Blog

10 Inspirasi Usaha Kekinian untuk Milenial

Tips Berbisnis
Keinginan memulai bisnis seringkali menemui kendala atau tantangan untuk memulai langkah pertama. Bisa dikarenakan kurang yakin dan percaya diri, rasa takut akan kegagalan dan tidak ada ide atau inspirasi usaha. Hal semacam ini sangat lumrah dan umum terjadi. Semua yang baru pertama kali memang rasanya lebih berat untuk dilakukan.

Inspirasi usaha maupun ide bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk bisnis atau usaha yang sudah terlebih dahulu sukses dijalankan orang lain. Produk atau jasa yang ditawarkan bisa saja sama atau mirip. Tapi dengan kreativitas, bisnis kamu pasti memiliki ciri khas khusus yang membedakan dengan orang lain. Untuk menjalankan bisnis yang sudah ada kompetitornya dibutuhkan kreativiras. Istilah popularnya melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Memperlajari bisnis yangs sudah dijalankan oleh orang lain, kemudian mengembangkan dengan kreativitas sendiri.


Berikut ini 10 inspirasi usaha kekinian yang bisa kamu jalankan


1. Desain Hantaran dan Mahar

Pasangan pengantin jaman sekarang banyak yang menginginkan desain hantaran dan uang mahar terlihat cantik dan menarik. Agar hantaran dan mahar yang diberikan menjadi lebih berkesan. Karena pernikahan akan selalu ada, maka inspirasi usaha rumahan membuat desain hantaran dan mahar bisa kamu coba.

2. Sewa Baju dan Kostum

Berfoto dan mengabadikan momen menjadi kegemaran anak-anak jaman sekarang. Para milenial mau merogoh kocek sewa baju atau kostum demi mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus dan berkesan. Kamu bisa menyewakan baju adat, pakaian tradisional mancanegara, gaun, dan aneka kostum yang lucu dan kekinian.

3. Thrifting

Baju-baju bekas yang masih layak digunakan semakin banyak peminatnya. Anak-anak muda jaman sekarang tidak malu untuk berburu baju-baju bekas di thrift shop. Apalagi kalau bajunya sudah bersih, wangi dan siap pakai.

4. Make Up Artist (MUA)

Banyak yang membutuhkan dandanan saat menghadiri berbagai acara, tapi tidak semua orang bisa berdandan sendiri. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi MUA. Untuk acara-acara seperti resepsi, kondangan, wisuda dan masih banyak lagi. Keuntungannya juga lumayan dengan modal awal perlengkapan make up dan kemampuan merias.

5. Membuat Konten

Kamu bisa editing video, foto dan membuat konten? Bisa loh jadi bisnis yang menguntungkan. Menjadi freelance membuat konten secara mandiri atau melalui agency digital. Konten merupakan kebutuhan primer untuk melakukan promosi. Banyak kantor dan bisnis yang membutuhkan content creator.

6. Fotografer

Inspirasi bisnis menjadi fotografer sangat cocok untuk kamu yang hobi memotret, bisa editing serta memiliki kamera sendiri. Bangun portofolio menggunakan media sosial dan mulailah menawarkan jasa foto. Kalau kamu tinggal di dekat area wisata bisa juga menawarkan jasa foto dengan kostum pakaian tradisional.

7. Penulis Konten

Penulis konten atau content writer serta copywriter semakin banyak dibutuhkan. Untuk membuat tulisan SEO atau copywriter berbagai kebutuhan. Inspirasi usaha rumahan ini hampir tidak membutuhkan modal. Kamu cukup memiliki PC atau leptop dan sambungan internet.

8. Jual Sembako dan Sayur Online

Mereka yang sibuk bekerja, suka praktis dan tidak selalu memiliki waktu untuk berbelanja kebutuhan dapur. Inspirasi usaha sembako dan sayur cocok untuk kamu yang tinggal di area perumahan atau kota. Dimana penduduknya banyak yang bekerja atau mahasiswa. Berikan promo menarik seperti diskon atau gratis ongkos kirim dalam jarak tertentu untuk menarik minat customer ya.

9. Frozen Food dan Makanan Siap Saji

Frozen food dan makanan siap saji semakin banyak diminati karena praktis. Kamu juga tidak membutuhkan banyak tempat, cukup menyediakan freezer untuk menyimpan makanan. Beberapa produk yang bisa kamu jual adalah sosis, nugget, kentang, ayam berbumbu yang siap digoreng atau dimasak dan aneka makanan siap saji lainnya. Karena bisa dikirim, kamu bisa memasarkan secara online menggunakan platform jual beli yang sudah ada.

10. Bisnis Camilan atau Dessert

Camilan kekinian seperti makaroni pedas, mie lidi, aneka keripik bisa menjadi inspirasi usaha yang cocok untuk kamu. Camilan tahan lama dan bisa dikemas dengan menarik. Rasanya juga mudah dibuat beragam dengan membeli bumbu instan, sehingga proses pembuatannya tidak ribet. Selain camilan, kamu yang bisa membuat aneka dessert seperti kue dan ice cream juga bisa memanfaatkan keahlian itu untuk memulai bisnis.

Ada banyak inspirasi usaha kekinian yang bisa kamu coba. Paling penting adalah keberanian untuk memulai dan mempersiapkan dengan matang.

Berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis terutama bagi pemula

1. Membuat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis adalah tantangan tersediri, tapi proses ini sangat penting. Agar bisnis yang akan dijalankan terarah dan lebih jelas. Termasuk di dalamnya bagaimana rangangan keuangan dan metode pemasaran yang akan dilakukan. Kesuksesan bisnis, tidak hanya bertumpu pada kualitas produk saja. Tapi keseluruhan proses bisnis itu berjalan.

2. Networking

Semakin besar lingkar pertemananmu, terutama rekan-rekan yang juga menjalankan bisnis penting untuk perkembangan usaha. Karena kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti belajar dari orang lain dan relasi baru. Konsumen baru dan Kerjasama bisnis terbentuk ketika kamu bertemu dengan semakin banyak orang.

3. Semangat untuk Terus Belajar

Belajar dibutuhkan untuk menambah pengetahuan dan memunculkan kreativitas. Miliki semangat belajar hal baru terutama yang berhubungan dengan bisnis. Termasuk mengikuti perkembangan teknologi dan pemasaran digital.

4. Pantang Menyerah dan Evaluasi

Memang tidak mudah membuat bisnis menjadi sukses dan besar. Banyak tantangan dan merasakan kegagalan itu sudah pasti terjadi. Selalu lakukan evaluasi berkala dan pantang menyerah untuk membesarkan bisnis.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Online

Aplikasi kasir online akan sangat memudahkan kamu menjalankan bisnis. Mencatat secara manual itu sudah ketinggalan zaman dan ribet. Dengan kasir online semua transaksi akan tercatat secara otomatis dan pelayanan kepada customer akan lebih maksimal. Rekomendasi aplikasi kasir online yang menawarkan berbagai kemudahan adalah Posy Kasir Online. Kamu akan dipandu oleh Customer Servise untuk menggunakan Posy dan mendapatkan saran bagaimana cara untuk meningkatkan keuntungan. Posy Kasir Online bisa kamu unduh melalui Play Store atau klik di sini ya!