Blog

Begini Syarat dan Cara Jualan di GrabFood

Tips Berbisnis
Cara jualan di GrabFood perlu pelaku usaha kuliner ketahui khususnya bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnisnya secara daring. Mengembangkan bisnis kuliner tentunya perlu berbagai strategi, salah satunya dengan mempromosikannya secara online. GrabFood merupakan salah satu produk dari Grab, yang memberikan layanan food delivery atau antar makanan.

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang menjanjikan dan banyak digandrungi. Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar, perlu keahlian dan kecekatan dalam melihat peluang untuk mempromosikannya. Di era yang serba canggih saat ini, mempromosikan sebuah bisnis sudah jauh lebih mudah karena banyak medium yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang ingin kita tawarkan, apapun jenisnya. Kehadiran Grab selaku perusahaan rintisan alias startup sedikit banyak membantu ekosistem bisnis kuliner.

Bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis kuliner atau sedang di masa sepi konsumen, tidak ada salahnya untuk mendaftar GrabFood. Begini syarat dan cara jualan di GrabFood dengan mudah.

Keuntungan Mendaftar GrabFood Merchant

Sebelum mengetahui dan menerapkan cara jualan di GrabFood, kamu juga perlu paham apa saja keuntungan ketika mendaftarkan GrabFood merchant. Ada banyak keuntungan yang bisa diambil dari sisi keuangan hingga pemasaran. Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Pendapatan Usaha

Dengan GrabFood, tentu usaha kulinermu berpotensi mendapat kenaikan pendapatan dan laba. Menurut survey CLSA Indonesia tahun 2021, 70% orang gemar memesan makanan melalui aplikasi pesan antar online. Lalu mengutip survey Snapcart Indonesia, 45% orang memiliki preferensi pesan makanan di GrabFood dibanding platform lainnya. Jadi, potensi ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pertumbuhan bisnis.

2. Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Menerapkan cara jualan di GrabFood yang benar juga dapat menjangkau lebih banyak konsumen karena menyediakan banyak jenis makanan dan resto. Banyak orang yang mencari makanan kesukaannya dan ingin mencoba dari tiap restoran. Ada juga yang sebelumnya belum pernah makan suatu hidangan, jadi ketagihan karena coba-coba memesannya di GrabFood.

3. Media Promosi yang Terjangkau

Usaha apapun butuh promosi agar bisa dikenal masyarakat luas, termasuk usaha kuliner. Nah, penerapan cara jualan di GrabFood bisa makin terkenal karena popularitas GrabFood itu sendiri. Makanya, cara daftar di GrabFood ini selalu dicari-cari banyak orang. Apalagi, kalau rating dan ulasan makanannya positif, tentu hal ini bisa meningkatkan kredibilitas usaha kuliner tersebut.

4. Tidak Repot Menyiapkan Layanan Pesan Antar Sendiri

Dengan adanya GrabFood, penjual tinggal menyiapkan dan mengemas makanan. Nantinya, mitra pengemudi GrabFood yang akan mengantarkannya untuk konsumen. Hal ini tentu lebih praktis ketimbang menyiapkan layanan pesan antar sendiri. Restoran juga bisa fokus memperhatikan kualitas makanan.

Syarat-syarat Mendaftar sebagai GrabFood Merchant

Dilansir dari situs resmi Grab melalui KOMPAS.com, berikut ini syarat daftar GrabFood:
  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku dan terbaca. Jika KTP dalam kondisi rusak atau buram, lampirkan dokumen tambahan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor, atau Kartu Keluarga (KK).
  • Foto diri dengan memegang KTP harus terlihat jelas. Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli.
  • Foto daftar menu restoran lengkap dengan harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab.
  • Foto Makanan sesuai dengan menu.
  • Foto makanan bisa lebih dari satu.
  • Foto tampak luar restoran. Pastikan restoran terlihat jelas dan tidak terpotong lengkap dengan tulisan nama resto di spanduk, stiker, atau kertas jelas. Outlet rumahan perlu melampirkan foto pemilik dengan banner usaha.
  • Foto tampak dalam restoran. Pastikan terlihat kasir, meja makan, atau dapur. Outlet rumahan wajib memperlihatkan foto pemilik resto dengan produk makanan yang dijual di dalam dapur.
  • Wajah pemilik resto harus sesuai dengan foto di KTP dan pastikan wajah pemilik toko dan produk makanan menghadap ke kamera dan tampak jelas.
  • Foto logo restoran jika ada.
  • Foto buku tabungan atau tampilan e-banking.
  • Pastikan nomor rekening terlihat jelas.
  • Lampirkan surat kuasa jika pemilik rekening berbeda dengan penanggung jawab utama usaha.
  • Format surat kuasa: https://grb.to/formsuratkuasaGF.

