Blog

Cara Jadi Agen Frozen Food? Ini Langkah-langkahnya

Tips Berbisnis
cara jadi agen frozen food
Saat ini, bisnis makanan memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Salah satu bentuk bisnis makanan yang bisa dijalankan oleh pemula adalah menjadi agen penjual frozen food. Lantas, sudah tahukah Anda bagaimana cara jadi agen frozen food pemula?

Menjadi agen frozen food sebenarnya tidak sulit. Namun, sebagai pemula, akan ada banyak hal yang perlu didalami dan dipersiapkan supaya tidak salah langkah. Simak informasi lengkap mengenai cara jadi agen frozen food pemula di artikel ini, ya.

Cara Jadi Agen Frozen Food untuk Pemula

Menurut Kontan, berdasarkan hasil prediksi dari Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), diduga bahwa nilai pasar frozen food bisa mencapai Rp 200 triliun di tahun 2025. Sebab, semakin banyak pebisnis pemula yang terjun ke dunia bisnis frozen food dan kehadiran frozen food memang masih sangat dibutuhkan di banyak industri.

Dengan menjadi agen frozen food, Anda bisa membantu dalam memberikan pasokan frozen food untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan di unit bisnis lain seperti restoran atau kafe. Berikut ini langkah-langkah cara jadi agen frozen food pemula.

1. Pelajari Sistem Kerja Bisnis Frozen Food

Setiap bentuk bisnis pasti memiliki cara kerja yang berbeda. Hal ini harus dipelajari dan menjadi cara jadi agen frozen food yang pertama. Dalam bisnis makanan beku, Anda akan bekerja sebagai agen atau distributor perorangan yang menyalurkan produk makanan beku dari merek tertentu ke pasaran. Bisa dibilang, Anda berperan sebagai penengah yang memperkenalkan sekaligus menjual produk dari produsen ke konsumen.

2. Memilih Jenis Frozen Food yang Mau Dijual

Cara jadi agen frozen food yang kedua adalah menentukan jenis makanan beku apa yang akan dijual. Setiap produsen atau pabrikan merek makanan beku biasanya sudah menyediakan lebih dari satu jenis makanan beku.

Baca juga: 15 Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Untung Besar!

Tapi, Anda bebas menentukan apakah akan menjual seluruh jenis tersebut atau mau berfokus pada makanan beku jenis tertentu saja. Saat ini, makanan beku yang umum dipasarkan meliputi sosis, bakso, ham, keju, nugget, produk olahan cabai, dan lain sebagainya.

3. Cari Supplier Frozen Food

Sebagai agen frozen food, Anda hanya berperan sebagai penengah dan tidak perlu memproduksi makanan beku sendiri dari awal. Artinya, cara jadi agen frozen food yang ketiga adalah menentukan supplier atau pemasok.

Pilihlah brand atau merek makanan beku yang namanya sudah cukup dikenal oleh masyarakat untuk menghindari risiko tidak laku. Produk makanan beku dari merek ternama biasanya lebih berpotensi untuk terjual dengan cepat karena sudah terpercaya kualitasnya.

4. Mempersiapkan Alat Penunjang Bisnis

Setelah mendapatkan pemasok, cara jadi agen frozen food yang selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk menunjang bisnis makanan beku ini. Makanan beku yang dikirim oleh pemasok harus segera dipersiapkan dan disimpan agar kualitasnya tidak menurun.
Sebagai seorang agen frozen food, alat yang harus Anda miliki adalah freezer, vacuum sealer, peralatan untuk packing frozen food, jaringan internet, serta smartphone untuk memudahkan dalam melakukan interaksi dengan calon pembeli.

Baca juga: Tips Menentukan Harga Food Delivery Agar Tidak Rugi!

5. Menghitung Modal Awal yang Dibutuhkan

Untuk memulai suatu bisnis, tentunya Anda akan memerlukan modal. Oleh sebab itu, cara jadi agen frozen food yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Anda harus menghitung modal yang diperlukan sejak awal supaya di tengah proses berjalannya bisnis tidak ada hambatan karena kendala biaya.

Saat baru mulai jadi agen, Anda akan memerlukan modal untuk membeli peralatan penunjang, memasok dan mengantarkan makanan beku, dan lain sebagainya. Dalam anggaran modal awal, buat juga estimasi potensi pendapatan yang diperkirakan akan didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

6. Menentukan Target Pasar

Cara jadi agen frozen food yang selanjutnya adalah menentukan target pasar. Dalam hal ini, target pasar yang dimaksud adalah orang-orang yang ditargetkan akan menjadi calon pembeli. Anda bisa memilih target pasar yang tersegmentasi, misalnya menargetkan untuk memasarkan produk ke ibu-ibu rumah tangga, ibu-ibu dari komunitas tertentu, mahasiswa rantau, dan lain sebagainya.

Nantinya, strategi promosi akan disesuaikan dengan target pasar tersebut. Misalnya, kalau menargetkan ibu-ibu, maka promosi bisa dilakukan melalui grup WhatsApp. Sementara, jika menargetkan mahasiswa dan anak muda, maka bisa membuat promosi dengan menyediakan layanan gratis ongkos kirim ke tempat kos.

7. Mendaftar ke Marketplace Online

Cara terakhir yang perlu dilakukan sebagai cara jadi agen frozen food adalah mendaftar ke situs atau aplikasi marketplace online. Dengan mendaftar ke marketplace, bisnis Anda punya peluang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa Anda akan menemukan lebih banyak kompetitor yang menjual produk makanan beku serupa di marketplace.

Kalau Anda menerapkan tujuh langkah cara jadi agen frozen food pemula di atas, pasti bisa sukses memulai bisnis makanan beku meski baru pertama kali. Selain itu, supaya proses bisnis berjalan semakin lancar, sebaiknya gunakan aplikasi Point of Sales (POS) atau kasir online untuk menunjang operasional bisnis.

Salah satu aplikasi kasir online yang bisa digunakan untuk cara jadi agen frozen food adalah Posy. Posy bisa membantu mengelola operasional bisnis frozen food yang dijalankan, mulai dari mencatat data transaksi, mendata jumlah stok barang yang tersisa, memberikan laporan hasil penjualan secara real time, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau Anda ingin sukses menjalankan bisnis makanan beku, sebaiknya terapkan ketujuh cara jadi agen frozen food di atas dan jangan lupa juga gunakan Posy untuk memaksimalkan operasional bisnis yang lebih lancar dan terhindar dari risiko human error. Yuk, download Posy sekarang!