Blog

20 Ide Franchise Minuman Kekinian yang Menjanjikan

Tips Berbisnis
Bisnis franchise minuman merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan. Jenis bisnis ini memungkinkan Anda untuk menjalankan usaha dari bisnis lain yang sudah ada sebelumnya. Jadi, Anda akan lebih hemat waktu dan biaya dari segi operasional dan manajemen bisnis.
Biasanya, bisnis minuman yang sudah dikenal banyak orang membuka peluang franchise untuk pebisnis baru. Saat ini sudah banyak peluang bisnis franchise minuman kekinian yang bisa dicoba. Misalnya seperti franchise usaha kopi, thai tea, teh boba, dan lain sebagainya.

20 Rekomendasi Bisnis Franchise Minuman Kekinian


Ada banyak sekali brand minuman yang sudah dikenal oleh masyarakat dan memiliki minat yang tinggi. Anda bisa memilih brand yang paling populer dan belum terjangkau sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis franchise minuman kekinian yang bisa dipilih.

1. Kopi Kenangan

Siapa yang tidak kenal dengan Kopi Kenangan? Sejak hadir di Indonesia di tahun 2017, brand kopi ini sudah semakin berkembang dan kini namanya dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Brand ini identik dengan minuman kopinya, namun juga menyediakan minuman lain yang bukan kopi, seperti teh.

2. Xiboba

Kalau Kopi Kenangan terkenal dengan kopinya yang khas, Xiboba dikenal sebagai brand minuman teh boba. Dibandingkan dengan brand minuman boba lainnya, Xiboba memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau. Ini juga bisa Anda jadikan sebagai ide franchise minuman kekinian.

3. Janji Jiwa

Ada lagi brand minuman lokal yang juga terkenal dengan kopinya, yaitu Janji Jiwa. Janji Jiwa sendiri sudah hadir sejak tahun 2018 dan kini semakin berkembang dan gerainya juga semakin bertambah banyak. Meski begitu, tetap ada peluang bagi pebisnis baru yang ingin membuka gerai baru lewat peluang franchise minuman Janji Jiwa.

4. Fore Coffee

Fore Coffee bisa jadi ide franchise minuman modal 1 juta. Selain menyediakan menu minuman berupa kopi dan teh, Fore Coffee juga menjual menu makanan seperti sandwich. Brand ini sebenarnya baru hadir sejak tahun 2020 namun kini sudah semakin populer dan diminati oleh banyak orang.

5. Kopi Soe

Rekomendasi franchise minuman kekinian yang berikutnya adalah minuman Kopi Soe. Dari namanya sudah diketahui bahwa minuman yang menjadi ciri khas dari brand ini adalah kopi. Keunikan Kopi Soe ada pada kampanye ramah lingkungan yang sering mereka tekankan. Kalau Anda tertarik dengan bisnis yang mengedepankan pelestarian lingkungan, maka bisa mencoba franchise Kopi Soe.

6. Kulo

Ada lagi brand minuman dengan ciri khas kopi yang juga populer di kalangan generasi muda Indonesia, yaitu kopi Kulo. Brand ini memiliki nama yang sederhana namun mudah diingat. Perlu diketahui bahwa kedai kopi Kulo tidak berdiri sendiri, melainkan bagian dari Kulo Group yang meliputi restoran Korean BBQ Pochajjang, Kitamura Shabu Shabu, dan Warung Sambal. Xiboba juga merupakan franchise minuman dari Kulo Group.

7. Kopi Lain Hati

Rekomendasi yang berikutnya masih brand minuman dengan ciri khas minuman kopi, yaitu Kopi Lain Hati. Brand kopi yang satu ini sebenarnya milik seorang artis Indonesia yaitu Ririn Ekawati. Saat ini, gerai kopi Lain Hati sudah tersebar hingga 500 outlet di berbagai daerah.

8. Dumdum Thai Tea

Thai tea juga merupakan salah satu ide bisnis franchise minuman kekinian. Ada banyak brand yang menjual produk thai tea, tapi tidak ada yang mengalahkan popularitas Dumdum. Serupa dengan Kulo, Dumdum Thai Tea bukanlah brand yang berdiri sendiri melainkan menjadi bagian dari Dumdum Group yang mencakup Montato, Colico, Niyom, Xiyi, dan Domo-Domo.

9. Chatime

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama Chatime. Popularitas Chatime di tanah air patut dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai ide bisnis franchise minuman kekinian. Ciri khas dari Chatime adalah minuman yang berbahan dasar teh lalu dimodifikasi dengan tambahan rasa-rasa lain. Topping yang menjadi karakteristik Chatime adalah boba atau pearl, grass jelly, dan red bean.