Cara Jualan di GrabFood

Bila kamu ingin mendaftarkan bisnis kulinermu ke Grabfood, berikut cara jualan di Grabfood yang benar dan mudah:

1. Kunjungi Laman Grab/Grabfood

Cara jualan di Grabfood tidak melalui aplikasi Grab yang terinstal pada ponselmu, melainkan melalui laman resmi milik Grab, berikut tahapannya:
  • Kunjungi Grab.com
  • Klik menu ‘Layanan’ yang terdapat di samping logo Grab bagian atas
  • Pilih ‘Grabfood’
  • Kemudian ‘Klik di sini!’ pada banner untuk bergabung sebagai Grabfood Merchant

2. Isi Formulir Pendaftaran Restoran

Selanjutnya, cara jualan di GrabFood kamu akan diharuskan isi formulir pendaftaran yang sesuai dengan identitas mulai dari nama restoran, alamat, nama pemilik, nomor handphone, alamat email serta catatan. Jika sudah terisi dengan benar, jangan lupa untuk autentikasi ‘Captcha’, kemudian klik ‘Daftar’ atau ‘Submit’.

3. Cek Email Masuk untuk Registrasi

Langkah cara jualan di GrabFood selanjutnya adalah Grab mengarahkan kamu untuk mengecek email masuk yang tadi sudah didaftarkan pada formulir sebelumnya. Setelah pesan dari Grab sudah dibuka, kemudian klik ‘Registrasi Restoran di GrabFood’

4. Lanjut ke Laman Bantuan

Cara jualan di GrabFood akan diarahkan langsung ke laman bantuan Grab Food atau help grab. Di halaman tersebut kamu akan menemukan ragam pertanyaan seputar Grabfood termasuk cara mendaftar Grabfood.
Temukan kalimat ‘Saya tertarik bergabung dengan Grabfood’ dan klik kalimat tersebut,
Klik ‘Detail seputar pengisian formulir’

5. Isi Formulir Kembali

Langkah cara jualan di GrabFood selanjutnya adalah isi formulir. Pada bagian bawah kamu akan menemukan sebuah formulir yang perlu kamu isi kembali dengan lengkap. Isilah data tersebut sesuai dengan identitas pribadi dan identitas restoranmu. Mulai dari data umum yang berisikan nama pribadi, no.hp dan restoran, email, nama restoran hingga unggah foto logo restoran, makanan, daftar menu dan restoran.
Bila dalam pengisiannya kamu dilanda rasa bingung atau ada kolom yang tidak dimengerti, silahkan klik ‘Tips mengisi formulir’ berwarna biru pada bagian atas formulir tersebut. Pastikan kamu mengisi formulirnya dengan baik, benar dan tidak ada yang terlewat satupun. Setelah itu, lanjutkan registrasi pendaftaran kamu untuk ke halaman berikutnya atau klik tanda “panah hijau” di bagian bawah.

6. Atur Jadwal Buka atau Tutup Restoran

Cara jualan di GrabFood selanjutnya adalah mengatur jadwal atau tutup restoran. Pada halaman registrasi ini kamu juga diharuskan langsung mengisi jadwal buka dan tutup restoranmu mulai dari hari Senin hingga Minggu. Pastikan tentukan jam operasional restoran dengan tepat. Setelah selesai klik tanda ‘panah hijau’ kembali untuk proses registrasi selanjutnya.

7. Isi Menu Restoran

Cara jualan di GrabFood selanjutnya adalah kamu perlu mengisi menu-menu yang dihidangkan pada restoranmu dengan klik tombol ‘+’. Jika ada menu restoran yang dihilangkan, kamu juga langsung bisa menghapusnya dari daftar menu tersebut dengan klik tombol ‘X’.
Isi mulai nama restoran, jenis makanan, nama menu dan harga sesuai dengan yang ada di restoranmu. Jika sudah menu restoran sudah dipastikan telah tercantum semua, maka klik ‘Kirim’ untuk menyelesaikan pendaftaran dan klik ‘Selesai’ untuk mengakhiri sesi pengisian formulir pendaftaran Grabfood.

8. Pengecekan Data oleh Pihak GrabFood

Cara jualan di GrabFood yang terakhir adalah menunggu pengecekan datanya. Pihak Grabfood akan melakukan pemeriksaan formulir pendaftaran yang kamu kirim. Jika diterima maka kamu akan mendapatkan email atau SMS dari Grabfood yang menandakan lokasi restoranmu sudah aktif. Setelah itu kamu akan melakukan perjanjian partnership dengan Grabfood dan untuk langkah selanjutnya akan dipandu langsung oleh pihak Grab.
Baca juga: Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan Terbaru!

Jualan di GrabFood dengan Bantuan Kasir Posy

Kurangnya pengalaman dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, juga bisa menjadi penyebab kegagalan sebuah bisnis kuliner online. Jadi, jika ingin mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, kamu bisa mulai mengelola keuangan dengan baik dan rapi dengan menggunakan aplikasi Point of Sales (POS). POS adalah layanan kasir online yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat segala transaksi, membuat laporan keuangan, mencatat data ketersediaan stok, menyimpan data pelanggan, dan lain sebagainya.
Salah satu aplikasi POS yang bisa kamu coba adalah Posy. Dengan berbagai fitur lengkap, kamu dapat melacak perkembangan bisnis, pembayaran, dan kebutuhan lainnya melalui aplikasi ini. Selain kemudahan tersebut, berikut adalah keuntungan-keuntungan lain yang bakal kamu dapatkan:
  • Ukuran aplikasi hanya berukuran 40 MB.
  • Fitur yang disediakan bisa digunakan di handphone atau tablet.
  • Biaya admin terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp59.000.000 untuk langganan sebulan. Rp129.000/3 bulan, atau kamu juga bisa memilih paket Rp239.000/6 bulan.