Blog

7 Tips Jualan di Shopee Food Agar Penjualan Meningkat

Tips Berbisnis
tips-meningkatkan-penjualan-di-shopeefood
Sejak kemunculannya tahun 2015, Shopee terus melebarkan sayapnya di Indonesia. Pertama kali diluncurkan Shopee hanya marketplace yang melayani penjualan konsumen ke konsumen (C2C). Baru kemudian merambah ke layanan pesan antar. Menurut KataData, Shope Food telah memiliki total transaksi sebesar 26 triliun di 2021. Merchant yang sudah terdaftar di Shopee Food tidak perlu lagi memikirkan masalah pengantaran pesanan. Karena sudah otomatis menggunakan jasa kurir dari Shopee. Namun, semakin lama kompetitor bisnis di Shopee Food terus bertambah. Kamu perlu mencoba tips meningkatkan penjualan di Shopee Food agar bisnis berkambang. 

7 Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee Food

Persaingan yang ketat bisa membuat omset penjualan menurun di Shopee Food. Untuk itu, pemilik usaha perlu melakukan inovasi dan menjalankan tips jualan di Shopee Food agar bisa bertahan. Selain inovasi, kamu juga membutuhkan strategi jualan yang jitu agar bisa meningkatkan penjualan. Seperti apa tips meningkatkan penjualan di Shopee Food? Simak ulasan berikut ini.

1. Foto Makanan yang Memikat

Tampilan visual yang menarik merupakan tips meningkatkan penjualan di Shopee Food. Konsumen, terutama yang baru pertama kali menemukan produkmu, hanya bisa melihat foto. Buatlah foto makanan yang tampak professional. Tidak harus menyewa fotografer untuk menghasilkan foto menarik. Jika memang belum semua menu di outletmu memiliki foto yang bagus, sediakan sesi foto secara khusus.

Tidak hanya memotret makanan, gunakan hiasan atau pernak-pernih yang mempercantik tampilan foto. Tapi jangan sampai terlalu ramai atau lebih mencolok daripada produk makanannya. Pelajarilah teknik dasar cara mengambil foto makanan dan editing sederhana. Jangan sampai menggunakan foto yang berlebihan atau tidak sesuai dengan menu. Karena justru memberikan kesan buruk dan membuat konsumen complain dengan makanan yang didapatkan.

2. Buat Menu dan Paket Menu yang Menarik

Menu yang tampak menarik menjadi tips jualan di Shopee food. Pertama gunakan nama yang menarik dan original. Misalnya, daripada menggunakan nama menu Nasi Goreng Ayam kamu bisa menggantinya dengan Naga (singkatan Nasi Goreng Ayam). Mungkin hal ini tampak aneh atau terlalu berlebihan bagi kamu, tapi tidak banyak konsumen yang merasa tertarik karena nama menu unik dan nyeleneh. Membuat konsumen justru penasaran. Tapi jangan membuat nama yang terlalu panjang dan sulit ya.

Selain nama menu, buatlah paket makanan dengan harga lebih hemat daripada membeli satuan. Selain menarik minat konsumen, kamu bisa menjual produk yang kurang diminati menjadi paket. Misalnya menu ayam dengan jus sirsak yang kurang diminati. Dengan komninasi tersebut, jus sirsak bisa meningkat penjualannya.

3. Deskripsi yang Jelas dan Lengkap

Setelah membuat nama menu yang menarik, tips jualan di Shopee Food selanjutnya adalah membuat deskripsi yang jelas dan lengkap. Misalnya menu Naga tadi kamu berikan deskripsi nasi goreng dengan ayam, telur dan sayuran. Terlebih lagi kalau membuat menu paket, jelaskan apa saja yang akan didapatkan oleh konsumen. Jangan sampai tidak sesuai dengan ekspektasi dan justru membuat konsumen tidak tertarik membeli lagi.

4. Kemasan Menarik

Apakah kamu pernah memesan makanan melalui layanan pesan-antar dan kesulitan memakannya karena kemasan yang tidak sesuai? Kemasan memegang peranan penting untuk memikat hati konsumen. Kemasan juga bisa menjadi media branding dan menunjukkan bahwa brandmu bisa dipercaya dan professional. Tips jualan di Shopee Food buatlah desain kemasan yang unik, aman dalam perjalanan dan nyaman ketika konsumen menyantap makanan. Hal ini memberikan nilai plus pada pelayananmu.

