Layanan kasir sangat menentukan kepuasan pelanggan di restoran. Oleh karena itu, penting untuk menghindari kesalahan pada kasir restoran.
Simak artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran dan cara mengatasinya.
Meminimalisir kesalahan dalam layanan kasir dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas terhadap layanan kasir berpeluang besar untuk kembali ke restoran dan merekomendasikan restoran ke orang lain.
Simak artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran dan cara mengatasinya.
Meminimalisir kesalahan dalam layanan kasir dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas terhadap layanan kasir berpeluang besar untuk kembali ke restoran dan merekomendasikan restoran ke orang lain.
Baca juga: 5 Cara Memilih Supplier Terbaik untuk Restoran
Berikut kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran.
1. Tidak menyediakan opsi pembayaran
Banyak kasir di restoran tidak menyediakan sejumlah opsi pembayaran untuk pelanggan. Padahal, opsi pembayaran dapat memudahkan pelanggan dan juga kasir.
Sebaiknya sediakan beragam metode pembayaran mulai dari tunai dan non tunai seperti debit, kartu kredit, dan QRIS.
2. Salah input transaksi
Kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran adalah salah input transaksi. Misalnya, kesalahan input pesanan pelanggan hingga salah harga.
Kondisi ini dapat membuat pelanggan merasa dirugikan.
Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Paling Umum di Dapur Restoran
3. Lama merespons permintaan bill
Selain itu, banyak pelayan dan kasir restoran terlalu lama dalam merespons permintaan bill dari pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan menunggu terlalu lama dan menurunkan kepuasan pelanggan.
4. Membuat pelanggan antri terlalu lama
Sering kali, pelanggan harus antri dalam waktu yang lama saat melakukan pembayaran di kasir. Situasi ini juga bisa membuat pelanggan tidak puas terhadap layanan restoran.
Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Menambah Modal Usaha Restoran?
5. Tidak memiliki kembalian yang cukup
Penting bagi setiap kasir untuk menyediakan kembalian dalam jumlah yang cukup. Uang kembalian yang kurang akan membuat pelanggan kecewa dan menurunkan penilaian terhadap restoran.
Itulah kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran. Kesalahan-kesalahan ini dapat dihindari dan diatasi dengan mudah.
Cara mengatasi kesalahan-kesalahan ini adalah dengan menggunakan sistem POS atau sistem kasir. Salah satu sistem POS yang direkomendasikan adalah sistem POS Posy Resto.
Sistem POS Posy Resto dilengkapi dengan QR Menu yang memungkinkan pelanggan memesan sendiri dan melakukan pembayaran. Fitur ini dapat menghilangkan kesalahan dalam input order. Pelanggan juga dapat melakukan pembayaran sendiri dari perangkat mereka sehingga tidalk perlu antri terlalu lama.
Sistem POS Posy Resto terbukti dapat meningkatkan performa kasir, menghilangkan kesalahan kasir, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Coba Posy Resto secara gratis di sini.
Simak juga tips lainnya di Blog Posy.
Berikut kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran.
1. Tidak menyediakan opsi pembayaran
Banyak kasir di restoran tidak menyediakan sejumlah opsi pembayaran untuk pelanggan. Padahal, opsi pembayaran dapat memudahkan pelanggan dan juga kasir.
Sebaiknya sediakan beragam metode pembayaran mulai dari tunai dan non tunai seperti debit, kartu kredit, dan QRIS.
2. Salah input transaksi
Kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran adalah salah input transaksi. Misalnya, kesalahan input pesanan pelanggan hingga salah harga.
Kondisi ini dapat membuat pelanggan merasa dirugikan.
Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Paling Umum di Dapur Restoran
3. Lama merespons permintaan bill
Selain itu, banyak pelayan dan kasir restoran terlalu lama dalam merespons permintaan bill dari pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan menunggu terlalu lama dan menurunkan kepuasan pelanggan.
4. Membuat pelanggan antri terlalu lama
Sering kali, pelanggan harus antri dalam waktu yang lama saat melakukan pembayaran di kasir. Situasi ini juga bisa membuat pelanggan tidak puas terhadap layanan restoran.
Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Menambah Modal Usaha Restoran?
5. Tidak memiliki kembalian yang cukup
Penting bagi setiap kasir untuk menyediakan kembalian dalam jumlah yang cukup. Uang kembalian yang kurang akan membuat pelanggan kecewa dan menurunkan penilaian terhadap restoran.
Itulah kesalahan yang paling banyak dilakukan kasir restoran. Kesalahan-kesalahan ini dapat dihindari dan diatasi dengan mudah.
Cara mengatasi kesalahan-kesalahan ini adalah dengan menggunakan sistem POS atau sistem kasir. Salah satu sistem POS yang direkomendasikan adalah sistem POS Posy Resto.
Sistem POS Posy Resto dilengkapi dengan QR Menu yang memungkinkan pelanggan memesan sendiri dan melakukan pembayaran. Fitur ini dapat menghilangkan kesalahan dalam input order. Pelanggan juga dapat melakukan pembayaran sendiri dari perangkat mereka sehingga tidalk perlu antri terlalu lama.
Sistem POS Posy Resto terbukti dapat meningkatkan performa kasir, menghilangkan kesalahan kasir, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Coba Posy Resto secara gratis di sini.
Simak juga tips lainnya di Blog Posy.