Blog

Cara Jualan di Tokopedia

Tips Berbisnis
cara-jualan-di-tokopedia
Tidak dapat dipungkiri lagi bila berjualan atau berbisnis merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan banyak pundi rupiah. Bahkan pada suatu kesempatan Jokowi menyatakan agar warga negaranya mulai merintis menjadi wirausaha. Walaupun jika ditelisik lebih jauh, untuk memulai sebuah bisnis prosesnya sungguh tidak mudah.

Salah satu kendala yang umum dijumpai seorang pemula dalam hal bisnis adalah ketidakmampuan menjual barang kepada konsumen, atau jika mampu hanya pada segmen pasar yang itu-itu saja. Sayangnya, hal ini dapat mempengaruhi angka pemasukan dan membuat bisnis yang dijalani tidak kunjung berkembang. Ingin tahu bagaimana cara memperoleh keuntungan berlebih agar bisnis kamu semakin berkembang? Simak baik-baik artikel di bawah ini.


Zaman sekarang pastinya Anda sudah akrab dengan istilah bisnis online. Bisnis jenis ini memungkinkan Anda untuk menjual berbagai produk dimana saja dan kapan saja, keuntungan lainnya Anda juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas melalui jaringan bisnis online yang Anda bangun. Bagaimana cara memulainya? Tenang! Anda dapat memanfaatkan layanan marketplace untuk memulai bisnis online Anda.

Keuntungan Berjualan Online Bersama Tokopedia

Dilansir Glints, marketplace merupakan layanan yang menyediakan lapak berjualan untuk Anda yang ingin berjualan dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Penggunaannya pun gratis dan nantinya produk Anda dapat dilihat oleh seluruh pengguna marketplace tersebut. Dengan begitu, cara pemasaran produk Anda menjadi lebih mudah dan memperluas jangkauan konsumen Anda. Lantas, dari sekian banyaknya marketplace yang tersedia, manakah yang paling banyak mendatangkan keuntungan dan kemudahan untuk berjualan online?

Memperkenalkan Tokopedia, sebagai sebuah marketplace yang sudah lama berdiri di Indonesia, marketplace satu ini menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Apa sajakah itu?

1. Mudah dan Efisien

Salah jika selama ini menganggap membuka toko online pribadi Anda adalah hal yang sulit. Lewat aplikasi marketplace Tokopedia, Anda hanya butuh alamat email dan nomor telepon aktif sebagai langkah awal mendaftar. Hal ini tentunya sangat mudah.

Tak hanya itu, keuntungan lainnya yang akan Anda peroleh adalah berupa efisiensi, dimana Anda tidak perlu lagi bingung menghitung atau memberi potongan diskon untuk ongkos kirim, karena Tokopedia akan memberikan fasilitas tersebut untuk calon konsumen Anda.
Tanpa Biaya Pendaftaran

Selain kemudahan dalam proses pendaftaran, keuntungan lain yang dapat Anda peroleh sebagai seller di Tokopedia adalah jenis pendaftaran yang gratis alias tidak ada pungutan biaya sepeserpun. Dengan begitu, Anda hanya perlu fokus mengelola uang yang dimiliki untuk pengembangan bisnis ke depannya.

2. Aman dan Terpercaya

Salah satu kekhawatiran baik penjual atau pembeli adalah ketika adanya penipuan dalam transaksi jual beli. Lewat Tokopedia, hal ini tidak perlu lagi Anda pikirkan. Baik penjual maupun pembeli, akan sama-sama merasakan keamanan bertransaksi yang nyaman bersama Tokopedia.

Keamanan transaksi didukung dengan sistem rekening bersama, maka baik penjual atau pembeli bisa sama-sama merasa aman, dan dapat membangun rasa kepercayaan di antara keduanya.
Iklan Gratis

Sebagai seorang penjual Anda tentu membutuhkan iklan untuk memasarkan produk yang dimiliki, agar pemasukan dapat terus mengalir ke dompet Anda. Jika menggunakan Tokopedia, Anda tidak perlu khawatir mengenai ini.

Dengan memanfaatkan sedikit pengetahuan di bidang digital marketing, seperti pemberian keyword produk yang banyak dicari oleh pembeli, itu akan membantu produk Anda bertengger pada pencarian awal Tokopedia.

Baca juga: Cara Jualan di Go Food! Terbaru dan Termudah!


Cara Berjualan Di Tokopedia

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat apa saja yang akan diperoleh saat berjualan online di marketplace. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda sebagai penjual, dibandingkan hanya berjualan melalui toko kelontong rumahan. Di bagian selanjutnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berjualan di Tokopedia. Apa sajakah itu? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bikin Akun Tokopedia

Jika Anda belum pernah menggunakan Tokopedia sama sekali, maka hal yang perlu Anda siapakan adalah alamat email, nomor telepon, dan handphone, kemudian download aplikasi Tokopedia pada handphone Anda di Playstore untuk pengguna android, dan AppStore bagi Anda pengguna IOS.


Jika aplikasi sudah selesai terdownload, Anda dapat langsung membuka aplikasi Tokopedia dan klik daftar. Selanjutnya masukkan alamat email serta nomor telepon Anda. Ikuti proses hingga akun Anda benar-benar aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

2. Buka Toko Sebagai Penjual

Langkah selanjutnya jika Anda ingin memulai penjualan di Tokopedia, Anda perlu membuka toko Anda sendiri. Caranya klik akun > klik buka toko > klik buka toko gratis.

3. Lengkapi Persiapan Pembukaan Toko

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi keterangan toko Anda seperti nama hingga survey singkat.

4. Masukkan Alamat

Anda juga akan diminta untuk mengisi alamat toko atau rumah Anda.

5. Langkah Terakhir

Setelah seluruh prosedur di atas telah Anda lalui, maka toko online Anda di Tokopedia sudah siap untuk diisi dengan produk-produk terbaik Anda!


(Tips Tambahan) Aplikasi untuk Pengelolaan Kasir Penjualan

Anda dapat mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada dengan membuka toko di marketplace, keuntungan yang Anda dapatkan menjadi lebih berlipat karena jumlah konsumen yang bertambah seiring meluasnya target konsumen toko Anda, Tokopedia dengan kelebihan-kelebihannya sebagai marketplace ternama dan terpercaya juga dapat Anda manfaatkan sebagai peluang terbaik penambah pundi-pundi rupiah keluarga.

Namun satu lagi tips untuk Anda jika memiliki toko offline dan online maka tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan kewalahan mengelola keduanya, apalagi jika toko online Anda menggunaka struk tulis manual yang merepotkan, maka ini adalah saatnya Anda menggunakan Posy.


Posy adalah aplikasi kasir online yang akan memudahkan Anda baik dalam pembuatan struk pembelian hingga pencatatan pemasukan dan jumlah barang keluar secara detail. Tentu aplikasi semacam ini sangat Anda butuhkan saat orderan masuk membludak di toko Anda. Aplikasi Posy Kasir Online dapat Anda unduh langsung melalui Playstore di handphone Anda ataupun klik di sini! Tetap Semangat dan produktif, nantikan artikel kami selanjutnya.