Restoran dapat menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran untuk pelanggan. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat pembayaran menggunakan QRIS untuk restoran.
QRIS adalah sistem pembayaran yang menggunakan QR Code yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).
QRIS memungkinkan pengguna bertransaksi atau melakukan pembayaran dengan memindai QR Code. Uang otomatis akan langsung berpindah dari pelanggan ke merchant seperti restoran.
Berikut manfaat pembayaran menggunakan QRIS untuk restoran.
1. Memudahkan pelanggan
Menyediakan pembayaran QRIS dapat memudahkan pelanggan dalam bertransaksi di restoran. QRIS memberikan opsi pembayaran yang lebih mudah yakni dapat dilakukan dari telepon genggam, tanpa harus membuka dompet atau mengeluarkan kartu.
2. Tidak memerlukan uang kembalian
Transaksi non tunai QRIS akan memudahkan restoran karena tidak perlu menyediakan uang kembalian. Dengan menggunakan QRIS, dana yang dikeluarkan pelanggan akan langsung masuk ke rekening restoran dengan jumlah yang tepat.
QRIS juga akan memudahkan restoran dalam melacak setiap transaksi. Hal ini akan memudahkan pembukuan dan juga analisis penjualan.
4. Mempercepat transaksi
Penggunaan QRIS di restoran juga akan mempercepat transaksi antara pelanggan dan kasir. Sistem QRIS bekerja secara real-time. Waktu tunggu pelanggan yang mengantri untuk melakukan pembayaran pun dapat dipangkas.
Penggunaan QRIS juga dapat mengurangi risiko rugi karena kesalahan transaksi, pembayaran menggunakan uang palsu, risiko uang tunai hilang, atau bahkan dicuri. Restoran pun jadi lebih untung.
Itulah manfaat menggunakan QRIS untuk restoran. Untuk memudahkan pengelolaan restoran, kamu dapat menggunakan QRIS melalui sistem Posy Resto.
Posy Restro merupakan sistem kasir berbasis web yang membantu proses operasional restoran. Sistem ini dilengkapi dengan pengaturan meja, multi outlet, hingga laporan transaksi.