Blog

Cara Menggunakan Shopee Ads

Tips Berbisnis
cara-menggunakan-shopee-ads
Kamu seorang seller dan ingin mengiklankan produk kamu di Shopee tapi masih bingung caranya? Tenang, karena pas banget pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara menggunakan dan memaksimalkan Shopee Ads secara lengkap dan mudah dipahami.

Shopee sendiri merupakan marketplace itu yang terkenal di Indonesia. Banyak yang memilih Shopee karena mudahnya untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan beragamnya produk yang bisa dipilih. Apabila kamu penjual baru di Shopee, fitur Shopee Ads bisa menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan.

Yuk, simak penjelasan mengenai Shopee Ads, mulai dari keuntungan hingga cara menggunakannya secara optimal di bawah ini!

Keuntungan Memakai Shopee Ads

Melansir Shopee, Shopee Ads adalah fitur yang disediakan oleh Shopee untuk para penjual atau seller dalam mempromosikan produk dan toko seller di Shopee. Seller yang mendaftarkan tokonya di Shopee Ads akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

1. Menampilkan Produk di Lokasi Strategis

Tujuan utama menggunakan Shopee Ads adalah agar produk yang kamu jual bisa dilihat calon pembeli yaitu pengunjung Shopee. Semakin banyak iklan yang tampil, produk akan semakin sering dilihat pengunjung. Iklan produk akan muncul di berbagai tempat strategis. Baik saat pengunjung mengakses Shopee via web ataupun menggunakan handphone.

2. Mendatangkan Pengunjung

Iklan yang menarik akan membuat pengunjung melihat produk yang diiklankan dan juga melihat-lihat isi toko kamu. Semakin banyak pengunjung semakin bagus. Artinya produk semakin sering dilihat. Kalau pengunjung punya rencana beli akan dimasukkan ke keranjang atau menambahkan ke wishlist.

3. Menjangkau Pembeli Potensial

Manfaat lain saat kamu menggunakan Shopee Ads adalah menjangkau pembeli potensial. Hal ini karena algoritma Shopee akan menempatkan Shopee Ads sesuai dengan preferensi penggunanya. Selain itu iklan manual di Shopee punya fitur untuk mengatur kata kunci. Iklan akan muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci yang kamu pasang.

4. Mempermudah Dapat Orderan Pertama

Bagi seller pemula, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah iklan. Kalau tidak beriklan bagaimana calon pembeli tahu produk yang seller jual. Inilah salah satu fungsi Shopee Ads, yaitu untuk membantu para seller pemula agar produk yang belum punya review bisa terjual dan bersaing dengan produk lain di halaman pencarian.

5. Memperkuat Posisi Produk yang Sudah Laris

Produk yang sudah laris, banyak terjual dan punya banyak ulasan biasanya akan nongkrong di halaman pencarian saat pengunjung mencari produk. Namun bukan berarti produk tersebut harus berhenti diiklankan. Berpikirlah sebaliknya, barang yang sudah banyak terjual dan punya banyak ulasan sebaiknya tetap diiklankan. Hal ini karena calon pembeli akan makin yakin untuk membeli produk tersebut.

6. Penganggaran Biaya Iklan Jauh Lebih Mudah

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Shopee Ads adalah kemudahan dalam penganggaran iklan. Hal ini disebabkan karena biaya iklan yang dihitung berdasarkan banyaknya ‘klik’ yang kamu dapatkan dari iklan tersebut. Dengan kata lain, kamu hanya perlu membayar iklan yang berhasil menarik pelanggan.

Lebih lanjut, kamu juga dapat menonaktifkan iklan tersebut dengan cara berhenti iklan di Shopee. Jadi, kamu tidak sulit untuk menghitung anggaran biaya iklan di Shopee.

Baca juga: 10 Tips Tingkatkan Penjualan di Shopee!


Cara Menggunakan Shopee Ads

Shopee Ads sendiri terdiri dari 3 jenis iklan, yakni iklan kata kunci, iklan toko, dan iklan produk serupa. Yuk, kita ulas satu per satu tentang masing-masing iklan dan bagaimana cara pasang iklan di Shopee!

