Blog

Ini Cara Jualan di Shopee!

Tips Berbisnis
cara-jualan-di-shopee
Banyak dari kita menjadikan bisnis menjual suatu produk sebagai salah satu sumber kehidupan. Beberapa orang bahkan menjadikan kegiatan berbisnis sebagai mata pencaharian utama. Walaupun begitu, keduanya pasti sama-sama ingin memperoleh penghasilan secara maksimal. Untuk mendapatkannya, pelaku bisnis tentu harus cermat dalam memasarkan produk terbaiknya kepada konsumen. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan membuka toko online.

Saat ini toko-toko online menjanjikan keuntungan besar dengan modal minim dibandingkan dengan Anda membuka toko offline. Toko offline memerlukan biaya perawatan tempat seperti listrik, lampu, dekorasi, hingga renovasi yang memerlukan biaya tidak sedikit. Bagi Anda yang masih pemula, tentu hal ini memberatkan terlebih jika modal hanya cukup untuk mempersiapkan produk yang akan dijual. Itulah mengapa, toko online hadir sebagai solusi yang membantu Anda meringankan pengeluaran-pengeluaran tersebut.

Alasan Berjualan di Marketplace Lebih Menguntungkan

Berjualan secara online juga banyak caranya, mulai dari memasarkan produk melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau yang sedang populer yaitu melalui marketplace. Dalam perhitungan bisnis, marketplace lebih memberi rasa aman kepada konsumen dibandingkan dengan pemasaran produk melalui social media. Selain rasa aman, ada keuntungan lain yang dapat Anda peroleh ketika berjualan melalui marketplace.

1. Facebook VS Marketplace

Pengguna Facebook tentu bervariasi, pada umumnya pengguna Facebook hanya ingin menikmati konten atau membagikan cerita dan informasi tertentu yang ia miliki.
Walaupun tidak jarang pengguna Facebook memiliki akun khusus untuk berjualan, namun tentu marketplace memiliki target pasar yang lebih jelas yakni seseorang yang ingin berbelanja. Pemilihan marketplace sebagai tempat berjualan online tentu akan memberikan efek positif, seperti target pasar yang lebih terstruktur.

2. Instagram VS Marketplace

Instagram merupakan salah satu akun sosial media paling berpengaruh, Anda dapat membangun personal branding yang baik melalui aplikasi ini. Namun, dari segi keamanan transaksi konsumen tentu tidak se-aman melalui marketplace. Di marketplace ada sebuah fitur yang menjamin keamanan transaksi yaitu rekening bersama. Ini adalah fitur yang memungkinkan penjual atau konsumen untuk terhindar dari penipuan transaksi palsu. Fitur seperti ini, hanya dapat Anda rasakan ketika berjualan di marketplace.

3. WhatsApp VS Marketplace

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang tujuan utamanya untuk berkirim pesan. Walaupun saat ini banyak pengguna yang menawarkan produk-produk mereka melalui fitur status, namun penawaran tersebut hanya terlihat oleh orang-orang tertentu yang sudah mengetahui nomor WhatsApp Anda. Hal ini tentu akan mempersulit konsumen untuk menemukan Anda sebagai penjual, dibandingkan jika Anda berjualan di marketplace. Konsumen dapat memasukkan kata kunci barang yang sedang ia cari dan toko Anda otomatis akan muncul, ketika barang yang Anda jual sama dengan kata kunci yang diminta konsumen.

Keuntungan Berjualan Online di Shopee

Dari beberapa penjelasan di atas, marketplace masih merupakan pilihan utama untuk berjualan online. Namun di antara banyaknya marketplace yang ada, marketplace mana yang paling menjadi rekomendasi? Kami merekomendasikan Shopee sebagai marketplace untuk tempat berjualan online. Bisa dibilang hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui aplikasi satu ini, dengan begitu akan mudah bagi Anda memasarkan produk dan menemukan pelanggan.
Lalu, apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika berjualan di marketplace ternama satu ini? Yuk simak baik-baik di bawah ini:

1. Pendaftaran Gratis

Iya Anda benar! Mengembangkan bisnis di dunia online tidak memerlukan biaya besar, bahkan Shopee membuat para penjual senang dengan biaya pendaftaran gratis bagi penjual. Jangan salah sangka! Walaupun gratis daftarnya juga gampang dan nggak sulit.

