Sekilas, bisnis franchise kopi mungkin terkesan biasa. Sebab, saat ini sudah banyak merek-merek kopi kekinian yang memiliki ratusan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Tapi, sebenarnya masih ada banyak merek minuman yang membuka peluang franchise untuk pebisnis pemula, khususnya dengan modal yang tidak terlalu besar. Simak selengkapnya di sini ya.
Rekomendasi Franchise Kopi di Bawah 10 Juta
Banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis franchise kopi, namun bingung menentukan pilihan merek kopi. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa brand minuman kopi yang cocok untuk pebisnis kecil ataupun pemula.Kopi Kulo
Kopi Kulo adalah salah satu merek minuman kopi populer yang cukup banyak diminati oleh anak muda. Menurut Katadata.co.id, saat ini Kopi Kulo sudah memiliki lebih dari 500 gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Dari tahun ke tahun, pendapatan Kopi Kulo pun terus mengalami peningkatan.Dum Dum Thai Tea
Sebenarnya, Dum Dum Thai Tea lebih dikenal dengan minuman thai tea yang menjadi ciri khasnya. Meski begitu, Dum Dum juga sudah memperkaya menu mereka dengan menghadirkan berbagai jenis minuman, termasuk kopi. Oleh sebab itu, saat ini peminat Dum Dum pun semakin beragam.Haus!
Ada lagi ide franchise kopi di bawah 10 juta yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Haus!. Haus! Merupakan merek minuman yang memiliki ciri khas dari segi minuman teh dan jus. Akan tetapi, Haus! juga memiliki sejumlah menu minuman kopi yang cukup populer. Bahkan, saat ini Haus! juga sudah semakin memperkaya menu mereka dengan menyediakan menu minuman yang menggunakan es krim sebagai topping.Bhumi Coffee
Kopi Bhumi termasuk sebagai merek kopi kekinian dan memiliki dua jenis variasi kedai, yaitu kedai kopi biasa dan juga kedai kopi cepat saji alias Bhumi Express. Anda bisa memilih salah satu dari jenis kedai Bhumi yang ingin dijadikan sebagai peluang bisnis franchise.Coffee Toffee
Rekomendasi franchise kopi di bawah 10 juta yang berikutnya adalah Coffee Toffee. Merek kopi ini juga cukup populer di kalangan anak muda, khususnya bentuk kemasan kopinya yang modern dan unik. Biasanya, kedai Coffee Toffee memiliki desain interior yang nyaman, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama.Pesona Coffee
Pesona Coffee merupakan kopi yang mengutamakan visual atau desain yang menarik dari produknya. Setiap minuman dari Pesona Coffee akan dikemas dalam gelas berdesain unik dan instagramable. Menu-menu yang disediakan di Pesona Coffee pun cukup beragam, mulai dari coffee milk, lemon coffee, pandan coffee, dan lain sebagainya.Cetroo Coffee
Ide bisnis franchise kopi di bawah 10 juta yang berikutnya adalah Cetroo Coffee, yaitu merek kopi kekinian yang saat ini lebih banyak ditemukan di kota besar seperti di Jakarta, Bekasi, Denpasar, dan Balikpapan. Dibandingkan dengan franchise minuman kopi lainnya, Cetroo Coffee memiliki harga franchise yang tergolong murah.Kopi Yor
Kopi Yor merupakan bisnis merek kopi yang mengkombinasikan minuman kopi dengan minuman kelapa kopyor. Tentunya, konsep ini sangat unik dan jarang ditemukan pada merek kopi lainnya. Inilah yang menjadi ciri khas dari Kopi Yor.Kopa Kopi
Kopa Kopi juga dikenal sebagai bisnis franchise dengan harga dasar yang cukup murah dibandingkan dengan merek kopi lainnya. Kopi yang dijual di Kopa Kopi sangat beragam, beberapa di antaranya mencampurkan kopi dengan minuman rasa vanilla, matcha, cokelat, dan lain sebagainya.Kopi Susu Nyopee
Kopi Susu Nyopee terkenal sebagai bisnis kopi dengan harga terjangkau namun laris dan unik. Keunikannya terlihat dari kombinasi kopi susu dengan cokelat yang jarang ditemukan pada merek minuman kopi lainnya.Cara Mengembangkan Bisnis Franchise
Untuk dapat mengembangkan bisnis franchise, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.1.Pilih Franchise yang Memiliki Ciri Khas
Saat ini, bisnis franchise sangatlah beragam, baik makanan maupun minuman. Oleh karena itu, pilihlah franchise yang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas inilah yang akan selalu diingat oleh konsumen sehingga mereka tidak mudah beralih ke brand lainnya.
2.Pilih Lokasi Tepat
Sama seperti bisnis lainnya, pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh terhadap pengembangan bisnismu. Tentu saja kamu juga perlu menyesuaikan dengan target market kamu ya. Kira-kira di tempat-tempat seperti apa target market kamu berlalu lalang?
3.Pahami Sistem Franchise
Setiap franchisor (pihak yang menjual franchise) sudah memiliki sistem dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menjalankan bisnis. Memahami sistem dan SOP dengan baik, akan membantu kamu untuk mengembangkan bisnismu.
4.Siapkan Inovasi-Inovasi Baru
Meskipun sudah memiliki sistem tertentu yang wajib dijalankan, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa berinovasi ya. Malah, inovasi sangat dibutuhkan. Dengan adanya inovasi-inovasi baru, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen untuk datang ke gerai milikmu.
Inovasi ini juga bisa berupa menghadirkan aplikasi yang bisa mengefisienkan pekerjaan operasional bisnis. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan uang. Contohnya, menggunakan aplikasi Posy untuk mencatat transaksi, update stok barang, mencatat data pembeli, dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan aplikasi Posy, kamu juga bisa membuat laporan keuangan, memperoleh informasi mengenai data penjualan dan melakukan analisis untuk menentukan strategi bisnis berikutnya. Langsung coba Posy secara gratis dengan download melalui link berikut yuk: Aplikasi Posy