Blog

10 Cara Jualan di Instagram yang Praktis dan Efektif

Tips Berbisnis
Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Karena penggunanya semakin banyak, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang efektif untuk berjualan. Lantas, bagaimana cara jualan di Instagram?
Instagram sudah mendukung kebutuhan pemilik bisnis dengan menghadirkan fitur-fitur untuk memudahkan penjualan. Para pemilik bisnis juga bisa memasang iklan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual. Untuk lebih jelasnya, simak informasi tentang cara jualan di Instagram di sini.

10 Cara Jualan di Instagram

Bagi pemula dalam bisnis maupun media sosial, mungkin memulai usaha di Instagram tidaklah mudah. Tapi, sebenarnya ada cara jualan di Instagram yang bisa diikuti oleh siapa saja, seperti berikut ini.

1. Bikin akun khusus bisnis

Hindari mempromosikan produk di akun Instagram milik pribadi. Sebaiknya buatlah akun baru yang dikhususkan untuk bisnis Anda. Saat membuat akun baru, Anda bisa memilih opsi akun bisnis. Nantinya, akun bisnis bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan oleh Instagram, seperti fitur Instagram Shopping, fitur iklan atau ads, fitur lokasi dan jam operasional, serta fitur untuk mendapatkan insight dari kunjungan atau interaksi di akun bisnis tersebut.

2. Memanfaatkan fitur iklan

Cara jualan di Instagram bisa menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan fitur iklan atau Instagram Ads. Di Instagram, pemilik bisnis bisa mengatur sendiri budget untuk iklan yang diinginkan. Nantinya, iklan akan dimunculkan dalam durasi tertentu, sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

3. Post foto dan video yang profesional

Supaya pembeli merasa yakin pada bisnis Anda, pastikan untuk mengunggah foto atau video yang profesional. Kalau perlu, sewa jasa fotografer atau videografer profesional agar hasil konten lebih menarik. Penting untuk diingat, cara jualan di Instagram yang menarik adalah tidak mengunggah foto atau video dengan kualitas yang buruk, seperti hasil foto sendiri di rumah.

4. Gunakan jasa influencer

Ada lagi cara jualan di Instagram yang bisa dicoba, yaitu menggunakan jasa influencer. Cara ini sangat ampuh kalau bisnis yang dijalankan tergolong masih baru dan belum banyak dikenali. Para influencer akan membantu mempromosikan bisnis Anda sehingga nama toko semakin dikenal dan akan ada semakin banyak orang yang mengunjungi akun bisnis Anda.

5. Bangun interaksi dengan pengikut

Salah satu cara jualan di Instagram yang mampu menarik perhatian calon pembeli adalah membangun interaksi yang menarik. Dengan begitu, pembeli akan merasakan adanya kedekatan dengan toko Anda. Instagram sudah menyediakan berbagai macam fitur yang memungkinkan pemilik akun untuk melakukan interaksi dengan para pengikutnya. Contohnya seperti fitur polling, fitur questions, dan fitur hiburan lainnya.

6. Perhatikan caption yang digunakan

Setiap foto maupun video yang diunggah harus disertai dengan caption yang tepat. Dalam strategi cara jualan di Instagram, diperlukan copywriting yang bagus untuk menarik perhatian calon pembeli. Pastikan caption produk sudah menjelaskan keunggulan dan deskripsi dari produk tersebut. Sertai juga Call to Action atau CTA supaya calon pembeli tahu apa langkah selanjutnya yang perlu dilakukan jika ingin membeli produk dari toko Anda.

7. Jangan lupa pasang hashtag

Selain caption, hashtag juga tak kalah penting dalam strategi cara jualan di Instagram. Hashtag membantu supaya video atau foto yang diunggah bisa dilihat oleh lebih banyak orang, bahkan bagi pengguna yang belum menjadi pengikut akun toko Anda sekalipun. Tapi, ingatlah untuk tidak terlalu banyak menggunakan hashtag karena akan terkesan spam dan tidak fokus.

8. Rutin mengunggah foto atau video

Ketika suatu akun jarang mengunggah foto atau video, para pengikut akan mengira bahwa akun tersebut sudah tidak aktif. Selain itu, interaksi dengan pengikut menjadi lebih sedikit. Itulah mengapa, salah satu cara jualan di Instagram adalah rutin mengunggah foto atau video guna menjaga interaksi dan membangun kepercayaan calon pembeli terhadap toko Anda.

9. Sambungkan akun Instagram dengan situs resmi

Pada kolom ‘Bio’, ada tempat untuk mencantumkan link yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan cara jualan di Instagram. Anda bisa memasukkan link menuju situs atau website resmi dari toko Anda. Jadi, saat calon pembeli ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang dijual, mereka bisa langsung mengunjungi link tersebut. Bukan hanya menuju website, link juga bisa diarahkan ke halaman penjualan di e-commerce.

10. Unggah testimoni pembeli

Salah satu ide konten yang bisa diunggah di akun Instagram bisnis adalah konten berisi testimoni pembeli. Ini menjadi cara jualan di Instagram yang cukup efektif. Karena, lewat testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya, calon pembeli baru bisa melirik bisnis Anda dan menaruh kepercayaan lebih untuk membeli produk yang dijual.

Memaksimalkan Manajemen Produk Dengan Posy

Proses manajemen produk cukup rumit dan memakan waktu, apalagi kalau produk yang dijual cukup banyak dan penjualan dilakukan di lebih dari satu platform. Supaya produk yang dijual di Instagram lebih terorganisir, maka manfaatkanlah aplikasi Point of Sales (POS) seperti Posy.
Posy bisa juga disebut sebagai aplikasi kasir online. Salah satu fitur utamanya adalah fitur untuk manajemen produk dan inventaris toko. Di sini, pemilik bisnis bisa mencatat seluruh transaksi secara otomatis dan mendapatkan laporan atas penjualan yang dilakukan. Jumlah stok juga akan diperbarui secara otomatis seiring dengan adanya penjualan atau penambahan stok baru.
Memanfaatkan aplikasi kasir online seperti Posy bisa menjadi salah satu cara jualan di Instagram yang bijak. Anda tidak perlu lagi mencatat data stok barang secara manual dan bisa terhindar dari risiko human error.