Blog

8 Tips Jualan Di Go Food

Tips Berbisnis
tips-jualan-di-go-food
Go Food memberikan kesempatan bagi banyak pebisnis untuk berjualan secara online. Tren memesan makanan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Terutama dikalangan pekerja kantoran anak anak-anak mahasiswa. Bagi kamu yang sudah menggunakan Go Food untuk memasarkan makanan, pasti juga sudah merasakan manfaatnya. Namun memang, berjualan di Go Food memiliki tantangan tersendiri. Jumlah pesaing semakin meningkat, jadi harus pandai-pandai melakukan strategi marketing dan tips jualan di Go Food agar order meningkat.

Jika jumlah penjualan stagnan atau bahkan turun, jangan langsung panik. Berikut ini tips jualan di Go Food yang bisa kamu lakukan. Di tengah berkembangnya layanan digital, setiap orang semakin mudah membuka bisnis. Memasarkan secara online dan bergabung menjadi merchant layanan makanan pesan-antar. Tapi nyatanya tidak semua sukses dan bisa bertahan.

Dibutuhkan ketekunan dan kegigihan untuk membesarkan bisnis. Apalagi kalau memulainya dari nol. Yuk, simak Iklan yang dipasang akan terlihat oleh para calon konsumen yang relevan dengan batas radius jarak toko dan alamat tujuan pelanggan maksimal 4 km. berikut ini agar bisnismu bisa bertahan dan sukses.

8 Tips Jualan di Go Food

1. Memastikan Titik Lokasi Sudah Sesuai dengan

Tips jualan di Go Food memastikan titik lokasi atau maps toko offline memang sepertinya kurang penting. Tapi hal ini bisa mempengaruhi penjualan karena titik yang tidak sesuai membuat driver sulit menemukan lokasi. Akibatnya, bisa saja orderan ke tokomu akan di cancle. Jika maps lokasi bisnis tidak sesuai, kamu bisa melakukan edit melalui aplikasi Google Maps. Caranya, buka aplikasi dan klik kontribusi untuk memulai menambahkan atau edit lokasi.

2. Foto yang Menarik dan Deskripsi Lengkap

Tampilan visual adalah faktor penentu yang sangat penting untuk menarik minat konsumen. Foto yang tampak lezat, sangat mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli. Jadi tips jualan di Go Food adalah dengan memastikan semua foto yang digunakan menarik. Jangan memasang foto seadanya bahkan sama untuk menu yang memiliki perbadaan. Jika menu yang dijual adalah nasi, ayam bakar, sambal dan lalapan maka jangan gunakan foto yang sama dengan menu ayam bakar, sambal dan lalapan. Konsumen bisa salah membeli karena mengira semua paket ada nasinya. Hal ini menyebabkan kekecewaan dan konsumen tidak membeli lagi. Setelah foto yang menarik, gunakan deskripsi lengkap pada setiap menu.

3. Kemasan Menarik

Kemasan menarik menjadi tips jualan di Go Food yang wajib kamu lakukan jika ingin meningkatkan penjualan. Kemasan yang menarik selain disukai juga memberikan kesan, restoranmu memiliki kualitas baik. Kebanyakan orang ingin menyantap makanannya tanpa ribet ketika memesan online. Selain itu, bisa jadi tidak memiliki peralatan makan karena sedang di luar. Gunakan kemasan yang membuat konsumen nyaman ketika menyantap makanan dan tambahkan peralatan makan. Misalnya gunakan kotak yang cukup tebal agar makanan tidak bocor ketika dibawa driver dan disantap konsumen. Kemasan yang memudahkan konsumen sangat mempengaruhi agar orang tersebut mau order kembali.

4. Memaksimalkan Penggunaan Fitur Go Food

Tidak hanya membantu menjual makanan, Grab Food dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan penjual. Beberapa fitur yang ada untuk tips jualan di Go Food diantaranya adalah:

· Go Food Pickup

Fitur Go Food pickup ini merupakan layanan memesan makanan yang bisa diambil sendiri oleh konsumen. Pelanggan bisa memesan makanan tanpa harus antri menunggu, jika pesanan telah siap langsung diambil saja di outlet.

· Go Food Turbo

Layanan Go Food Turbo memberikan waktu tunggu yang lebih singkat kepada konsumen. Makanan yang dipesan siap lebih cepat dibandingkan layanan regular. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk pemesanan menu restoran GoKitchen dan Gofestival yang berada di wilayah terdekat konsumen.

· Go Food Plus

Merupakan paket berlangganan yang memberikan diskon makanan secara khusus. Potongan harga dari Go Food Plus bisa digabung dengan voucher regular. Sehingga memberikan keuntungan ganda bagi konsumen.

· Link Sharing

Bisa kamu manfaatkan untuk sharing outlet ke media sosial sebagai tips jualan di Go Food. Saat diklik, maka akan langsung menuju outletmu.

Baca juga: Cara Menggunakan Tokopedia Ads Untuk Tingkatkan PenjualanMu!


5. Membuat Promo

Persaingan menjual makanan di aplikasi online memang sangat ketat. Selain menerapkan berbagai tips jualan di Go Food, kamu juga harus membuat promo khusus untuk menarik minat pelanggan. Mulai dari paket hemat, diskon makanan, atau mengikuti even promo yang dibuat Go Food. Promo merupakan tips meningkatkan order Go Food dan cara untuk mendatangkan pelanggan baru.

6. Memasang Iklan

Go Food menyediakan layanan iklan agar produkmu tampil di layer pengguna. Iklan dipasang agar terlihat oleh calon konsumen yang relevan dengan batas radius jarak outlet dan alamat tujuan pelanggan maksimal 4 km. Jika memang memungkinkan dan ada budget, opsi iklan ini adalah tips jualan di Go Food yang bisa mendatangkan konsumen.

7. Evaluasi Target Pasar

Jika target pasar kamu masih belum spesifik, maka tips jualan di Go Food yang wajib dilakukan adah evalusi target pasar. Tentukan secara spesifik seperti usia, jenis kelamin, kebiasaan, dan aspek demografi lainnya. Dari data ini, selanjutnya kamu bisa mengevaluasi keseluruhan bisnis. Seperti harga yang pas, rasa hingga kemasan menarik sesuai target pasar.

8. Permudah Kelola Bisnis dengan Posy Kasir Online



Aplikasi kasir online tidak hanya digunakan untuk keperluan kasir biasa, tapi sudah dilemgkapi dengan sistem point of sale (POS). Sistem POS adalah mekanisme sentralisasi yang memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola usahanya. Posy Kasir Online juga bermanfaat untuk mengelola inventaris toko, melihat laporan penjualan, mengelola stok dan produk toko serta melakukan monitor karyawan. Semua bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

Selain 8 tips jualan di Go Food di atas pastinya masih ada banyak tips meningkatkan order Go Food lainnya. Teruslah menambah pengetahuan bisnis dan update informasi terkini. Terutama informasi mengenai even atau promo yang sedang dilakukan Go Food. Selain itu juga update fitur-fitur terbaru yang bermanfaat. Kamu bisa update berkala secara mandiri atau aktif di dalam komunitas yang disediakan Go Food.