Blog

Cara Membuat Katalog Online

Tips Berbisnis
Hasil riset Hootsuite dan We Are Social menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Tercatat hingga bulan Januari 2021, total pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta orang. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan pertambahan populasi penduduk dan meluasnya jaringan internet. Jumlah tahun 2021 tersebut meningkat sebesar 16 persen atau sekitar 27 juta dibandingkan dengan tahun 2020. Sehingga potensi bisnis online semakin besar dan setiap pemilik bisnis harus tahu bagaimana cara membuat katalog online.

Hasil riset juga menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu berselancar di jejaring sosial rata-rata selama 8 jam 52 menit per hari. Data rata-rata waktu pengunaan WhatsApp sebesar 30,8 jam per bulan, Facebook 17 jam per bulan, Instagram 17 jam per bulan, TikTok 13,8 jam per bulan, dan Twitter 9,1 jam per bulan. Menempati posisi pertama adalah YouTube dengan rata-rata waktu penggunaan 25,9 jam per bulan.

Jika kamu menjalankan bisnis online, kesempatan untuk memasarkan produk melalui media sosial sangat besar. Untuk itu, harus tahu bagaimana cara membuat katalog online yang menarik dan membuat konsumen ingin membeli. Tidak hanya sekadar mengunggah foto disertai keterangan produk di media sosial. Katalog online memudahkan calon pembeli melihat dan memilih produk yang kamu miliki. Apalagi cara membuat katalog online gratis sudah tersedia di berbagai platform.

Cara Membuat Katalog Online Gratis

Sebelum praktek cara membuat katalog online gratis kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Supaya hasilnya maksimal dan menarik. Dengan begitu, calon customer akan tertarik untuk membeli dan bisa meningkatkan penjualan.

1. Siapkan Bahan Foto yang Menarik

Kekuatan katalog online adalah pada foto yang menarik, jadi jika belum memiliki foto produk siapkan sesi khusus untuk pemotretan. Jangan menggunakan foto seadanya ya. Kalau memang tidak bisa foto sendiri, bisa menggunakan jasa fotografer produk. Meskipun membutuhkan biaya, foto adlah investasi yang sangat berguna. Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kedepannya.

2. Keterangan

Cara membuat katalog online selanjutnya adalah dengan keterangan yang lengkap. Siapkan keterangan produk secara lengkap, seperti spesifikasi dan harga. Selain itu tambahkan juga keterangan mengenai cara pemesanan hingga pembayaran. Jadi jika ada yang tertarik membeli langsung tahu harus mengubungi siapa atau bagaimana cara membelinya.

3. Desain Menarik

Setelah bahan foto dan deskripsi lengkap, tentukan desain katalog. Sesuaikan dengan tema brand yang dijual. Misalnya sesuai dengan warna-warna logo, persona brand apakah elegand, serius, ceria dan sebagainya. Kalau produk yang dijual adalah produk baju Wanita misalnya, cocok dengan desain yang manis, berwarna, dan girly.

4. Sofware Online

Tidak perlu bingung bagaimana cara membuat katalog online gratis, ada software yang mudah digunakan. Kamu bisa Menyusun katalog online yang menari menggunakan situs gratisan. Tinggal memilih template yang sesuai dengan produk dan konsep toko online. FlipHTML5, AnyFlip, Publitas, dan Flipsnack adalah contoh tools online yang bisa digunakan.

5. Jangka Waktu Penggunaan

Satu katalog online tidak bisa digunakan selamanya, bahkan jika produk kamu terus berubah maka pembuatan katalog online harus semakin sering. Katalog yang sudah tidak sesuai akan membuat customer justru tidak nyaman dan enggan membeli. Misalnya sudah lama memilih produk ketika dipesan ternyata produk tersebut tidak tersedia. Maka perlu diperhatikan untuk selalu update katalog. Apalagi cara membuat katalog online gratis mudah kamu pelajari.

6. Mulai promosi

Apabila sudah praktek cara membuat katalog online gratis, berarti kamu sudah siap untuk menyebarkan pada pelanggan. Kamu bisa mulai promosi menggunakan Whatsapp Bisnis, Instagram, e-commerce dan yang lebih advance lagi melalui landing page dan WhatsApp Business API dengan menggunakan layanan Chat Commerce. Sesuaikan platform dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Rekomendasi Aplikasi Katalog Online Gratis

Banyak cara membuat katalog online gratis yang mudah dan memiliki banyak template menarik. Beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu guanakan adalah:

1. Canva

Canva merupakan aplikasi yang memiliki fitus sangat lengkap. Mulai dari editing foto, video, membuat poster serta beragam materi media sosial dan publikasi lainnya. Cara membuat katalog online gratis menggunakan Canva juga sangat mudah. Canva menyediakan beragam template gratis yang menarik. Tinggal kamu isi dengan materi foto dan deskripsi yang telah disediakan. Hasilnya bisa dishare bersama team, disimpan dan diedit lagi jika ada perubahan.

2. Snapseed

Fitur-fitur dalam Snapseed membantu kamu membuat katalog online yang tampak professional. Aplikasi ini sudah diunduh banyak pengguna. Sebelum membuat katalog online, kamu juga bisa mengedit foto produuk agar lebih menarik. Misalnya mengedit saturasi, eksposur, pencahayaan, warna hingga fitur HDR scape yang membuat foto tampak lebih bagus.

3. Publiser

Publiser adalah aplikasi pembuat katatalon online, poster, kartu nama dan majalah. Publisher mempermudah membuat kolase foto dan keterangannya. Aplikasi ini menyediakan beragam template gratis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

4. Flipsnack

Cara membuat katalog online gratis yang mudah dengan convert PDF menjadi katalog online ada Flipsnack. Aplikasi ini juga menyediakan template yang bisa kamu edit dengan menambahkan gambar dan keterangan produk secara online. Tampilan katalog onlinemu akan menjadi seperti buku yang bisa diakses siapa saja dan kapan saja.

5. iPaper

iPaper tidak hanya membantumu membuat katalog online, tapi aplikasi ini sekaligus memiliki fitur penjualan. Setelah konsumen melihat produk, mereka bisa checkout dengan pengaturan yang terintegrasi dengan e-commerce. Apliakasi ini bisa membuat penjualan meningkat karena terhubung dengan e-commerce.


Itulah beberapa cara membuat katalog online gratis yang bisa kamu coba. Agar bisnis menjadi lebih mudah dijalankan kamu juga bisa menggunakan aplikasi kasir online. Dengan kasir digital, tidak perlu lagi repot menulis nota dan membuat laporan penjualan secara manual. Semua transaksi tersimpan secara rapi dan dapat diakses kapan saja melalui aplikasi. Rekomendasi aplikasi kasir online yang mudah digunakan adalah Posy Kasir Online. Membuat bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Cocok jika bisnismu memiliki banyak produk dengan harga yang beragam. Setiap transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.