Blog

15 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Tips Berbisnis
Banyak orang tertarik untuk memulai bisnis sendiri, namun memiliki modal yang terbatas. Sebenarnya, ada banyak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Karena pesaingnya masih sedikit, maka peluang untuk mendapat keuntungan juga lebih besar.
Saat ini, semakin banyak orang yang beralih untuk menjadi pebisnis. Hal ini membuat semakin banyak jenis bisnis yang dijalankan dan persaingan bisnis pun jadi semakin ketat. Bagi pebisnis pemula, memulai bisnis yang sudah umum ditemukan di pasaran sangat berisiko, karena Anda harus berhadapan dengan pesaing yang sudah lebih senior dan sudah memiliki pelanggan.
Jadi, kalau ingin mulai berbisnis, sebaiknya pilihlah jenis bisnis yang belum banyak pesaingnya. Apa saja jenis bisnis tersebut? Simak informasinya di artikel ini, ya.

15 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Setidaknya ada 15 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Berikut ini daftar contoh bisnis-bisnis tersebut.

1. Bisnis jual kemasan produk

Agar bisa menarik perhatian calon pembeli, salah satu caranya bisa dengan mengemas produk menggunakan kemasan yang menarik. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis dengan menyediakan kemasan produk untuk pemilik bisnis lain. Modal yang dibutuhkan tidak sedikit, hanya perlu dialokasikan untuk membeli plastik atau kotak kemasan serta modal untuk cetak logo atau desain di kemasan tersebut.

2. Jual barang antik

Ada lagi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, yaitu bisnis penjualan barang-barang antik. Bisnis ini memiliki target pasar yang spesifik, yaitu orang-orang yang punya ketertarikan terhadap perabotan atau aksesoris antik. Usaha ini juga bisa dijalankan bagi Anda yang gemar mengoleksi barang antik dan ingin menjualnya kembali untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

3. Distribusi LPG dan air minum galon

LPG atau gas dan air minum galon sudah menjadi kebutuhan rumah tangga bagi setiap keluarga. Oleh sebab itu, prospek bisnis ini juga cukup besar. Namun, untuk mendapatkan pasokan LPG dan air minum galon tidaklah mudah. Oleh sebab itu tidak banyak pebisnis yang memiliki untuk berbisnis jenis ini, sehingga pesaingnya juga masih sedikit.

4. Bisnis katering vegetarian

Saat ini mulai berkembang tren untuk menghindari konsumsi daging dan makhluk hidup, sehingga bisnis katering vegetarian bisa jadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan berprospek besar. Selain sesuai dengan tren, makanan vegetarian juga dianggap lebih sehat. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar karena Anda tidak perlu membeli daging sebagai bahan masakan katering.

5. Usaha daur ulang barang

Selain tren vegetarian, tren untuk melestarikan lingkungan lewat daur ulang juga semakin berkembang. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Tidak dibutuhkan modal besar untuk menjalankan bisnis ini karena bahan dasar produk terbuat dari barang bekas dan juga sampah yang sudah dibersihkan.

6. Jasa cuci sepatu dan tas

Kalau jasa cuci baju atau laundry mungkin sudah sering ditemui. Tapi, bagaimana dengan jasa cuci sepatu dan tas? Belum banyak orang yang menyediakan jasa ini, padahal kebutuhan terhadap jasa ini cukup tinggi. Itulah mengapa jasa ini bisa menjadi rekomendasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Modal yang dibutuhkan hanya untuk membeli sabun dan alat cuci sepatu serta tas.

7. Biro jodoh

Ada lagi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, yaitu biro jodoh. Jasa biro jodoh sangat jarang ditemukan di Indonesia. Padahal, kebutuhan untuk jasa ini cukup tinggi. Di luar negeri pun, bisnis biro jodoh cukup menjanjikan dan memiliki prospek yang menarik di masa depan. Anda bisa mempertimbangkan jenis bisnis ini jika ingin memulai bisnis dengan modal kecil.

8. Jasa pengajar kursus online

Punya keterampilan di bidang tertentu? Coba manfaatkan keterampilan tersebut sebagai materi untuk menjadi guru atau pengajar kursus online. Bisnis ini belum terlalu banyak pesaing dan modalnya pun sedikit karena lebih mengutamakan pada modal keterampilan. Selama Anda memiliki keterampilan tertentu yang bisa diajarkan kepada orang lain, maka bisnis ini bisa memberikan prospek yang menarik.

9. Jasa perawatan hewan peliharaan

Banyak orang memiliki hewan peliharaan dan memerlukan bantuan untuk merawat hewan-hewan tersebut. Tapi, tidak banyak orang yang menyediakan jasa perawatan hewan peliharaan. Ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru, dimana Anda sebagai pemilik bisnis menawarkan jasa untuk memandikan dan mendandani hewan peliharaan.

10. Bisnis jual beli barang bekas

Tren membeli barang bekas dikenal juga dengan istilah thrift shopping. Banyak generasi muda yang tertarik dengan barang bekas karena harga yang terjangkau dengan kualitas barang yang masih baik. Ini bisa menjadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, cukup dengan menjual barang bekas kepunyaan sendiri sebagai langkah awal.

Baca juga: Cocok Untuk Pemula, 10 Cara Dagang Grosir Online!

11. Jasa perawat lansia

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang berikutnya adalah bisnis jasa perawat lansia. Untuk menjalankan jasa ini, tidak diperlukan modal besar selama Anda memahami cara merawat lansia dan bisa sabar menghadapi lansia. Selain menjadi peluang bisnis, usaha ini juga bisa menjadi cara untuk menyalurkan jiwa sosial.

12. Sewa mainan anak

Selain bisnis jual-beli barang, bisnis penyewaan mainan anak juga bisa dipertimbangkan sebagai contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Bagi sebagian orang tua, membeli mainan mungkin terasa terlalu mahal, sementara sang anak belum tentu akan menggunakan mainan tersebut dalam waktu lama. Itulah mengapa hadir bisnis sewa mainan anak. Modalnya tidak besar, cukup membeli beberapa produk mainan saja untuk disewakan nantinya.

13. Sewa buku

Bukan cuma sewa mainan, ada juga contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berupa sewa buku. Sistemnya serupa, yaitu menyewakan buku untuk digunakan selama beberapa hari atau beberapa minggu. Harga sewa ditentukan berdasarkan jenis buku dan berapa lama buku disewakan. Modalnya tidak besar, karena pebisnis pemula hanya perlu membeli beberapa buku sebagai langkah awal.

14. Jual lilin aromaterapi

Ide bisnis berikutnya adalah bisnis penjualan lilin aromaterapi. Berbeda dengan lilin biasa, lilin aromaterapi memiliki aroma yang khas ketika dinyalakan. Aroma dari lilin umumnya bisa memberikan kesejukan dan kesan estetik. Saat ini banyak orang tertarik membeli lilin aromaterapi, oleh sebab itu bisnis ini juga menjadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

15. Bisnis minuman kesehatan

Menjual makanan atau katering sehat mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan minuman kesehatan? Belum banyak orang yang menjual produk minuman kesehatan, padahal peminatnya cukup banyak. Bisnis minuman kesehatan bisa menjadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan patut dipertimbangkan.


Itulah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa dijalankan oleh pebisnis pemula. Bagi Anda para pemilik bisnis, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir online atau Point of Sale (POS) untuk menunjang operasional bisnis. Salah satu contohnya seperti aplikasi kasir online Posy.