Blog

10 Tips Jualan di Grab Food

Tips Berbisnis
tips-jualan-di-grabfood
Aplikasi pesan-antar makanan semakin popular digunakan, diikuti dengan semakin beragamnya merchant yang bergabung. Kini kedai makanan yang ada di area perumahan, pelosok kota, hingga mereka yang hanya menjual makanan online bisa dijangkau oleh konsumen. Meskipun ada banyak keuntungan jualan di Grab Food, namun tentu saja juga ada tantangan tersendiri. Dalam aplikasi tersebut terdapat banyak kompetitor, terutama kompetitor dengan promo harga murah. Sehingga dibutuhkan tips jualan di Grab Food untuk bisa meningkatkan penjualan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keuntungan jualan di Grab Food. Seperti kualitas dan citarasa makanan, kemasan, kecepatan restoran dalam menyajikan makanan hingga foto di dalam aplikasi. Meskipun semuanya sudah tampak maksimal, masih ada tips jualan di Grab Food yang bisa kamu lakukan. Agar bisnismu bisa bersaing dengan kompetitor dan penjualan meningkat. Agar bisnis sukses, sorang pebisnis tidak boleh hanya berfokus pada kualitas makanan dan pelayanan. Menggunakan strategi pemasarn yang tepat juga menjadi faktor penentu kesuksesan.

Tips Jualan di Grab Food

Berikut ini beberapa tips jualan di Grab Food untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Meskipun kamu sudah memiliki trik sendiri berdasarkan pengalaman, tidak ada salahnya dicoba.

1. Menggunakan visual (foto, banner, logo) yang bagus

Tips jualan di Grab Food yang tampak sederhana namun sangat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli adalah tampilan visual. Termasuk di dalamnya foto produk, banner, dan logo. Ketika memesan makanan secara online, konsumen tidak bisa mencicipi dan menilai langsung makananmu. Sehingga, ketertarikan mereka bergantung pada konten-konten visual. Pastikan kamu membuat konten visual yang menarik.

2. Deskripsi Makanan Jelas dan Lengkap

Agar konsumen yakin dan memahami apa yang kamu jual, tips jualan di Grab Food selanjutnya adalah tulis deskripsi dengan jelas. Terutama jika kamu menggunakan nama menu yang tidak umum dan jenis produknya banyak. Lengkapi deskripsi makanan dengan bahan-bahan atau jenis makanan apa yang ada dalam satu paket menu. Misalnya menu Rice Bowl Ayam Cabe Garam, tulis bahwa konsumen akan mendapatkan nasi, ayam, sambal, dan telur.

3. Kemasan Aman dan Menarik

Kemasan makanan yang menarik adalah tips jualan di Grab Food yang bisa menambah minat konsumen untuk membeli. Menggunakan cup minuman dan box makanan dengan desain visual yang menarik, menjadikan produk kamu mudah diingat. Kemasan juga bisa menjadi strategi marketing yang baik. Misalnya dengan menambahkan logo, gambar khusus atau copywriting yang menarik.

4. Menentukan Harga Jual dengan Benar

Harga jual yang tidak tepat bisa mempengaruhi pendapatan. Buatlah harga jual yang berbeda dengan toko offline, karena sebagian pendapatan akan masuk ke Grab Food. Gunakan harga yang tetap menguntungkan setelah dipotong. Misalnya, jika harga makanan adalah Rp 25.000, lalu Grab Food memotong sebanyak 30% dari harga makanan, maka kamu hanya akan mendapatkan Rp 17.500. Maka tips jualan di Grab Food kamu harus sudah mendapatkan keuntungan dengan harga tersebut. Membuat bundle atau paket menu menjadi salah satu cara untuk menarik minta pembeli, karena merasa lebih murah daripada membeli satuan. Namun, tetap ingat untuk tetap megambil untung secukupnya.

