Blog

5 Tips Membangun Website Bisnis untuk Meningkatkan Sales

Tips Berbisnis
tips membangun website bisnis
Di era digital, website sudah menjadi kebutuhan untuk mengembangkan bisnis. Tidak hanya aktif melalui media sosial, brand dengan website yang bagus lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen. Dikutip dari jurnal.id, website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui internet. Di dalamnya terdapat informasi yang disediakan oleh perorangan, kelompok atau organisasi.

Membangun website bisnis dapat membantu branding dengan meningkatkan brand awareness. Pada website bisa dicantumkan berbagai keterangan mengenai brand dan produk yang dihasilkan. Selain itu dengan membangun website bisnis, kamu juga bisa meningkatkan penjualan. Baik dengan cara transaksi langsung melalui website atau mengarahkan konsumen ke toko online dan customer service.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu tidak bisa membangun website bisnis dengan asal-asalan. Website yang dibuat harus tampak profesional dan dikelola dengan baik. Website yang tidak dikelola justru bisa membuat konsumen curiga dengan kredibilitas brand dan kualitas produk yang dihasilkan. Jadi ketika sudah memutuskan untuk membangun website bisnis, harus benar-benar serius. Berikut ini 5 tips mengelola website bisnis yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan peforma website.

Tips Membangun Website Bisnis

1. Membuat Desain dan Template

Langkah pertama untuk membangun website bisnis adalah menentukan desain dan template yang akan digunakan. Pilihlah desain yang sesuai dengan gaya brand bisnis kamu. Misalnya memiliki tone warna, grafis, dan gaya Bahasa yang sama. Sehingga orang akan langsung tahu dan tidak asing ketika melihat website yang dibuat. Kemudian gunakan template yang menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung. Website yang terlalu kompleks dengan tatanan yang tidak pas, membuat pengunjung kesulitan dan malas untuk mengeksplorasi websitemu.

Tentukan juga fitur yang akan kamu letakkan pada saat membangun website bisnis. Misalnya menentukan jumlah kolom, menu apa saja yang akan ditampilkan, mencantumkan nomor telepon, keranjang dan metode check out dan sebagainya. Jika menginginkan website dengan tampilan yang menarik dan fitus lengkap memang kamu harus meminta tolong pada profesional.

2. Konten yang Menarik

Setelah selesai menentukan ‘penampilan’ ketika membangun website bisnis, bagian penting selanjutnya adalah menentukan ‘isi’. Informasi apa saja yang akan kamu cantumkan di dalam website. Misalnya deskripsi singkat mengenai bisnis, deskripsi produk, blog untuk menulis artikel dan tulisan lainnya yang bisa memberikan informasi bagi pengunjung. Beberapa kriteria konten yang menarik adalah sebagai berikut:

· Memberikan informasi yang cocok dan dibutuhkan oleh pengunjung. Buatlah artikel yang sesuai dengan produk yang dijual. Misalnya konten berisi tips, cara pemakaian, cara membuat dan aneka informasi seputar produk yang bermanfaat bagi konsumen.
· Konten menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Kebanyakan orang malas membaca konten yang panjang dan terlalu rumit.


3. Menambah Konten Visual

Website akan tampak membosankan jika hanya berisi tulisan. Gunakan konten visual yang menunjang tulisan pada saat membangun website bisnis. Pilihlah konten visual yang bagus dan ditempatkan secara proporsional pada website. Konten visual bisa berupa foto, grafik, ilustrasi, infographic dan video. Konten visual ini juga akan menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka betah menelusuri website.

Baca juga: 6 Cara Untuk Membuat Konten Bisnis Agar Penjualan Meningkat!

4. Optimasi Website

Tips mengelola website bisnis agar bisa meningkatkan sales adalah dengan melakukan optimasi. Beberapa poin optimasi yang tidak bisa kamu abaikan adalah sebagai berikut:

· Menggunakan Kata Kunci
Kata kunci berguna untuk membantu website dikenali oleh mesin pencari, sehingga mesin pencari bisa menampilkan websitemu ketika kata kunci tersebut diketik. Misalnya ada ornag yang mengetik kata kunci ‘sepatu olahraga’ pada Google. Jika websitemu mengandung banyak kata kunci tersebut, maka kemungkinan Google menampilkannya pada halaman pertama akan semakin tinggi. Hasilnya websitemu akan mendapatkan lebih banyak kujungan.

· Mudah Diakses dan Responsif
Jaman sekarang kalau websitemu loadingnya terlalu lama pasti akan ditinggalkan pengunjung. Banyak juga yang mengakses website melalui handphone. Jadi tips mengelola website bisnis, butalah website yang mobile-friendly dan nyaman dibuka melalui handphone.

· Navigasi yang Mudah
Gunakan navigasi website yang mudah dimengerti oleh pengunjung. Untuk mengetahui seperti apa navigasi yang memudahkan pengunjung, kamu bisa melakukan mini riset. Misalnya dengan melihat website kompetitor atau membuat kuesioner.

· Call to Action
Call to Action (CTA) berfungsi sebagai trigger bagi pengunjung agar mereka melakukan sesuatu. Misalnya kamu menambahkan kalimat yang mengajak pengunjung website untuk melakukan pembelian segera, melihat katalog atau menghubungi customer service.

· Menambahkan Katalog Produk
Agar bisa meningkatkan penjualan, tambahkanlah katalog produk pada website. Katalog ini menjadikan website menjadi etalase penjualan yang bekerja selama 24 jam. Karena bisa diakses kapan saja. Buatlah katalog dengan visual yang baik. Dilengkapi dengan deskripsi yang jelas, lengkap namun tetap singkat saja.

· Promosi
Tips mengelola website bisnis selanjutnya adalah melakukan promosi website dengan cara mencantumkannya pada setiap brosur, poster, surat, kartu nama dan sebagainya. Promosi juga bisa dilakukan melalui media sosial dengan mengarahkan follower agar berkunjung ke website.


5. Maintaining Secara Rutin

Setelah website jadi dan siap digunakan, bagian yang tidak boleh ditinggalkan adalah maintaining. Agar website selalu dalam keadaan prima dan tidak ada kendala ketika diakses. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, mungkin kamu membutuhkan pegawai yang memang mengerti bagaimana cara mengelola website.

Baca juga: 7 Tips Menjalankan Franchise Minuman!

Membangun website bisnis membantu memaksimalkan digital marketing. Selain menggunakan media sosial, website sangat menbantu meningkatkan penjualan dari pengunjung yang membuka mesin pencari. Lakukan tips mengelola website bisnis yang sudah dibahas di atas agar websitemu menarik dan optimal menghasilkan sales.


Agar bisnis berjalan lancar dan semakin efisien, cobalah gunakan aplikasi kasir online. Rekomendasi kasir online yang mudah digunakan adalah Posy Kasir Online. Selain mudah digunakan, kamu juga akan mendapatkan panduan dari customer service. Mengenai bagaimana panggunaan Posy Kasir Online hingga tips menjalankan bisnis agar bisa bertahan dan sukses di tengah banyak persaingan. Yuk, download Posy sekarang!