Blog

20 Rekomendasi Bisnis Frozen Food Terlaris

Tips Berbisnis
bisnis frozen food terlaris
Bisnis frozen food kini semakin menjanjikan, bahkan sudah banyak pelaku yang terjun ke bisnis ini. Tak heran, jika bisnis makanan yang satu ini menjadi peluang yang menjanjikan di tahun 2023. Dilansir Kompas, frozen food merupakan makanan kemasan yang diawetkan dengan cara dibekukan. Cara menghidangkannya sangat praktis dan hemat waktu karena biasanya frozen food hanya perlu digoreng atau dihangatkan sebelum dikonsumsi.

Selain praktis, frozen food juga tahan lama dan tidak cepat basi sehingga makanan beku ini dapat dijadikan stok cadangan makanan untuk jangka waktu yang panjang. Tak heran, makanan ini jadi barang jualan yang laris manis. Saat ini aneka frozen food terlaris semakin banyak diminati karena memiliki pilihan varian, jenis, dan rasa yang semakin beragam.

Rekomendasi Bisnis Frozen Food Berpotensi Terlaris di Tahun 2023


Ada banyak macam-macam rekomendasi frozen food terlaris yang bisa kamu pilih dan jual, mulai dari lauk pauk, seperti chicken nugget, ayam potong, siomay, bakso ikan, hingga makanan siap saji, berupa lauk matang atau rice box.

1. Sosis

Rekomendasi frozen food terlaris yang pertama adalah sosis. Mulai dari sosis paling murah hingga paling mahal, sosis memiliki pasarnya sendiri, dan menjadi makanan beku yang wajib ada di kulkas kamu. Ada berbagai macam jenis sosis, yakni mulai dari jenis bahan, ukuran, hingga mereknya. Untuk jenis sosis yang murah, kamu bisa beli sosis curah tanpa merek.

Namun, jika kamu mau jual sosis yang berkualitas, kamu bisa beli sosis dari supplier sosis merek ternama, seperti So Good, So Nice, hingga Kanzler. Dari merek tersebut, masing-masing juga memiliki varian yang beragam, seperti sosis ayam, sosis sapi, sosis isi keju, hingga sosis berbumbu.

2. Nugget

Selain sosis, nugget juga menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris. Nugget menjadi makanan beku yang praktis, dan banyak peminatnya di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, jangan takut tidak laku jika kamu menjual nugget, karena peminatnya akan terus ada. Kamu hanya perlu pilih merek nugget yang paling laris dan populer di masyarakat, seperti Camp, So Good, So Nice, Fiesta, dan lainnya.

3. Fish stick

Fish stick juga menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris karena tengah populer dalam jajanan makanan kekinian saat ini. Sesuai dengan namanya, fish stick menggunakan bahan baku daging ikan, khususnya ikan tenggiri dan ikan kakap. Daging tersebut dipotong-potong sesuai ukuran, tanpa menggunakan campuran bahan lainnya. Daging ikan yang digunakan pada pembuatan fish stick ini tidak digiling.

4. Donat

Ribet kalau harus buat sendiri, membuat donat frozen menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris, yang cukup banyak peminatnya. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu menggorengnya saja untuk bisa menikmati donat kentang, yang lembut dan manis.
Satu pack donat frozen juga dijual dengan harga cukup murah, yakni mulai Rp15.000 isi 10 donat. Tersedia juga donat frozen ukuran besar, kecil, dan sedang, yang memudahkan pembeli untuk memilih.

5. Bakso

Jika dulu bakso sering dijual dalam bentuk makanan langsung, kini produk tersebut dapat dijual dalam bentuk frozen food. Hal ini membuat bakso dapat disimpan dalam jangka waktu lama di dalam freezer dan bisa dimasak kapan pun sesuai keinginan.

6. Cireng Beku

Rekomendasi frozen food terlaris selanjutnya adalah cireng dengan sambal rujak. Meski hanya terbuat dari tepung sagu, tapi makanan khas Indonesia ini, sangat diminati masyarakat di semua kalangan lho! Maka, jangan sampai lewatkan cireng beku untuk jadi ide jualan frozen food kamu. Harganya juga tergolong sangat murah, sehingga dengan harga jual yang kompetitif, bisa membuat perputaran penjualan semakin cepat.

