Blog

Strategi Promosi: Pengertian, Manfaat, dan Tips

Tips Berbisnis
Promosi merupakan bagian penting saat akan memulai suatu bisnis. Sebagus apapun produk yang dijual, jika tidak dipromosikan dengan baik, maka tingkat penjualan pasti tidak akan meningkat. Itulah sebabnya, para pemilik bisnis harus memahami strategi promosi yang tepat sesuai dengan tren pasar saat ini.

Di era digital seperti sekarang ini, promosi tidak harus dilakukan secara langsung, tetap bisa juga dilakukan melalui internet. Justru, sudah ada banyak sekali fitur-fitur di media sosial yang disediakan untuk memaksimalkan strategi promosi dalam berbisnis.

Apa Itu Strategi Promosi?

Di tulis dalam Glints, strategi promosi adalah keseluruhan rencana perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap produk atau layanan brand. Tujuan promosi ini dilakukan untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli dan memicu ketertarikan mereka untuk membeli.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk memasarkan suatu produk. Tapi, tidak semua strategi bisa diterapkan untuk segala jenis bisnis. Strategi pemasaran yang dilakukan harus disesuaikan dengan target pasar dan jenis produk yang dijual.

Manfaat Menyusun Strategi Promosi

Menyusun strategi promosi akan mendatangkan banyak manfaat. Salah satu manfaat utamanya adalah meningkatkan penjualan.
Ketika bisnis Anda melakukan promosi, maka keberadaan bisnis akan disadari oleh calon pembeli. Setelah menyadari tentang keberadaan bisnis Anda, mereka akan melakukan pertimbangan untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan. Jika pada akhirnya para calon pembeli memutuskan untuk membeli produk, maka bisnis Anda akan mendapatkan penjualan baru yang berawal dari promosi.
Karena berkaitan erat dengan penjualan dan keberhasilan bisnis, maka strategi pemasaran sangat penting untuk dilakukan. Setiap pemilik bisnis harus bisa menentukan cara mempromosikan produk yang ditawarkan secara kreatif.

Macam-macam Strategi Promosi Terkini

Seperti yang disebutkan di awal, menjalankan strategi pemasaran harus disesuaikan dengan tren pasar. Di masa kini, ada beberapa strategi promosi yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Bergabung ke komunitas bisnis

Kalau Anda adalah pemilik bisnis pemula, maka bergabung ke komunitas bisnis akan sangat membantu untuk mempromosikan bisnis tersebut. Melalui komunitas, Anda bisa memperluas relasi dengan pebisnis lain. Dari sana, Anda bisa mendapatkan masukan dan juga ide-ide baru untuk melakukan promosi. Anda juga bisa melakukan promosi ke anggota komunitas tersebut.

2. Melakukan promosi di media sosial

Saat ini, melakukan promosi di media sosial tengah menjadi suatu tren yang menguntungkan. Di berbagai media sosial, telah tersedia fitur pemasangan iklan untuk mempromosikan bisnis. Misalnya seperti fitur Instagram Ads, Twitter Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, dan lain sebagainya. Manfaatkanlah fitur-fitur tersebut untuk menjalankan strategi bisnis Anda.
Baca juga: 8 Tips dan Cara Jualan di Tiktok Terbaru!

3. Menggunakan jasa KOL untuk endorsement

KOL atau Key Opinion Leader adalah orang-orang yang dianggap ahli dalam bidang atau industri tertentu, sehingga opini yang mereka berikan seputar bidang tersebut pasti didengar oleh banyak orang. Anda mungkin juga mengenal KOL dengan istilah influencer. Sebagai salah satu strategi promosi, coba gunakan jasa influencer untuk melakukan endorsement produk.

4. Membuat website

Saat ini, website berperan penting sebagai ‘lapak’ dari suatu toko online. Pada bisnis offline, toko menjadi tempat bagi pebisnis untuk berjualan. Namun, pada bisnis yang berbasis online, website yang akan digunakan sebagai tempat pembeli untuk datang dan melakukan transaksi.
Di website, Anda bisa menjalankan strategi promosi, misalnya memberikan potongan untuk pembelian yang dilakukan melalui website, memberikan informasi tentang promo terbaru melalui newsletter, dan lain sebagainya.

5. Beri fasilitas gratis ongkir

Banyak pembeli yang tidak bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos kirim alias ongkir. Sehingga, mereka lebih tertarik membeli produk yang menyediakan fasilitas gratis ongkir. Memberikan fasilitas gratis ongkir bisa menjadi salah satu strategi promosi yang menarik, khususnya jika bisnis Anda masih baru.

6. Mengadakan giveaway

Ada juga cara lain untuk melakukan promosi di media sosial, yaitu mengadakan giveaway. Giveaway dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memberikan kuis atau challenge tertentu dan pemenangnya mendapatkan kesempatan untuk memperoleh hadiah berupa produk dari bisnis Anda. Melalui giveaway, Anda bisa meningkatkan awareness calon pembeli terhadap bisnis.

7. Berjualan di marketplace

Saat ini sudah banyak marketplace yang bisa dijadikan tempat untuk berjualan. Marketplace biasanya sudah menyediakan fitur untuk melakukan strategi promosi, seperti fitur pemasangan iklan, laporan penjualan, dan lain sebagainya. Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi, apalagi jika Anda belum pernah mencoba untuk mempromosikan produk sebelumnya.

8. Memberikan garansi untuk produk yang dibeli

Memberikan garansi produk juga menjadi salah satu strategi promosi yang bisa diterapkan. Garansi bisa diberikan selama jangka waktu tertentu untuk mengganti produk yang rusak dengan produk baru. Jangka waktu garansi bisa ditentukan sendiri oleh pemilik bisnis, disesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya, untuk produk elektronik, biasanya masa garansinya akan lebih panjang.

Itulah beberapa strategi promosi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Nah, kini Anda sudah mengetahui strategi promosi terkini. Namun, agar kegiatan bisnis semakin maksimal lagi, lengkapi juga kegiatan bisnis Anda dengan memanfaatkan aplikasi Point of Sale (POS) atau kasir online seperti Posy.

Posy bisa digunakan untuk manajemen operasional dan administrasi bisnis. Dengan memanfaatkan aplikasi Posy, maka produktivitas dan manajemen bisnis bisa semakin ditingkatkan. Kegiatan promosi pun bisa dilakukan melalui aplikasi Posy. Jadi, jika Anda masih mengelola operasional bisnis secara manual, sekarang saatnya untuk beralih ke Posy.