1. Iklan Kata Kunci

Iklan keyword atau iklan kata kunci merupakan Shopee Ads yang paling populer. Jika kamu memasang iklan kata kunci di Shopee, produk akan muncul di halaman pencarian utama ketika calon pembeli mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual.Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mulai beriklan.

  • Masuk ke Seller Center dan pilihlah produk yang ingin diiklankan
Di tahap ini, kamu juga dapat menentukan berapa modal yang ingin kamu keluarkan serta berapa lama periode iklan yang kamu pasang akan berlaku.

  • Tentukan kata kunci atau keywords
Di tahap ini terdapat dua pilihan yang ditawarkan oleh Shopee MyAds untuk kamu yang ingin beriklan, yakni:
  1. Memilih kata kunci otomatis, di mana sistem Shopee yang akan ‘membaca’ toko kamu, mengatur, serta menyarankan kata kunci yang tepat. Jika kamu memang tidak ada clue tentang kata kunci apa yang seharusnya digunakan, “Pilih Otomatis” adalah pilihan yang tepat.
  2. Memilih kata kunci manual. Pada opsi ini, “Pilih Manual”, kamu dapat mengatur kata kunci yang sesuai dengan keinginan kamu.
  3. Pilih sendiri biaya-per-klik iklan.

Tahap ini menjadi nilai plus beriklan di Shopee. Kamu bisa menyesuaikan budget iklan dengan menentukan biaya-per-klik iklan sendiri.


  1. Apabila ingin melakukan perubahan pada pengaturan iklan massal, kamu cukup mencentang “Ubah Biaya Iklan Massal”, “Ubah Tipe Pencocokan Massal”, atau “Hapus Massal”.
  2. Aktifkan iklan dan siap-siap dikunjungi oleh calon pembeli!

2. Iklan Toko

Berbeda dengan Shopee Ads kata kunci yang menampilkan produk secara langsung, iklan toko akan menampilkan informasi singkat tentang toko kamu, yakni berupa mama dan foto profil toko.

Iklan yang terpasang nantinya akan ditampilkan pada bagian atas halaman hasil pencarian jika pembeli mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang kamu tawarkan di toko online Shopee.

Berikut cara pasang Shopee Ads toko, yaitu:
  • Pilihlah foto profil dan slogan iklan yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Jadi ketika calon pembeli melihat slogan atau foto profil tersebut, mereka akan segera tahu bahwa produk kamulah yang mereka cari.
  • Kamu juga dapat memilih sendiri kata kunci yang diinginkan. Jika belum sempat melakukan riset kata kunci, kamu dapat membiarkan sistem Shopee yang bekerja untuk mengaturnya.
  • Masukkan biaya-per-klik sesuai budget yang kamu miliki.
  • Iklan siap ditayangkan!

3. Iklan Produk Serupa

Kamu akan sangat suka dengan jenis Shopee Ads yang satu ini. Sebab, iklan kamu akan muncul ketika seorang calon pembeli meng-klik salah satu produk yang relevan atau sama dengan produk yang kamu tawarkan.

Tidak hanya itu, iklan produk kamu juga akan tampil di halaman rekomendasi untuk membuat jangkauan terhadap pembeli yang tertarik dengan produk yang sama dalam jangka 30 hari terakhir. Berikut cara pasang iklan di Shopee versi iklan produk serupa:
  1. Masuk ke halaman Seller Centre.
  2. Pilih “Iklan Produk Serupa Baru”
  3. Tentukan maksimal 50 produk untuk dipromosikan.
  4. Memilih pengaturan iklan.
  5. Iklan siap diluncurkan!

Itulah cara menggunakan Shopee Ads untuk meningkatkan penjualan. Nah, agar bisnismu berjalan dengan lancar, manfaatkan aplikasi kasir online atau Point of Sale (POS) seperti Posy. Dengan Posy, kamu bisa dengan lebih mudah mengelola inventaris toko, mengelola stok produk, mendapatkan laporan penjualan otomatis, serta menganalisis bisnis yang sudah berjalan.


Segala data yang tercatat di aplikasi Posy bisa diakses kapan saja dan dimana saja karena tersimpan secara online. Saat ini, aplikasi Posy sudah bisa didapatkan melalui Google Play Store di gadget berbasis Android atau langsung download di sini!