5. Mengenali Target Konsumen

Tips jualan di Grab Food selanjutnya adalah menentukan target konsumen adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Jika sudah tahu target konsumen yang tepat, kamu bisa menyajikan makanan yang pas. Misalnya jika area jualan dengan dengan mahasiswa, makanan dengan harga terjangkau atau kekinian akan disukai. Target pasar yang tepa akan meningkatkan keuntungan jualan di Grab Food.

Baca juga: 8 Tips Jualan di Go Food! Pasti Untung!


6. Membuat Promo

Promo merupakan tips jualan di Grab Food yang bisa mendatangkan konsumen. Para pengguna aplikasi pesan-antar kebanyakan suka atau memang sedang mencari promo makanan. Skema promo ini bahkan selalu digunakan oleh Grab Food untuk meningkatkan penjualan. Buatlah promo dengan memberikan diskon untuk pembelian jumlah tertentu, flash sale, paket hhemat dan lainnya. Lakukanlah secara berkala agar konsumen bisa hafal jika tokomu tidak pelit memberikan promo. Tentu saja, meskipun promo kamu tetap untung ya.

7. Terus Memperbaiki Pelayanan dan Kaulitas Makanan

Tips jualan di Grab Food yang tidak boleh terlewat adalah menjaga kualitas pelayanan dan makanan. Hal ini juga turut meningkatkan penjualan secara offline. Pelayanan dan kualitas makanan yang baik membuat konsumen kembali lagi. Buatlah makanan dengan cita rasa yang enak dan penyajiannya juga menarik.

8. Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Ketika membeli makanan secara online, rating sangat besar pengaruhnya. Semakin tinggi rating, maka kepercayaan konsumen juga semakin baik. Jagalah hubungan baik dengan konsumen secara offline dan online. Caranya dengan meminta rating yang bagus kepada konsumen offline ketika memesan online, terutama loyal customer. Perhatikan review atau komentar konsumen yang memesan secara online. Apa yang mereka sampaikan adalah masukan yang sangat penting bagi perkembangan bisnismu. Menjawab dengan baik juga merupakan tips jualan di Grab Food agar konsumen merasa dihargai.

9. Menjalin Hubungan Baik dengan Driver

Driver merupakan bagian yang sangat penting dalam proses layanan pesan-antar makanan di Grab Food. Jagalah hubungan baik dengan driver juga. Misalnya dengan memberikan tempat khsusus, minuman, dan pelayanan yang ramah. Harapannya, driver akan merekomendasikan tempat makan kamu kepada pelanggannya lalu meningkatkan keuntungan jualan di Grab Food. Karena driver bertemu dengan banyak orang setiap hari.

10. Management Bisnis yang Baik dengan Posy Kasir Online




Selain tips jualan di Grab Food diatas, meningkatkan proses pengelolaan bisnis adalah kunci kesuksesan. Mengelola keuangan dan segala administrasi bisnis adalah hal yang sepertinya sulit dilakukan pemula. Semuanya harus tercatat dengan teratur, detail dan disiplin. Membayangkan melakukannya secara manual memang akan tampak merepotkan. Dengan kemajuan teknologi kamu bisa mengelola bisnis dengan bantuan aplikasi, salah satunya Posy Kasir Online. Meskipun namanya kasir, tapi fungsinya tidak hanya membantu transaksi penjualan saja. Posy Kasir Online membantu dalam management bisnis dengan menyajikan data stok, menyediakan bahan evaluasi penjualan, lebih akurat merekap data, dan dapat diakses kapan saja. Kelola bisnis dengan Posy Kasir Online agar bisnismu semakin berkembang. Yuk, download Posy sekarang!

Begitulah tips jualan di Grab Food yang bisa kamu coba. Jalani dan kembangkan bisnis dengan telaten. Jika ada hambatan, tidak perlu ragu untuk mencari mentor bisnis. Biasanya, evaluasi bersama mentor hasilnya akan lebih maksimal. Karena mentor tahu apa yang bisnismu butuhkan.