7. Kentang Stik

Kentang stik beku merupakan salah satu rekomendasi frozen food terlaris dan populer. Kentang stik beku memiliki varian rasa yang beragam, ada varian rasa yang original dan ada pula yang berbumbu, seperti rasa keju dan barbeque. Frozen food ini juga dikenal dengan istilah french fries dan disajikan dengan cara digoreng di minyak terendam.

8. Dimsum

Dimsum merupakan makanan khas negeri tirai bambu yang diolah dengan cara dikukus. Dimsum berisi daging ayam, udang, atau jamur dengan tambahan sayuran seperti irisan wortel dan daun bawang. Biasanya, dimsum dijadikan camilan atau bekal anak ke sekolah karena penyajiannya yang praktis.

Dimsum merupakan salah satu rekomendasi frozen food terlaris dengan peluang bisnis yang menggiurkan. Dimsum biasanya dijual mulai dari Rp1.000–Rp4.000 per buahnya sesuai dengan varian rasa hingga ukurannya.

9. Bakpao Mini

Selanjutnya ada bakpao mini, yang bisa kamu masukkan ke jajaran rekomendasi frozen food terlaris. Karena, saat ini penjual bakpao gerobakan sudah langka, sehingga pembeli tetap bisa menikmati bakpao dengan membeli bakpao frozen.

Cara penyajiannya juga mudah, yakni kamu hanya tinggal mengukusnya seperti memasak dimsum. Varian rasanya juga banyak, mulai dari bakpao isi ayam cincang, kacang hijau, cokelat, selai stroberi, dan masih banyak lagi.

10. Risol Mayo

Bosan dengan risol yang isinya bihun? Risol mayo bisa jadi pilihan dan juga masuk sebagai rekomendasi frozen food terlaris karena cukup diminati masyarakat Indonesia. Makanan yang berisi mayones, telur rebus, dan daging ham ini, menjadi favorit masyarakat untuk camilan.

Banyak masyarakat yang memilih risol mayo beku, karena penyajiannya yang praktis, yakni hanya tinggal goreng di minyak panas. Jika tidak ingin dimakan semua, risol beku bisa disimpan kembali di lemari es.

Baca juga: Resolusi di tahun 2023! Salah Satunya Adalah Memulai Bisnis!

11. Siomay

Rekomendasi frozen food terlaris selanjutnya yang banyak diminati adalah Siomay. Bahan dasar siomay terbuat dari daging ikan atau ayam dan campuran tepung yang digiling. Sama seperti dimsum, siomay juga disajikan dengan cara dikukus.

Dari segi harga, siomay dan dimsum memiliki rentang harga yang hampir sama. Siomay dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp1.000-Rp3.000 per buahnya. Kamu juga bisa menjualnya dalam satu kemasan berisi 10 buah siomay dengan harga dimulai dari Rp13.000.

12. Dumpling

Semenjak viral makanan Thailand dan Korea, membuat dumpling menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris dan populer. Karena, dari berbagai jenis dumpling, pembeli bisa membuat berbagai menu makanan, seperti tom yum hingga shabu-shabu.

Selain itu, varian dumpling juga sangat banyak, jadi kamu harus tahu aneka dumpling yang sering dicari pelanggan. Yakni mulai dari crab stick, bakso ikan, tofu, bakso udang, tang bao, jiao zi, fish dumpling cheese, dan masih banyak lagi.

13. Sayuran

Sayuran beku juga merupakan salah satu rekomendasi frozen food terlaris dan banyak digemari. Sayuran beku biasanya disajikan sebagai menu makanan pendamping pada makanan utama, seperti steak, kari jepang, dan lainnya. Dalam satu kemasan, sayuran beku biasanya berisi campuran kacang polong, jagung, dan wortel segar. Namun, ada pula sayur beku yang hanya berisi satu jenis sayuran dalam satu kemasan.

