Blog

Cara Jualan Di Shopee Food Agar Mudah Ditemukan Konsumen

Tips Berbisnis
Shopee Food semakin popular karena beragam promo yang diberikan kepada konsumen. Banyaknya pengguna Shopee Food menjadi kesempatan bagi pemiliki bisnis untuk meningkatkan penjualannya. Fitur dan kemudahan yang diberikan Shopee Food membuat jangkauan bisnismu semakin luas. Bukan hanya di sekitar area outlet saja, namun skalanya menjadi lebih luas lagi. Keuntungan lain yang bisa diperoleh merchant Shopee Food adalah transaksi yang aman dan pilihan pembayaran juga banyak.

Jika kamu memilki bisnis makanan dan minuman, tidak ada salahnya untuk mendaftar ke Shopee Food. Ikuti langkah-langkah cara jualan di Shopee Food yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai keuntungan berjualan di Shopee Food.

Keuntungan Menjadi Merchant Shopee Food

1. Memperluas Jangakauan Bisnis

Aplikasi Shopee yang di dalamnya terdapat Shopee Food telah diunduh oleh banyak konsumen. Artinya, pengguna aplikasi ini adalah calon konsumen potensial untuk membeli produkmu. Jangkauan bisnis menjadi lebih luas dengan bergabung bersama Shopee Food. Cara jualan di Shopee Food tidak lagi terbatas area sekitar oulet saja dan hanya menunggu pelanggan yang datang secara offline. Kamu bisa menjangkau target pasar yang telah menjadi pengguna Shopee Food.

2. Memanfaatkan Promo

Jasa layanan pesan-antar seperti Shopee Food biasanya secara rutin akan membuat promo atau even khusus. Tips jualan di Shopee Food adalah dengan selalupdate informasi mengenai setiap promo yang dibuat Shopee Food dan pelajari syarat serta ketentuan yang berlaku. Cara jualan di Shopee Food menjadi lebih mudah dengan mengikuti promo yang ada untuk meningkatkan penjualan outletmu.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Adanya outlet online di Shopee Food membuat konsumen bisa melihat produkmu meskipun belum memutuskan untuk membeli. Minimal, hal ini bisa meningkatkan brand awareness terutama bagi bisnis baru. Ouletmu akan semakin dikenal banyak orang dan memiliki peluang untuk meningkatkan penjualan. Untuk itu tips jualan di Shopee Food, gunakan gambar atau visual yang menarik untuk semua menu yang dijual.

4. Sistem Pembayaran Aman dan Mudah

Shopee Food menyediakan sistem pembayaran yang mudah dan aman baik bagi konsumen maupun pemilik outlet. Kemudahan pembayaran ini mempu meningkatkan jumlah transaksi setiap harinya. Selain itu, saldo yang dimiliki juga mudah dicairkan. Saldo Shopee Food bisa langsung masuk ke rekening bank yang telah didaftarkan.

5. Komisi Lebih kecil

Semua layanan pesan-antar makanan akan menerapkan sistem komisi kepada merchant. Komisi untuk Shopee Food sebesar 20%, tergolong lebih kecil dari platform lainnya. Hal ini sangat menguntungkan bagi merchant.

6. Pengiriman Pesanan Lebih Praktis

Semakin canggih teknologi dan perubahan generasi menyebabkan kebiasaan membeli makan juga berubah. Kini, banyak orang yang lebih suka menggunakan layanan pesan-antar daripada harus repot ke outlet offline. Dengan bergabung menjadi merchant Shopee Food kamu tidak perlu repot menyediakan jasa kurir. Semua proses pemesanan hingga pengantaran sudah diatur oleh Shopee Food. Tips jualan di Shopee Food, pastikan kamu menyajikan makanan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja keuntungan menjadi merchant Shopee Food. Berikut ini adalah cara jualan di Shopee Food dengan mendaftar menjadi merchant Shopee Food. Lengkapi semua persyaratannya dan isi data dengan benar. Agar bisnismu lolos tahap verifikasi dan resmi menjadi mitra Shopee Food.

Baca juga: Cara Jualan di GrabFood!

Cara Mendaftar Menjadi Merchant Shopee Food

Mengutip Hubster, cara jualan di Shopee Food dengan menjadi merchant Shopee Food terdiri dari dua jenis bisnis, yaitu:
Usaha Milik Individu
· KTP atau KITAS pemiliki bisnis
· NPWP
· SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
· Buku Tabungan
Usaha Berbadan Hukum
· KTP atau KITAS
· Surat izin usaha
· NPWP
· TDP atau NIB
· Akta pendirian usaha
· Surat keterangan domisili
· Buku tabungan
· Foto restoran atau outlet

Sedangkan cara mendaftar menjadi merchant adalah sebagai berikut:

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Cara jualan di Shopee Food pertama-tama adalah dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada di situs resmi Shopee. Isi semua kolom yang tersedia dengan data yang lengkap dan benar. Gunakan alamat email dan nomor ponsel yang aktif dan mudah dihubungi. Lengkapi bagian informasi lokasi bisnis, informasi pribadi, nama lengkap usaha, kategori bisnis serta foto oulet. Jika sudah lengkap kirim formulir pendaftaran dengan klik “Ya” dan “Kirim”. Selain melalui website resmi Shopee, pemgisian formulir seperti cara di atas juga bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee.

2. Menunggu Konfirmasi

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, langkah cara jualan di Shopee Food selanjutnya adalah menunggu konfirmasi atau verifikasi. Shopee Food akan menghubungi melalui email atau telepon dalam rentang waktu 5-7 hari kerja.

3. Mengisi Formulir PKS (Perjanjian Kerja Sama)

Setelah melewati tahap konfirmasi, cara jualan di Shopee Food selanjutnya adalah Shopee Food akan mengirimkan formulir PKS sebagai merchant. Baca dan pelajari dengan seksama isi perjanjian tersebut sebelum menyetujui. Isilah formulir yang dikirmkan dengan data yang benar. Kirim kembali file tersebut melalui email atau kirim secara langsung ke kantor Shopee.

4. Proses Aktivasi

Cara jualan di Shopee Food terakhir adalah menunggu proses aktivasi. Ketika dokumen sudah diterima Shopee Food, team Shopee Food akan mengunjungi outlet kamu dalam waktu 15 hari kerja. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan apakah data yang sudah kamu tulisakan benar dan seluruh proses pendaftaran sukses. Kamu akan mendapatkan materi promosi serta stiker QR yang sudah aktif untuk melakukan pembayaran. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai proses pendaftaran, login dan aktivasi, kamu bisa langsung bertanya pada patugas yang datang.
Begitulah cara jualan di Shopee Food, mudah dan tidak membutuhkan proses yang lama. Yang penting kamu mempersiapkan syaratnya dengan lengkap dan mengisi data dengan benar. Berbagai kemudahan teknologi sudah selayaknya kita manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Seperti aplikasi pesan-antar makanan yang praktis, managemen bisnis juga bisa menjadi lebih praktis dengan aplikasi kasir online.
Posy Kasir Online membantumu mengelola keuangan, stok hingga karyawan. Hanya menggunakan satu aplikasi yang mudah digunakan. Bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Pekerjaan yang ribet berhubungan dengan data, bisa lebih mudah diselesaikan karena tercatat secara otomatis dengan sistem Posy Kasir Online. Unduh aplikasinya melalui Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan bisnis dalam genggaman.