Blog

Cara Menggunakan Tokopedia Ads

Tips Berbisnis
cara-menggunakan-tokopedia-ads
Saat ini, bagi kamu pelaku usaha sudah tak asing lagi untuk mulai berpindah ke penjualan online. Salah satu langkahnya yaitu mulai merambah untuk penjualan di marketplace. Sebab, kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, cukup dengan membuat akun toko mereka sudah bisa berjualan.

Nah, salah satu yang menjadi incaran pebisnis untuk mulai jualan online yaitu Tokopedia. Selain tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, Tokopedia juga menawarkan berbagai macam fitur termasuk fitur iklan, yaitu Tokopedia Ads untuk mempromosikan produkmu.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat Tokopedia Ads, bisa ikuti langkah-langkahnya di artikel kali ini.

Keuntungan Memakai Tokopedia Ads

Melansir Tokopedia, TopAds atau Tokopedia Ads adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh merchant di Tokopedia. Melalui fitur ini, kita bisa mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp250, Rp300 dan Rp350 tergantung kategori.

Layanan Tokopedia Ads ini tentu saja menguntungkan untuk mengerek toko yang dimiliki sehingga mudah dikenal konsumen sehingga meningkatkan penjualan. Tak hanya itu, Tokopedia Ads ini termasuk murah dan bisa dipilih anggarannya agar sesuai budget yang
disiapkan dan menjangkau konsumen yang tepat.

Karenanya sebelum memulai beriklan di Tokopedia, berikut beberapa keuntungan dari menggunakan iklan berbayar.

1. Harga Terjangkau

Beriklan di berbagai marketplace atau social media yang dimiliki menjadi cara termudah untuk mempromosikan produk dengan cepat agar diketahui konsumen. Strategi ini juga bisa dilakukan oleh penjual yang baru memulai karir jualan di Tokopedia atau pedagang yang sudah lama berkelana di market place namun masih ingin meningkatkan nama tokonya.

Tak mau kalah dengan platform yang sudah menghadirkan iklan berbayar. Marketplace kesukaan jutaan umat ini juga menghadirkan Tokopedia Ads. Berbeda dengan market place yang lain, Tokopedia sendiri menggunakan layanan iklan per click sehingga penjual hanya perlu membayar apabila iklan yang dipromosikan di klik oleh orang lain.

2. Potensi yang Besar

Keuntungan lain dari Tokopedia Ads adalah memiliki potensi yang besar. Setiap harinya, setiap konsumen Tokopedia melakukan pembayaran atau hanya melihat-lihat produk di akun marketplace. Pasar yang besar dan luas dengan berbagai transaksi yang besar tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh penjual untuk meningkatkan omsetnya.

Melalui iklan berbayar ini, Tokopedia membantu pengguna agar dapat bersaing dengan penjual lain yang memiliki produk yang sama untuk menjadikan barang jualannya menjadi nomor satu di kolom pencarian. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi penjual karena dengan modal iklan yang sedikit pun sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal serta mengenalkan produk dan toko kamu dengan mudah.

3. Naikkan Produk di Pencarian Tokopedia

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Tokopedia adalah tab pencarian dimana konsumen bisa mencari produk yang diinginkan atau sekedar melihat-lihat harga yang ditawarkan di Tokopedia. Namun, banyaknya penjual yang juga menjual produk yang sama membuat barang yang dijual oleh pedagang memiliki ranking yang rendah.

Padahal barang tersebut merupakan produk utama yang dijual oleh pedagang. Karenanya agar produk kamu memiliki ranking yang tinggi dan mudah ditemukan oleh konsumen, kamu bisa menggunakan fitur iklan dengan kategori iklan pencarian produk.

Dengan menggunakan Tokopedia Ads, maka akan membuat produk kamu memiliki ranking teratas dan mudah ditemukan oleh konsumen saat mengetikkan nama produk kamu di kolom pencarian.

4. Lebih Mudah dan Cepat

Keuntungan lain dalam menggunakan Tokopedia Ads adalah mudah dan cepat. Bagi penjual yang baru memulai beriklan di berbagai marketplace seperti Tokopedia Ads, biasanya berpikir bahwa membuat iklan berbayar sangatlah susah sehingga mengurungkan niatnya untuk promosi melalui Tokopedia Ads.

Nyatanya melakukan promosi melalui Tokopedia Ads sangatlah mudah, pengguna cukup mengisi saldo iklan kemudian pilih kategori iklan yang diinginkan maka pihak Tokopedia pun akan meluncurkan iklan anda sampai saldo yang ditetapkan habis.

Proses dalam pembuatan iklan pun tidak memakan waktu lama sehingga kamu tetap bisa melanjutkan berjualan dan promosi melalui sosial media yang dimiliki.

Baca juga: 10 Tips Tingkatkan Penjualan di Tokopedia Secara Organik


Cara Menggunakan Tokopedia Ads

Setelah mengetahui beberapa keuntungan menggunakan Tokopedia Ads, kamu pasti sudah tak sabar ingin mencobanya bukan? Langsung saja, berikut cara menggunakan Tokopedia Ads:

  • Bukalah browser di perangkat kamu
  • Kunjungi Tokopedia seller
  • Tekanlah pada section iklan dan promosi, Kemudian pilihlah tingkatkan kunjungan pembeli
  • Setelah itu anda bisa memilih top ads
  • Isilah nama iklan dari toko kamu
  • Kemudian kamu diminta untuk mengisi konten produk yang ingin direkomendasikan dan mengisi pesan promosi dalam iklan tersebut
  • Tambahkanlah kata kunci dan gunakanlah kata kunci yang spesifik
  • Kemudian anda tinggal membayar iklan dan jadwal kapan iklan kamu ingin promosikan
  • Terakhir, jangan lupa klik iklankan


Nah, itu dia penjelasan tentang Tokopedia Ads yang perlu kamu ketahui untuk mengoptimalkan penjualan. Agar pengelolaan operasional bisnis menjadi lebih mudah dan cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kasir online atau Point of Sale (POS) seperti Posy.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini meliputi fitur untuk mengelola inventaris toko, mengelola stok dan produk, laporan penjualan, dan monitor karyawan. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung menambahkan produk lewat ponsel dengan praktis. Dari hasil data dan laporan penjualan yang disediakan oleh Posy, pemilik bisnis nantinya bisa melakukan analisa bisnis dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Saat ini, aplikasi Posy sudah tersedia di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Posy sudah sangat lengkap dan bisa mendukung kegiatan operasional penjualanmu. Yuk, download Posy sekarang!