Kamu juga bisa membuat kampanye khusus seperti ramah lingkungan dan minim sampah sebagai tips meningkatkan penjualan di Shopee Food. Misalnya dengan menyediakan pilihan tanpa alat makan sekali pakai, pilihan membeli totebag, dan keterangan bahwa kamu tidak menyediakan kantong pastik. Kampanye khsusu seperti ini membutuhkan waktu agar konsumen ingat dan paham. Namun, jika konsisten akan menjadi keunikan dan kelebihan bisnismu.

5. Promo dan Promo!

Apa yang disukai konsumen ketika membeli menggunakan layanan Shopee Food? Tentu saja promo yang menarik. Tips jualan di Shopee Food agar menarik konsumen adalah membuat promo khusus. Kamu bisa membuat promo secara mandiri atau mengikutii program promo yang sedang dilakukan oleh Shopee Food. Agar bisa membuat promo, dari awal buatlah harga yang tidak mepet namun masih relevan. Harga yang ada di Shopee Food pasti lebih mahal daripada harga jual offline karena ada potongan. Lakukan analisis sederhana dengan harga kompetitor agar kamu semakin tahu berapa kisaran harga yang sesuai untuk produkmu.

Berikut ini cara membuat promo di Shopee Food
· Login [ada aplikasi Shopee Partner dengan akun admin
· Pilih Pengaturan, lalu klik bagian Toko, pilih Toko yang ingin kamu buatkan promo diskon
· Setelah konfirmasi, kembali ke menu utama
· Masuk pada menu Promosi, pilih Diskon Menu lalu isi informasi promo
· Selanjutnya, klik Tambah Menu Diskon untuk membuat promo dengan jumlah berbeda.
· Terakhir klik Simpan untuk mengkonfirmasi diskon menu di Shopee Food
Baca juga: Cara Jualan Di Shopee Food Terbaru dan Terlengkap!


6. Pelayanan Prima dan Menjaga Hubungan Baik

Pelayanan yang ramah dan cepat adalah tips meningkatkan penjualan di Shopee Food agar konsumen kembali membeli di outletmu. Hindari kesalahan dalam menyiapkan menu dan waktu tunggu terlalu lama. Menjaga rasa dan kualitas makana juga sangat penting. Meskipun bisnismu semakin ramai, jangan pernah menurunkan standar. Hal ini bisa menyebabkan konsumen kecewa.

Di dalam aplikasi Shopee Food terdapat fitur rating dan komentar. Perhatikan komentar konsumen sebagai masukan untuk bisnismu. Jaga hubungan baik dengan konsumen baik secara online maupun offline. Tidak hanya konsumen, jagalah hubungan baik dengan mitra driver. Misalnya dengan menyediakan ruang tunggu khsusus dan minuman atau camilan gratis. Hal ini nampaknya tidak berdampak langsung, tapi citra yang baik membuat suatu bisnis akan semakin dipercaya dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

7. Management Bisnis yang Baik

Dalam menjalankan bisnis diperlukan kedisipilinan dan ketelatenan untuk melakukan pekerjaan seuai prosedur. Melakukan pencatatan keuangan, stok, dan lain sebagainya dengan benar. Agar lebih mudah melakukan pencatatan, gunakanlah Posy Kasir Online. Posy membantu mencatat semua transaksi penjualan dan menghitung ketersediaan stok dalam bisnismu. Tidak perlu melakukannya secara manual lagi. Datanya tersaji melalui aplikasi dan dapat diakses kapan saja menggunakan akun Posy. Bahkan ketika membuka cabang dan memiliki banyak karyawan, Posy membantumu memanagement cabang dan karyawan.
Itulah beberapa tips jualan di Shopee Food agar bisa meningkatkan penjualan. Agar bisnismu bisa bertahan dan berkembang, selalu belajar untuk mengikuti trend dan perkembangan teknologi. Perubahan jaman semakin cepat dan hanya mereka yang mampu beradaptasi yang bisa bertahan. Bisnis makanan pasti banyak kompetitornya, namun dengan berbagai tips jualan di Shopee Food kamu pasti bisa bertahan.