Blog

10 Kesalahan Berbisnis Yang Harus Dihindari

Tips Berbisnis
kesalahan bisnis yang harus dihindari
Kabar bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun yang gelap sudah banyak dibicarakan. Mulai dari kalangan intelektual, pebisnis hingga masyarakat biasa. Saking popularnya, banyak yang jadi khawatir dengan isu resesi. Jika keadaan perekonomian dunia tidak baik-baik saja, Indonesia juga akan terkena imbasnya. Bagi pebisnis, resesi adalah isu yang perlu mendapatkan perhatian. Bisa saja ada banyak kesalahan bisnis yang harus dihindari. Keadaan tahun 2023 nanti akan penuh kejutan tapi tidak menutup kemungkinan juga penuh kesempatan.

Dikutip dari BFI pengertian resesi adalah istilah untuk menggambarkan keadaan dimana perputaran ekonomi suatu negara berubah menjadi lambat atau buruk. Perputaran ekonomi yang melambat ini bisa berlangsung cukup lama bahkan tahunan akibat dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) suatu negara menurun selama dua kuartal berturut-turut. Dampak buruk resesi untuk pebisnis adalah menurunnya pendapatan bahkan bangkrut. Karena tidak seimbang antara pemasukan dan biaya yang dikeluarkan.

Tapi ternyata, ditengah ketidakpastian situasi tahun depan, UMKM memiliki daya tahan menghadapi krisis. Terbukti ketika pandemi, UMKM bisa bertahan bahkan terus tumbuh. UMKM disebut dapat menjadi penyelamat pertumbuhan ekonomi. Jadi, bagi kamu pemilik bisnis tidak perlu terus pesimis. Agar bisnismu bisa bertahan dan berkembang berikut ini kesalahan bisnis yang harus dihindari.

10 Kesalahan Berbisnis Yang Harus Dihindari


1. Kesulitan Mengelola Stok

Kesalahan bisnis yang harus dihindari pertama adalah kesalahan mengelola stok. Kesulitan mengelola atok menyebabkan masalah di berbagai segi bisnis, seperti menghambat penjualan, menahan modal, dan masalah dengan pelanggan. Apalagi jika jenis produk atau stok bahan baku ada banyak. Pengelolaan yang buruk bisa merugikan bisnis. Cara mudah dan instan dalam mengelola stok adalah dengan menggunakan aplikasi. Hanya dengan satu aplikasi, stok akan tercatat dengan rapi sesuai dengan produk yang telah terjual. Gunakan Posy Kasir Online untuk manajemen stok dengan praktis. Sehingga bisnismu bisa bertahan meski tahun depan terjadi resesi. Yuk, langsung download Posy di sini!.


2. Administrasi Masih Berantakan

Kerapian administrasi merupakan hal penting agar bisnis berjalan lancar. Jika membutuhkan data sewaktu-waktu juga mudah dicari kalau rapi. Tapi hal ini kadang disepelekan oleh pelaku bisnis dan karyawannya. Hal ini merupakak kesalahan bisnis yang harus dihindari. Kelola adminsitrasi dengan baik, seperti merapikan file-file keuangan, faktur pajak, data stok dan sebagainya.

3. Mengabaikan Arus Kas

Masih banyak pengusaha yang tidak teliti dalam mengelola bisnisnya, padahal hal ini termasuk kesalahan bisnis yang harus dihindari. Terutama masalah keuangan yang menyangkut hidup dan mati bisnis. Misalnya, karena menagnggap modalnya masih kecil tidak merencanakan keuangan dengan baik. Pengeluaran dan pemasukan tidak tercatat dengan rapi dan seringa da uang tercecer. Mungkin jika masih awal tidak terasa, tapi dalam jangka panjang akan sangat signifikan. Harusnya bisnis bisa berkembang dalam jangka waktu satu hingga dua tahun, tapi karena pengelolaan arus kas buruk bisnis semakin tidak terarah. Perbaiki pengelolaan arus kas agar bisnismu aman tahun 2023.

Baca juga: Cara Membuat Katalog Online Terbaru!

