Blog

5 Bagian Service di Restoran, Penting untuk Pemilik Restoran

Tips Berbisnis
Setiap restoran memiliki service yang berbeda-beda. Simak artikel ini untuk mengetahui bagian service di restoran. Informasi ini penting untuk pemilik restoran maupun pengusaha bisnis kuliner.

Service berarti pelayanan. Service di restoran adalah jenis layanan yang diberikan oleh restoran terhadap pelanggan yang datang.

Pemilik restoran perlu mengetahui layanan ini agar dapat menyesuaikan mengelola restoran lebih baik.

Baca juga: Contoh Model Bisnis Kanvas Restoran, Detail dan Terukur


Berikut 5 bagian service di restoran.

1. Table service

Table service adalah jenis layanan yang memungkinkan pelanggan langsung duduk ke meja saat tiba di restoran dan memesan makanan ke pelayan. Pelayan akan menyajikan makanan ke meja pelanggan.

2. Self service

Self service dikenal juga dengan istilah prasmanan. Pada bagian service di restoran ini, pelanggan mengambil makanan dan minuman sendiri.

3. Counter service

Counter service adalah pelayanan di konter. Pengunjung yang datang memesan makanan di konter atau kasir dan langsung melakukan pembayaran. Umumnya jenis layanan ini banyak digunakan restoran cepat saji.

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Restoran, Ampuh Bikin Ramai Pengunjung

4. Drive-thru

Drive thru merupakan jenis layanan restoran yang memungkinkan pelanggan memesan makanan dari dalam mobil.

5. Take away service

Take away service merupakan jenis layanan yang diperuntukkan untuk pesanan yang dibawa pulang atau tidak makan di tempat.

Untuk meningkatkan dan mempercepat layanan kepada pelanggan, pemilik restoran dapat menggunakan sistem POS Posy Resto.

Posy Resto adalah aplikasi kasir dengan beragam fitur yang meningkatkan layanan dan operasional restoran. Coba Posy Resto secara gratis di sini.

Itulah bagian service di restoran. Simak juga tips dan informasi lainnya seputar restoran di Blog Posy.