Blog

Cara Iklan kan Bisnis di Facebook dan Instagram

Tips Berbisnis
cara-iklan-di-fb-dan-instagram
Aktivitas hidup manusia masa kini tidak hanya di dunia nyata, namun juga di dunia maya. Semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya berselancar di dunia maya, dimanfaatkan sebagai peluang bisnis menguntungkan. Selain itu, juga peluang untuk menambah jumlah konsumen bagi bisnis yang sudah berjalan. Caranya dengan membuat iklan melalui media sosial. Misalnya membuat konten untuk beriklan di Facebook dan beriklan di Instagram. Segala hal mengenai cara beriklan dipelajari dalam ilmu digital marketing. Untuk itu, bagi pemilik bisnis sangat penting mengembangkan skillnya di bidang digital marketing.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara beriklan Facebook Ads untuk bisnis UMKM. Facebook merupakan media yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu. Karena masih menjadi media sosial yang banyak digunakan di dunia. Platform yang diluncurkan sejak 4 Februari 2004 ini sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 2,89 miliar pengguna per Oktober 2021. Instagram, sebagai keluarga Facebook memiliki 1,39 miliar pengguna aktif. Indonesia menjadi pasar Facebook yang besar dengan 140 juta pengguna per Juli 2021. Jika beriklan melalui Meta, yaitu beriklan di Facebook dan beriklan di Instagram, bisa memberikan hasil yang maksimal.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

1. Iklan Tanpa Batasan

Dengan cara beriklan Facebook Ads, iklanmu bisa menjangkau sangat banyak orang tanpa Batasan jarak, waktu dan lokasi. Facebook digunakan di seluruh dunia bahkan hingga ke pelosok Indonesia. Sebagai media sosial nomor satu, iklan menggunakan facebook akan menguntungkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Jangkauan yang sangat luas dan jumlah pengguna yang terus bertambah, sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk. Yaitu dengan cara beriklan di facebook Ads dan beriklan di Instagram Ads. Cara beriklan Facebook Ads juga cocok untuk meningkatkan penjualan dengan meningkatkan jangkauan iklan.

3. Target Audience Spesifik

Cara beriklan Facebook Ads menawarkan pilihan target audience yang sangat spesifik sesuai dengan target pasar produk. Melalui metode yang benar, iklan menjangkau orang yan tepat dan memiliki potensi untuk membeli produk.

4. Biaya Ditentukan Sendiri

Cara beriklan Facebook Ads juga menawarkan jumlah pembayaran yang sangat flesible. Kita bisa menentukan berapa besar biaya yang akan dihabiskan untuk beriklan di facebook Ads dan beriklan di Instagram Ads.

Baca juga: Tips Berbisnis di 2023! Antisipasi Resesi!


Cara Beriklan Facebook Ads

Cara beriklan Facebook Ads mungkin saja membingungkan bagi yang masih pemula, terutama bagaimana cara beriklan di Facebook agar hasilnya optimal. Karena tidak jarang, iklannya boncos atau tidak menghasilkan revenue yang diinginkan meskipun harganya sudah mahal. Berikut ini cara beriklan Facebook Ads yang bisa kamu coba.

1. Membuat Akun Facebook Ads Manager

Cara beriklan Facebook Ads pertama, pastinya kamu harus memiliki akun Facebook Ads Manager. Berbeda dengan tampilan Facebook pribadi, akun Facebook Ads Manager berisi dasbor untuk memanagement seluruh iklan. Juga untuk menganilisa bagaimana hasil iklan tersebut. Dari dasbor Facebook Ads Manajer kamu bisa memfilter iklan dan melihat metrics-metriks penting mengenai ads. Misalnya frekuensi, reach, engagement, profil audience yang malihat iklan, serta rincian biaya yang digunakan. Semua ditampilkan dalam bentuk kolom yang mudah dibaca.

Cara beriklan Facebook Ads adalah dengan membuat Halaman Bisnis Facebook agar bisa mengakses dasbor Facebook Ads Manager. Ikuti Langkah berikut ini untuk membuat halaman profil:
  • Buatlah Halaman Bisnis Facebook pada tautan berikut ini https://www.facebook.com/pages/create/
  • Masukkan keteragan dan informasi mengenai bisnismu sesuai yang diminta Facebook.