4. Kehilangan Fokus

Peluang baru dalam bisnis bisa mucul sewaktu-waktu. Hal ini membuat pebisnis tergiur untuk mengambil dan memanfaatkan peluang tersebut. Tapi ada kalanya, ketika mengerjalan peluang baru ini, pebisnis justru tidak fokus dengan bisnis utamanya. Maka dari itu, pertimbangkanlah dengan baik sebelum melakukan sesuatu diluar rencana. Terutama jika menyangkut dengan membuat produk baru dan mencoba bisnis baru disamping yang sudah ada. Kehilangan fokus merupakan kesalahan bisnis yang harus dihindari.

5. Tidak Punya Tujuan

Tujuan sangat penting untuk menentukan arah bisnis kedepannya. Kesalahan bisnis yang harus dihindari adalah melangkah tanpa tujuan. Tanpa adanya tujuan bisnis akan berjalan sekedarnya. Tidak ada landasan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan. Banyak yang menjalankan bisnis hanya mengandalkan yang penting mendapatkan keuntungan. Buatlah tujuan yang jelas untuk bisnis kamu.

Baca juga: 20 Rekomendasi Bisnis di 2023! Untung Banget!

6. Hubungan dengan Konsumen Tidak Dijaga

Kepuasan dan hubungan yang baik dengan konsumen merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis. Komunikasi yang buruk dengan konsumen membuat mereka tidak mau membeli kembali dan memberikan review buruk pada produk kamu. Gunakan media sosial dan semua kanal komunikasi untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Misalnya membalas pesan, membalas review di Google Bisnisku dan menjawab email. Kesalahan bisnis yang harus dihindari adalah memiliki hubungan buruk dengan konsumen.

7. Mengabaikan Review dan Feedback

Banyaknya kanal komunikasi, memudahkan konsumen untuk memberikan komentar. Berupa review dan feedback yang positif hingga negatif. Tidak perlu khawatir dengan ulasan yang negatif. Jawablah dengan baik dan santun setiap komentar negative konsumen. Hal ini adalah bahan evaluasi yang sangat penting demi kemajuan bisnismu. Mengabaikan review dan feedback pelanggan adalah kesalahan bisnis yang harus dihindari.

8. Tidak Mau Menjalin Relasi

Tidak mau menjalin relasi termasuk kesalahan bisnis yang harus dihindari. Membangun bisnis tidak hanya mengenai membuat produk yang tepat bagi konsumen. Tapi juga bagaimana membangun relasi yang luas dan kuat. Karena kesempatan biasanya datang dari teman dan orang yang kita kenal. Ketika mau menjangkau pasar baru kamu juga perlu kerjasama dengan mereka yang berada di bidang yang selaras. Kamu bisa memperluas jaringan dan relasi dengan mengikuti berbagai komunitas bisnis baik di daerah maupun skala nasional.

Baca juga: 4 Keuntungan Tambahan Sebagai Mitra Posy!

9. Tidak Mau Belajar

Tidak mau belajar adalah kesalahan bisnis yang harus dihindari oleh siapa saja yang ingin berkembang. Perubahan teknologi semakin cepat terjadi. Orang yang ingin sukses mempertahankan bisnisnya dalam keadaan appaun, haruslah mau untuk terus belajar. Misalnya kamu belajar bagaimana cara mengembangkan produk, menjalankan bisnis lebih efisien hingga digital marketing. Bahkan jika kamu sudah merasa sukses, tetap harus terus belajar untuk mengembangkan diri.

10. Melakukan Semua Sendiri

Jika baru membuka bisnis, memang tidak masalah jika kamu mengurus semua sendiri. Mulai dari produksi, keuangan hingga pemasaran. Tapi ketika bisnis sudah berkembang, saatnya merekrut karyawan. Menambah personil juga bisa menjadi solusi ketika kamu sudah merasa sangat kewalahan. Bisnis menjadi tidak sehat jika kamu terlalu terbebani menjalankannya. Maka, ketika bisnis sudah mulai berkembang, jangan lagi melakukan semuanya sendirian. Rekrut karyawan atau freelancer dengan upah yang lebih murah. Bagilah pekerjaan dengan orang lain yang kompeten.

Baca juga: 20 Ide Franchise Minuman Kekinian! Untung Banget Loh!

Itulah 10 kesalahan bisnis yang harus dihindari agar kamu sukses dan selamat menghadapi situasi apapun. Termasuk bertahan dalam keadaan resesi yang menantang tahun 2023. Teruslah semangat dan berjuang meraih apa yang kamu inginkan dan mengevaluasi bisnis. Temukan segala kesalahan bisnis yang harus dihindari dan melakukan perbaikan.