbatas”, “Gratis Ongkir!”. Memberikan keuntungan lebih menarik orang untuk membeli produk kamu.

4. Jelaskan Produk dengan Baik

Tambahkan keunggulan, keunikan dan perbedaan produk yang kamu jual. Berikanlah deskripsi yang singkat dan jelas, serta tidak terlalu heboh dan menipu konsumen. Tidak memberikan janji-janji promosi yang tidak benar. Kamu juga bisa menambahkan kandungan produk hingga membuat konsumen lebih percaya pada janji yang diberikan. Misalnya sedang membuat promo produk unggulan “Serum pemutih X menggunakan teknologi terkini dan pertama di Indonesia”.

5. Tambahkan Keunggulan Toko

Kamu bisa menggunakan kata-kata promosi jualan online dengan menjelaskan kelebihan toko atau e-commerce. Misalnya “Customer servise siap membantu 24 jam”, “Free Ongkir”, “Termurah”. Kata promosi meningkatkan minat konsumen untuk checkout.

6. Call to Action

Call to Action (CTA) adalah bagian penutup kata-kata promosi jualan online yang berfungsi untuk menarik konsumen melakukan sesuatu. Misalnya “Order sekarang juga”, “Diskon terbatas, klik untuk beli” dan “Klik untuk dapat diskon”. CTA memberikan sugesti kepada konsumen, terutama pada iklan agar mereka melakukan order.

10 Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Online

1. DISKON khusus Grand Opening Cyntia Laundry! Cuci 5 Kg harga 1 Kg saja. TERBATAS hingga akhir Desember. Langsung Gas!
2. Kabar Gembira November Ceria. Diskon 25% untuk pembelian produk serum Centela. Kulit glowing bukan mimpi lagi.
3. Udah gajian nih?? Kasih reward pada diri sendiri dengan koleksi baju-baju kekinian dari Parasati. Kualitas bahannya dijamin jempolan, adem dan nyaman. Khsusu beli di Shopee GRATIS ONGKIR dan DISKON 10%. Langsung pilih dan checkout ya!
4. Promo BUY 1 GET 1. Tamara merupakan produsen kosmetik yang telah 10 tahun melayani konsumen Indonesia. Kami menggunakan teknologi terkini dan bahan alami untuk hasil maksimal. Temukan produk yang sesuai untukmu.
5. Cashback 20% pembayaran dengan QRIS. Promo berlaku hingga bulan November.
6. Cuaca gak nentu bikin badan juga gak nyaman. Bantu imunmu melawan penyakit dengan SonC. Vitamin C yang mudah diserap tubuh.
7. Spot nongkrong asik dengan makanan yang dijamin enak. Segera buka Hola café, 13 November 2022. GRATIS Dessert tanpa minimal pembelian. Catat tanggalnya ya!
8. Akhir bulan dompet kosong? Tenang, kamu bisa makan enak di Hola Café dengan menu murah akhir bulan.
9. Kesempatan Terakhir! Diskon 50% CUCI GUDANG hanya untuk pembelian online.
10. SEMBAKO SUPER MURAH langsung dari distributor. Berani bandingkan harga. Cek katalog online kamu di Instagram sembakomurah.


Sudah ada bayangan ya kamu mau membuat kata-kata promosi jualan online seperti apa. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan menggunakan kalimat berlebihan yang tidak benar ya. Supaya bisnis kamu semakin meningkat penjualannya, bantu pengelolaan manajemen dengan teknologi kekinian. Salah satunya adalah Posy Kasir Online yang mudah digunakan. Bisnismu semaiin efektif dan mudah dijalankan.