2. Pengguna Aplikasi Tersebar di Seluruh Indonesia

Bukan rahasia umum jika iklan shopee banyak bertebaran di media, baik media online maupun offline. Tak hanya itu, berbagai fitur yang disediakan oleh Shopee juga menggaet banyak pembeli untuk datang. Hal ini tentu membawa manfaat tersendiri bagi penjual karena dengan dikenalnya Shopee di kalangan umum, mereka tidak perlu bingung mencari konsumen.

3. Bisa Ekspor Ke Luar Negri

Tidak hanya dalam negeri, produk-produk terbaik Anda juga dapat dijangkau oleh konsumen dari luar negeri, seperti negara Singapura, Malaysia, Thailand, dan negara lainnya. Sangat menarik, bukan?


Baca juga: Tips Jualan di Tiktok Terbaru!


Cara Berjualan di Shopee


Ingin memulai jualan di Shopee, tapi belum tahu caranya? Berikut adalah cara-cara jualan di Shopee tahun 2022. Yuk simak!

1. Download dan Buat Akun Shopee

Jika Anda baru mengenal Shopee dan ingin memulai menjadi penjual, maka Anda diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, siapkan nomor hp dan email aktif, handphone atau laptop. Kemudian download di Playstore atau Appstore kemudian ketik “Shopee” pada kolom pencarian. Download dan tunggu hingga terinstal, bagi Anda pengguna laptop bisa membuka https://shopee.co.id pada browser. Setelah aplikasi telah siap, klik daftar dan pilih metode pendaftaran. Anda bisa menggunakan nomor handphone maupun email. Nantinya Anda akan dikirim kan kode OTP sebagai bentuk verifikasi ke nomor handphone/WhatsApp Anda. Setelah sukses, maka Anda dinyatakan telah memiliki akun Shopee.

2. Mulai Jualan

Langkah selanjutnya adalah mulai menjual produk-produk terbaik Anda di Shopee, dengan klik akun > klik mulai jual.


3. Lengkapi Persiapan Keseluruhan

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data yang dibutuhkan Shopee. Adapun data yang dimaksud antara lain sebagai berikut:


Setelah sebelumnya Anda klik tanda "mulai jual", selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini, langsung klik saja daftar sekarang.


Kemudian Anda akan diminta terkait informasi kelengkapan toko online Anda di Shopee meliputi nama toko, alamat toko, email, hingga nomor telepon.


Alamat dan Jasa kirim dapat Anda isi setelah meng klik bagian “Atur” pada tampilan sebelumnya.


Pastikan semua sudah terisi seperti contoh di atas ini, kemudian klik lanjut.


Selanjutnya Anda sudah dapat mengisi foto produk, usahakan sebaik mungkin dan sejelas mungkin. Hal ini juga termasuk data lainnya seperti, nama produk, deskripsi produk, kategori, merek, masa pengiriman dan seterusnya sampai lengkap. Kelengkapan data Anda di sini berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual.


Tips Pengelolaan Data Penjualan

Memiliki toko online sangat menguntungkan, ditambah lagi jika Anda memulai penjualan online Anda di marketplace ternama yaitu Shopee, Anda dapat menjangkau target pasar yang sangat luas baik seluruh kota, seluruh Indonesia, hingga dunia. Konsumen Anda tidak lagi hanya sebatas kenalan, teman, dan keluarga, tetapi lebih dari itu!

Ada satu tips tambahan lagi untuk Anda sebagai bonus, walaupun berjualan online Anda tetap memerlukan pembukuan yang rapi disaat pesanan menumpuk, dan jangan lupa Anda juga harus tetap memberikan struk bukti pembelian, semua hal itu jika Anda tulis secara manual tentu merepotkan bukan? Untuk itu Anda memerlukan yang satu ini, perkenalkan Posy! Yuk, download Posy sekarang!