Blog

Cara Simpan Frozen Food Agar Tahan Lama

Tips Berbisnis
cara simpan frozen food
Frozen food merupakan alternatif makanan instan namun masih tetap bergizi. Frozen food mudah untuk disajikan dan jika tahu cara simpan frozen food agar tahan lama, masa simpannya bisa samlai setahun penuh. Beberapa contoh frozen food yang popular adalah nugget, bakso, seafood, sosis, ketang goreng, dan aneka sayuran beku. Pada dasarnya, frozen food adalah makanan yang diawetkan dengan cara dibekukan. Karena semakin banyak konsumennya, bisnis frozen food mulai digemari. Selain itu, jenis makanan ini bisa dikirim ke berbagai daerah, sehingga bisa dijual secara online malalui media sosial dan market place.

Dikutip dari detik.com, menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food, yaitu pelanggan, produk dan brand. Bagi mereka yang ingin memulai bisnis frozen food harus memperhatikan jenis makanannya, apakah sudah memiliki brand yang dikenal atau belum, apakah sudah memiliki konsumen dan produknya seperti apa. Tentu saja harus memilih produk yang enak dan berkualitas.

Selain produk, cara simpan frozen food agar tahan lama juga sangat penting diketahui oleh pebisnis. Karena, cara simpan frozen food yang tidak benar, menyebabkan produk cepat rusak dan tentu saja menyebabkan kerugian. Berikut ini beberapa tips menyimpan frozen food agar lebih awet. Agar bisnismu cepat berkembang dan meraup banyak keuntungan.

Tips Menyimpan Frozen Food Agar Tahan Lama

1. Cara Penyimpanan di Freezer yang Benar

Meskipun tampak mudah, banyak orang yang belum menyadari bagaimana cara simpan frozen food agar tahan lama di freezer. Setelah membeli lakukan langkah-langkah berikut: 

  • Langsung dimasukkan ke dalam freezer
Cara simpan frozen food agar tahan lama setelah membeli, langsung masukkan ke dalam freezer, bukan chiller. Hal ini menjaga agar kualitas makanan tetap baik dalam jangka waktu yang lama.

  • Simpan dalam Wadah Tertutup
Simpan frozen food agar tahan lama selanjutnya adalah memasukkan dalam wadah tertutup, terutama ketika sudah dibuka dari wadah aslinya. Jadi kamu harus menyiapkan wadah-wadah tertutup jika membeli frozen food curah. Wadah tertutup menjaga tekstur, rasa dan warna makanan. Jika menyimpan dalam plastic, lebih baik menggunakan vakum. Karena udara di dalam plastic membuat makanan lebih cepat menurun kondisinya.

  • Freezer Jangan Sampai Penuh
Tips menyimpan frozen food selanjutnya adalah usahakan agar freezer tidak terlalu penuh agar tidak mengganggu sirkulasi udara di dalamnya. Sirkulasi udara yang buruk membuat makanan lebih cepat menurun kualitasnya.

  • Menjaga Suhu Tetap Stabil
Cara simpan frozen food agar tahan lama adalah menjaga suhu tetap stabil dalam kisaran -18 derajad celcius. Dalam suhu ini, makanan bisa bertahan hingga satu tahun. Untuk stok produk, simpanlah dalam freezer khusus agar tidak terlalu sering dibuka dan ditutup. Suhu freezer -6 ℃ cenderung hanya bisa mempertahankan kualitas frozen food maksimal dalam jangka waktu 1 minggu. Pada susu berkisar -12 ℃ makanan akan tetap dalam keadaan baik hingga 1 bulan. Terakhir apabila freezer memiliki suhu -18 ℃, maka frozen food akan mampu bertahan hingga 3 bulan. Jadi suhu -18℃ sangat ideal untuk penyimpanan jangka panjang.

2. Pilih Produk dengan Cermat

Ketika memilih frozen food, periksalah kemasannya terlebih dahulu. Jika terdapat kristal es di dalamnya, berarti produk tersebut sudah pernah mencair dan dibekukan kembali. Bahan makanan yang masih segar biasanya tidak berbentuk seperti balok es yang sangat keras. Jika sudah terlanjur membeli frozen food seperti ini usahakan segera laku dan tidak tersimpan dalam jangka waktu lama.

3. Pisahkan Berdasarkan Jenisnya

Ketika membuka usaha frozen food, cara simpan frozen food agar tahan lama adalah dengan terlebih dahulu kamu harus menyiapkan tempat penyimpanan yang memadai. Pisahkan frozen food sesuai jenisnya. Misalnya antara daging dan olahannya dengan sayuran atau makanan siap saji. Agar aromanya tidak tercampur.

Baca juga: Cara Packing Frozen Food Dengan Benar! 


4. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Agar bisnis frozen food tidak mengalami banyak kerugian karena ternyata ada produk yang kadaluwarsa, kamu perlu manajemen stok dengan baik. Ikuti tips menyimpan frozen food berikut ini: 

  • Tulis tanggal kadaluwarsa
Biasanya, tanggal kadaluwarsa sudah tertera pada kemasan. Tapi jika kamu membeli curah dan mengemas ulang, selalu tulis kembali tanggal kadaluwarsa. Jenis makanan yang dapat dibekukan pada freezer memiliki karakteristik dan durasi tertentu. Misalnya daging mentah bisa disimpan dalam freezer selama 4-12 bulan, daging cincang mentah bertahan hingga 3-4 bulan, daging unggas mentah bertahan selama 9-12 bulan. Untuk jenis bahan yang sudah dimasak lalu akan dibekukan seperti ikan atau unggas, kualitasnya akan tetap baik selama 2-4 bulan. Sementara untuk jenis buah beku dapat bertahan hingga 6 bulan.

  • Letakkan stok lama dibagian atas
Selalu tempatkan stok lama pada bagian atas atau yang paling mudah dijangkau. Jangan sampai stok lama berada di bagian bawah.

  • Gunakan kartu stok
Tips menyimpan frozen food selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu stok yang ditempel maupun dalam bentuk digital memudahkan kamu untuk mengetahui stok yang tersisa dan akan segera kadaluwarsa.

5. Penyimpanan Kedap Udara

Cara simpan frozen food agar tahan lama adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Menyimpan frozen food dalam kemasan kedap udara menjaga agar makanan tidak tercemar bau dari produk lainnya. Selain itu juga mencegah produk cepat rusak karena udara dan kelembaban yang ada di dalam wadah.

Itulah tips menyimpan frozen food yang bisa kamu lakukan. Selain penyimpanan, manajemen bisnis juga sangat penting. Kamu bisa mudah mengelola bisnis hanya dengan menggunakan satu aplikasi. Posy Kasir Online membantu mencatat transaksi dan stok secara digital. Tidak perlu lagi menulis secara manual. Semua data tersaji dalam aplikasi sesuai dengan transkasi yang terjadi. Posy juga menghadirkan komunitas untuk semua mitra bisnis. Kamu bisa mendapatkan ilmu baru, menambah dan membangun networking serta mendapatkan program khusus hanya untuk member. Yuk, langsung download Posy sekarang!