Blog

Cara Mengelola Cafe agar Ramai dan Pelanggan Setia

Bisnis apapun yang kamu jalankan, pengelolaan yang baik sangatlah penting agar sarana dan prasarana serta sumber daya manusia dapat dioptimalkan sesuai dengan tujuan. Termasuk saat membangun usaha kuliner ya.

Jika dikelola dengan baik, maka cafe akan terus berkembang dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Begitu juga sebaliknya.

Namun sayangnya, tidak semua pemilik cafe memahami cara mengelola cafe mereka dan berujung bangkrut. Nah, biar cafe-mu ramai pengunjung dan para pelanggan setia, simak tips berikut ini yuk.

Mengelola Menu

Hal pertama yang menjadi pertimbangan yaitu menu seperti apa yang akan kamu tawarkan? Apakah menu yang banyak beredar di pasaran dan mudah dibuat, atau memprioritaskan menu yang spesial?

Jika memutuskan untuk menawarkan menu yang banyak beredar di pasaran, maka konsekuensinya ialah pelanggan dapat dengan mudah menemukannya di cafe kompetitor. Namun apabila memutuskan untuk menawarkan menu spesial, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyajikannya.

Di sisi lain, kamu perlu bersiap untuk menyediakan peralatan dan perabotan yang dapat membuat bahan baku lebih tahan lama. Namun, jika rasanya lezat dan otentik, maka besar kemungkinan pembeli akan menjadi pelanggan setia.

Tak hanya itu, pikirkan juga berapa banyak varian yang akan kamu tawarkan. Sebab jumlah varian ini akan mempengaruhi modal untuk membeli bahan baku dan peralatan yang menunjang.

Jika modalmu masih terbatas, cobalah untuk menyediakan beberapa varian saja. Misalnya untuk minuman kopi, kamu bisa menyediakan lima varian seperti americano, coffee latte, espresso, macchiato, dan cappuccino yang hanya membutuhkan sebuah mesin kopi.

Mengelola Karyawan

Untuk menyajikan sajian yang lezat dan berkualitas serta memberikan pelayanan terbaik, pengelolaan karyawan sangatlah penting. Langkah awal yang perlu kamu lakukan yaitu merekrut karyawan yang terampil dan memiliki etos kerja yang bagus.

Selanjutnya, pastikan juga keseimbangan antara beban pekerjaan dengan waktu yang dibutuhkan, supaya karyawan tidak sampai lembur. Terlalu sering lembur dapat mempengaruhi kesehatan mereka dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil pekerjaan.

Jika pun karyawan harus lembur, usahakan agar mereka tidak sampai lembur setiap hari. Kamu juga perlu memastikan mereka mendapatkan upah lembur. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai.

Bagian lain yang tak kalah penting yaitu memastikan bahwa karyawan mendapatkan waktu yang cukup untuk makan, beristirahat, dan beribadah. Karyawan juga perlu mendapatkan libur tenang setiap minggunya. Hal ini penting untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Sebab, terlalu sering mengganti karyawan dapat menyebabkan pemborosan waktu dan anggaran.

Mempromosikan Cafe

Jika sudah mengelola menu dan karyawan, bagian penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu mempromosikan cafe. Tujuannya tentu untuk mendatangkan pembeli dan meningkatkan penjualan. Meskipun begitu, tentukanlah tujuan promosi yang spesifik, supaya strategi promosi lebih terfokus dan terarah.

Kamu bisa menentukan tujuan promosi seperti ini:

  • Meningkatkan brand awareness agar lebih banyak target pasar mengetahui cafemu. Untuk melakukannya, buatlah brand identity yang berkarakter dan unik. Kamu juga perlu membuat konten yang menarik dan berkaitan dengan pasar yang kamu targetkan. Jangan lupa juga untuk menjalankan iklan di media sosial.
  • Menarik target pasar yang sudah mengetahui cafemu untuk segera berkunjung. Untuk melakukannya, berikanlah diskon khusus bagi pelanggan yang baru pertama kali berkunjung.
  • Mendatangkan kembali pelanggan untuk berkunjung lagi dan lagi. Untuk mencapai tujuan ini, kamu bisa membuat loyalty program. Misalnya membuat kartu pelanggan untuk memberikan poin, cashback, maupun diskon.
  • Membuat pelanggan melakukan pembelian lebih banyak. Cobalah untuk menawarkan paket bundle atau beli 2 gratis 1.
  • Membuat pelanggan mengajak orang terdekat mereka untuk berkunjung. Untuk mencapainya, kamu bisa membuat program referral, di mana pelanggan akan mendapatkan penghargaan ketika mengajak orang lain untuk berkunjung ke cafemu.

Untuk Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Bagian terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu menjaga kualitas produk dan layanan. Selain cara pengolahan, cara menyimpan bahan baku dengan tepat sangat penting untuk mempertahankan kualitas dan cita rasa sajian. Maka dari itu, penting untuk memahami stocking.

Begitu juga dengan layanan. Agar pelanggan puas, kualitas layanan seperti sopan, ramah, sigap dan cepat perlu dijaga.

Pelayanan yang buruk dan lamban bisa membuat pelanggan kecewa. Beberapa faktor yang membuat pelayanan menjadi buruk yaitu:

  • Kurang terampilnya barista untuk menyajikan kopi pesanan pelanggan.
  • Kasir masih menggunakan kalkulator manual untuk menghitung total belanjaan pelanggan sehingga pelayanan menjadi lambat.
  • Jam kerja yang terlalu panjang dan berdampak pada kesehatan fisik dan mental karyawan.

Gimana, sekarang sudah tahu kan cara mengelola cafe biar makin cuan? Langsung praktekkan sekarang ya. Kamu juga bisa memberi kemudahan dan meningkatkan kenyamanan customer dengan menggunakan QR menu dari Posy Resto. Dengan begitu, karyawan kamu bisa melayani customer dengan lebih cepat dan efisien.

Nggak punya foto menu yang mampu menarik dan menggugah selera customer? Tenang, Posy Resto bisa bantu kamu. Kamu bisa mendapatkan sesi foto menu eksklusif bersama fotografer profesional. Jika kamu berlangganan selama 6 bulan sebelum Mei 2023, sesi foto ini bisa kamu dapatkan secara GRATIS! Yuk langsung coba Posy Resto dengan klik link berikut: Posy Resto