2. Masuk ke Facebook Ads Manager

Cara beriklan Facebook Ads selanjutnya setelah memiliki halaman bisnis adalah masuk atau login ke Facebook Ads Manager. Masuk ke halaman https://www.facebook.com/ads/manager/ menggunakan akun yang akan digunakan untuk membuat dan mengelola iklan.

3. Membuat Iklan

Kamu sudah memiliki akun Facebook Ads, Langkah selanjutnya adalah mulai membuat iklan. Kamu akan berhadapan dengan jendela atau dasbor yang berisi campaign, ad set dan ad. Tiga hal ini berurutan menjadi struktur ads. Pertama kamu harus menentukan campaign yang akan dibuat, lalu di dalam campaign bisa ada beberapa ad set, dan di dalam ad set bisa membuat lebih dari satu ad. Sebelum menjalankan iklan, pelajarilah apa yang harus diisi di dalam campaign, ad set dan ad.

Campaign atau Kampanye

Cara beriklan Facebook Ads adalah dengan membuka atau klik tab campaign/kampanye lalu klik +Buat. Tentukan tujuan dari iklan yang kamu buat. Ada tiga tujuan berbeda yang bisa dipilih:
Keasadaran/Awareness: terdiri dari awareness pada merk agar lebih dikenal oleh bayak orang dan jangkauan (reach) yang menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin orang sesuai target yang telah ditentukan.

Pertimbangan/Consideration yang bertujuan untuk menarik minat orang yang sudah mengerti brandmu agar semakin besar keinginan untuk membeli atau melakukan interaksi. Pilihan untuk meningkatkan consideration dari iklan adalah:

  • Memasang aplikasi: mengajak orang untuk mengunduh dan memasang aplikasi
  • Menonton video: mengajak untuk menonton video yang kamu buat
  • Mengirim pesan: Mengajak orang untuk mengirimkan pesan
  • Berkunjung ke Website: untuk mengajak orang-orang klik link website yang disediakan dan meningkatkan traffic website.
  • Interaksi: Mengajak untuk memberikan like, komentar atau memulai percakapan.
  • Pembuatan prospek: mendapatkan leads berupa alamat email, nomor handphone, dan subscriber.

Konversi/Conversion yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk melalui tig acara beriklan Facebook Ads, yaitu:
  • Kunjungan toko: mengajak untuk mengunjungi toko offline maupun online
  • Menggunakan katalog: beriklan menggunakan katalog agar orang tahu produkmu dan membeli
  • Konversi: menghasilkan penjualan pada website (harus memasang Facebook Pixel)

Ad Set

Pada bagian ad set atau set iklan kamu bisa menentukan jumlah biaya iklan yang akan digunakan dan audience. Tentukan audience dengan spesifik sesuai dengan target konsumen. Mulai dari demografi, usia, lokasi, jenis kelamin, dan behavior di media sosial.

Ads

Gunakan materi atau bahan iklan sesuai dengan kebutuhan. Bisa berupa teks, foto, video dan perpaduan antara ketiganya. Cara beriklan Facebook Ads yang berhasil adalah dengan menampilkan iklan dengan materi yang menarik.

4. Pembayaran Iklan

Setelah selesai membuat iklan, kamu harus menentukan metode pembayaran. Iklan bisa dibayar menggunakan kartu kredit, debit, dan Top Up Gopay. Jangan lupa untuk terus memantu iklan yang sudah kamu buat agar tahu berapa biaya yang sudah dihabiskan.


Begitulah Langkah awal untuk cara beriklan Facebook Ads yang bisa kamu coba. Tentu saja, tetap harus rajin belajar tentang bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan menghasilkan penjualan maksimal. Selain menggunakan ads, gunakanlah aplikasi kekinian untuk managemen bisnis. Agar bisnis berjalan dengan lebih lancar dan mudah. Salah satunya adalah penggunaan Posy Kasir Online. Posy membantu proses penjualan agar lebih mudah dan cepat. Data penjualan juga mudah diakses melalui gadget tanpa haru merekap secara manual. Kamu bisa mencoba Posy dengan mengunduh melalui Playstore atau klik di sini!