10. Es Teh Indonesia

Brand ini memiliki nama yang sederhana. Dari namanya, dapat diketahui bahwa brand ini menjual minuman teh dingin. Tapi, teh yang disajikan bukanlah es teh biasa, melainkan es teh yang sudah dimodifikasi dengan rasa-rasa tambahan lain yang unik dan khas. Es Teh Indonesia sendiri sudah hadir sejak tahun 2019 dan sejauh ini sudah memiliki gerai sebanyak 250 di berbagai wilayah Indonesia.

11. Nyoklat

Mencari ide franchise minuman modal 1 juta? Mungkin Nyoklat bisa jadi pilihannya. Tidak seperti kebanyakan brand minuman lainnya, Nyoklat tidak menjadikan kopi sebagai menu utamanya. Minuman yang dijual oleh Nyoklat menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya. Ini membuat Nyoklat jadi unik dan cocok dipertimbangkan sebagai ide bisnis franchise.

12. Absolutea

Rekomendasi yang berikutnya merupakan brand minuman yang khas dengan menu teh yang bervariasi. Absoutea dihadirkan oleh artis terkenal Indonesia yaitu Marsha Aruan. Minuman yang dihadirkan di Absolutea merupakan minuman-minuman yang segar dan membuat Absolutea menjadi populer.

13. Gulu Gulu

Ada lagi brand minuman yang dimiliki oleh artis Indonesia, yaitu Gulu Gulu. Sebagian saham dari Gulu Gulu dimiliki oleh Gisella Anastasia. Brand minuman ini memiliki ciri khas penggunaan krim keju pada minumannya. Kebanyakan menu unggulan dari Gulu Gulu merupakan menu cheese tea.

14. Street Boba

Ada lagi ide franchise minuman kekinian yang khas dengan bobanya, yaitu Street Boba. Brand ini dinaungi oleh Nikmat Group. Ciri khasnya ada pada minuman teh yang menggunakan topping boba. Tapi, tidak hanya itu, Street Boba juga masih memiliki banyak variasi menu dan topping lainnya.

15. Haus!

Brand ini memiliki nama yang unik, yaitu ‘Haus!’. Menu yang disediakan oleh Haus! tidak terbatas. Brand ini menyediakan berbagai jenis minuman, mulai dari teh, susu, sampai jus. Minumannya juga divariasi dengan berbagai rasa unik, seperti rasa taro, mangga, dan lain sebagainya.

16. Xin Fu Tang

Minuman yang satu ini merupakan brand minuman asal Taiwan. Sebelum hadir di Indonesia pertama kali di tahun 2019 lalu, Xin Fu Tang sudah lebih dulu meraih popularitas di Taiwan meski baru berdiri sejak tahun 2018. Ciri khas dari Xin Fu Tang adalah bubble tea yang memiliki cita rasa asli Taiwan.

17. Teh Kotjok

Brand Teh Kotjok sebenarnya sudah hadir cukup lama, bahkan lebih lama dari brand-brand lain yang sudah disebutkan di atas. Minuman dari Teh Kotjok disajikan sesuai dengan namanya, yaitu dengan mencampurkan teh dan bahan lain kemudian dikocok sebelum disajikan. Menu dari Teh Kotjok sangatlah terjangkau, membuat Teh Kotjok tetap populer dan bisa menjadi ide franchise minuman kekinian.

18. Xie Xie Boba

Ada lagi ide franchise minuman boba lainnya, yaitu Xie Xie Boba. Dari namanya saja Anda sudah bisa mengetahui kalau brand ini merupakan brand asal luar negeri dan memiliki ciri khas minuman boba.

19. Jelly Potter

Jelly Potter memiliki ciri khas dalam penambahan topping jelly di minumannya. Brand ini sudah memiliki gerai hingga lebih dari 2.000 booth yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena brand ini cukup populer, maka bisa juga dijadikan ide franchise minuman.

20. Mobo Thai Tea

Bukan cuma Dum Dum, minuman thai tea juga dihadirkan oleh Mobo Thai Tea. Kalau tertarik menjalankan franchise thai tea yang berbeda, maka bisa mempertimbangkan brand Mobo Thai Tea ini.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula, Jangan Asal Buka!



Itulah beberapa ide franchise minuman kekinian yang bisa dipertimbangkan. Ketika akan memulai bisnis, sebaiknya siapkan juga manajemen operasional yang baik dengan memanfaatkan aplikasi kasir online seperti Posy. Yuk, download Posy sekarang!