Blog

Benarkah Iklan Komersial Bisa Bikin Bisnis Untung? Ini Penjelasannya

Tips Berbisnis
Iklan komersial merupakan salah satu strategi pemasaran dalam bisnis. Nah, benarkah iklan komersial bisa bikin bisnis untung, termasuk dalam bisnis kuliner?

Simak tulisan ini untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai iklan komersial.

Apa itu iklan komersial?

Iklan komersial adalah bentuk komunikasi untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan kepada banyak orang untuk meningkatkan ketertarikan, keterlibatan, dan penjualan. Dalam bisnis kuliner seperti restoran, iklan dapat membantu meningkatkan penjualan.

Iklan komersial dapat dijumpai dalam berbagai bentuk mulai dari teks, banner, spanduk, brosur, hingga video.

Sementara itu, iklan non-komersial adalah iklan yang bertujuan bukan untuk menjual produk melainkan berisi pesan sosial seperti ajakan atau larangan.

Baca juga: Daftar Franchise Makanan yang Laris Manis dan Menguntungkan

Benarkah iklan komersial bisa bikin bisnis untung?

Sejumlah studi menunjukkan iklan komersial dapat membuat bisnis untung terutama jika dibuat sesuai dengan target pasar dan disebarkan secara masif.

Namun sebaliknya, jika iklan dibuat asal-asalan, tidak sesuai dengan target, dan disebarkan pada tempat yang salah, iklan tidak akan memberi dampak pada bisnis.


Baca juga: Digital Marketing Campaign yang Tepat untuk Usaha Kuliner

Bagaimana cara membuat iklan komersial yang menguntungkan bisnis?

Untuk membuat iklan yang menguntungkan bisnis perlu perencanaan yang matang. Berikut cara membuat iklan yang menguntungkan bisnis.

1. Riset pasar

Pertama sekali, lakukan riset mendalam mengenai target pasar mulai dari masalah hingga kebutuhan yang dihadapi. Iklan yang efektif berangkat dari riset yang benar.

2. Ide kreatif

Setelah melakukan riset, lanjutkan dengan brainstorming ide kreatif. Kumpulkan sejumlah ide mulai dari konsep hingga copywriting iklan. Pada tahap ini juga ditentukan jenis iklan yang akan dibuat seperti teks, visual, atau audio visual.

3. Produksi iklan

Berikutnya adalah tahap produksi. Pada tahap ini, penting untuk memastikan iklan dibuat dengan benar mulai dari tata letak hingga pemilihan warna.


Baca juga: Solusi Agar Restoran Ramai Pembeli, Coba Pakai Posy Resto!

4. Sebaran iklan

Setelah iklan selesai diproduksi, iklan dapat disebarkan ke masyarakat luas. Pastikan iklan disebarkan pada target pasar yang tepat. Misalnya, iklan cafe dapat disebarkan kepada orang-orang berusia 17-35 tahun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai iklan komersial.

Pemilik bisnis kuliner dapat memanfaatkan iklan komersial untuk mempromosikan bisnis. Gunakan juga Posy Resto untuk meningkatkan layanan dan memaksimalkan keuntungan. Posy Resto juga membantu bisnis kuliner melalui iklan komersial secara digital.

Coba Posy Resto secara gratis di sini.

Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Posy.