Blog

Cara Hitung Stok Dengan Mudah

Produk
cara-hitung-stok-dengan-mudah
Bagi pemilik UMKM, salah satu kendala yang sering ditemui adalah sulitnya mengelola atau manajemen stok barang. Tapi, sebenarnya ada cara hitung stok dengan mudah yang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula sekalipun, yaitu memanfaatkan aplikasi Point of Sales (POS) atau kasir online.

Meskipun bernama kasir online, namun aplikasi sejenis ini bukan hanya berfungsi untuk mencatat transaksi, tetapi bisa juga menjadi cara manajemen stok atau cara hitung stok dengan mudah, serta melakukan analisis bisnis dan keuangan. Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi POS yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah Posy.

Memanfaatkan Posy Untuk Hitung Stok Dengan Mudah

Posy merupakan aplikasi POS yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik UMKM untuk mengelola bisnis menjadi lebih baik. Dengan menggunakan teknologi seperti Posy, Anda bisa terhindar dari risiko human error ketika melakukan pencatatan stok maupun penghitungan transaksi keuangan.
Segala kegiatan usaha akan tercatat secara otomatis pada Posy. Ada juga fitur kelola produk yang bisa dimanfaatkan sebagai cara manajemen stok dan cara hitung stok dengan mudah. Setiap ada transaksi yang dilakukan, baik online maupun offline, jumlah stok akan diperbarui secara otomatis.

Selain itu, pada aplikasi Posy, Anda juga bisa mengubah informasi mengenai produk yang dijual. Misalnya mengganti nama produk, mengganti foto produk, menambahkan barcode produk, dan lain sebagainya.

Jadi, bagi Anda pemilik UMKM, tidak perlu bingung dalam cara hitung stok dengan mudah, sebab sudah ada aplikasi kasir online seperti Posy yang bisa digunakan untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda.

Fitur-fitur Unggulan di Aplikasi Posy

Posy menghadirkan sejumlah fitur yang bisa memaksimalkan manajemen bisnis. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kelola Produk

Fitur yang pertama adalah fitur untuk mengelola produk. Fitur inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara hitung stok dengan mudah atau cara manajemen stok. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk mencatat dan memonitor produk yang dijual.

Anda bisa menambahkan daftar produk-produk baru yang akan dijual. Ketika produk ditambahkan, Anda juga perlu mencantumkan informasi produk seperti SKU, barcode, nama produk, foto, serta harganya.

2. Stok

Selain Kelola Produk, Posy juga menyediakan fitur lain yang bisa memaksimalkan cara hitung stok dengan mudah, yaitu fitur stok. Dalam fitur ini, Anda bisa mencatat apa saja stok yang dimiliki, berapa jumlahnya, serta mendapatkan notifikasi otomatis apabila stok sudah menipis dan perlu ditambah.

Anda bisa melacak jumlah stok secara real time. Sebab, Posy akan menghitung jumlah stok setiap saat secara otomatis setiap kali ada transaksi yang dilakukan. Tentunya fitur seperti ini sangat mendukung Anda agar bisa menerapkan cara hitung stok dengan mudah.

3. Halaman Kasir

Halaman Kasir adalah halaman utama yang akan dilihat pada aplikasi Posy. Halaman inilah yang digunakan untuk melakukan transaksi jual dan beli, serta mencatat daftar pelanggan yang sudah melakukan transaksi. Proses scan barcode produk juga dilakukan di Halaman Kasir ini. Ketika barcode sudah dipindai, maka informasi produk akan otomatis muncul dan ditambahkan ke daftar transaksi.

Setiap transaksi yang dilakukan di Halaman Kasir akan tercatat secara otomatis dan terhubung dengan catatan jumlah stok. Sehingga, setelah transaksi dilakukan, angka stok akan berkurang dengan sendirinya. Inilah yang membuat pemilik bisnis bisa melakukan cara hitung stok dengan mudah.

4. Laporan

Laporan atau report adalah fitur yang disediakan agar pemilik bisnis bisa melakukan analisis terhadap kinerja bisnisnya. Fitur ini menunjukkan hasil laporan penjualan dan laporan transaksi yang bisa diakses per jam, harian, ataupun mingguan.

Di fitur ini, akan tertera informasi mengenai laporan pendapatan dan penjualan, serta rata-rata keuntungan yang didapatkan. Secara tidak langsung, fitur ini juga membantu Anda untuk menerapkan cara hitung stok dengan mudah. Sebab, melalui hasil laporan, Anda bisa melakukan analisis terhadap jenis produk yang paling diminati. Sehingga, Anda bisa menambahkan jumlah produk tersebut di kemudian hari.

Baca juga: Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps!

5. Riwayat

Fitur Riwayat adalah fitur yang mencatat riwayat transaksi. Di fitur ini, pemilik bisnis bisa memantau secara langsung semua informasi mengenai penjualan harian, mingguan, maupun bulanan. Bukan hanya catatan penjualan secara garis besar, namun di fitur Riwayat Anda juga bisa mengetahui metode pembayaran apa yang paling umum digunakan.

Selain itu, dari riwayat ini Anda juga bisa melihat produk apa saja yang paling sering dibeli, berapa jumlah produk yang tersisa, dan berapa besar diskon yang diberikan kepada pelanggan ketika melakukan transaksi. Dengan bantuan ini, Anda bisa menerapkan cara hitung stok dengan mudah tanpa harus melakukan penghitungan secara manual.

Cara Download Aplikasi Posy

Apabila Anda ingin bisa menerapkan cara hitung stok dengan mudah, maka jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Posy. Saat ini, Posy sudah bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna smartphone berbasis Android. Cara download-nya pun tidak sulit, cukup melakukan langkah-langkah berikut.



  1. Kunjungi Google Play Store di smartphone atau klik banner di atas
  2. Ketik ‘Posy’ di kolom pencarian
  3. Saat aplikasi Posy muncul, klik tombol unduh

Jika sudah terunduh, aplikasi Posy bisa langsung digunakan. Anda tentu perlu membuat akun terlebih dahulu dengan mencantumkan nama, alamat email, nomor telepon, serta jenis usaha yang dijalankan dan lokasi operasionalnya.

Untuk mulai menggunakan seluruh fitur pada Posy dan mulai cara hitung stok dengan mudah, Anda perlu berlangganan terlebih dahulu. Tapi, tidak perlu khawatir, paket langganan di Posy sangat terjangkau, hanya Rp 59.000 saja per bulan. Anda juga bisa memilih paket per tiga bulan atau per enam bulan dengan harga Rp129.000 untuk tiga bulan dan Rp 239.000 untuk enam bulan. Yuk, download Posy sekarang!