Sayur beku dapat menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang tidak ingin repot memotong sayur. Selain itu, sayur beku dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan sayuran biasa selama disimpan di dalam lemari pendingin. Sayur beku biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp15.000 per 500 gram.

14. Kebab

Rekomendasi frozen food terlaris selanjutnya adalah kebab. Tak biasanya kebab dijadikan makanan beku, namun kali ini pembeli bisa dengan mudah menyantap kebab, hanya dengan menghangatkannya saja.

Di dalamnya juga sudah terdapat keju, saus, mayones, hingga sayuran. Kebab beku, biasanya tahan hingga satu bulan, jika kamu menyimpannya dengan benar di suhu yang tepat. Pengemasan kebab frozen, biasanya bisa dikemas dalam box yang berisi 5-10 kebab, sesuai ukurannya.

Harganya juga cukup murah, ketimbang beli langsung di tukang kebab. Maka tak heran jika banyak yang tertarik dengan kebab frozen ini.

15. Katsu

Katsu atau yang sering juga disebut dengan chicken katsu merupakan salah satu rekomendasi frozen food terlaris yang diminati. Makanan yang satu ini adalah jenis olahan berbahan dasar ayam fillet yang sudah dipisahkan dengan bagian tulangnya.

Ayam fillet tersebut lalu diberi bumbu seperti lada dan juga garam. Untuk bagian luarnya, juga dibalut dengan tepung panir serta telur. Frozen food seperti katsu bisa dijadikan makanan cadangan dan cara mengolahnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menggorengnya saja sampai kering dan juga renyah.

16. Pempek

Pempek merupakan olahan khas Palembang yang berbahan dasar ikan dengan campuran tepung kanji. Pempek frozen dapat disajikan dengan cara direbus atau digoreng. Biasanya, pempek dihidangkan bersama cuka atau kuah berwarna hitam pekat yang terbuat dari air, gula merah, dan bawang putih, serta bumbu lainnya sebagai pelengkap.

Pempek terdiri dari berbagai jenis, yaitu pempek lenjer, adaan, kapal selam, kulit, keriting, dan lainnya. Saat ini, pempek juga memiliki varian yang dimodifikasi dengan penambahan keju atau sosis sebagai isian.

17. Daging Sapi dan Ayam Beku

Selanjutnya, rekomendasi frozen food terlaris ini biasanya jadi kesukaan para ibu. Daging sapi dan ayam beku yang telah berbumbu juga menjadi penyelamat para ibu saat tidak ada waktu menyiapkan masakan sapi atau ayam.

Kadang memang ada perbedaan kualitas antara daging sapi ataupun ayam segar dengan yang beku. Namun, pada dasarnya kandungan gizinya tetap sama. Yang membedakan hanyalah cara pengolahannya. Tentu saja daging sapi atau ayam beku jauh lebih praktis dan hemat waktu penyajian.

18. Ikan dan Seafood

Selain daging sapi dan ayam beku, produk olahan ikan dan seafood juga menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris. Terlebih makanan ikan dan seafood lebih banyak kita temukan di restoran. Menyajikan berbagai hidangan laut yang lezat di rumah tentu jadi kesenangan tersendiri kan?

Frozen food jenis ini biasanya berupa ikan, udang, kepiting, hingga cumi. Dengan produk yang sudah beku dan berbumbu, konsumen cukup memanaskan sebentar sebelum menyajikannya buat keluarga. Praktis, enak, dan berasa menikmati makanan mewah.

19. Spring Rolls

Sekilas spring rolls ini mirip lumpia versi Indonesia. Isian dari spring rolls sendiri biasanya berupa beragam sayuran yang lezat. Cara penyajiannya mudah karena hanya cukup digoreng hingga matang. Produk ini bisa jadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris.

Spring rolls beku pada awalnya lebih banyak ditemukan di restoran-restoran. Namun, frozen food ini mudah juga kita temui di berbagai supermarket. Alahasil, makanan ala resto pun lagi-lagi dapat kita sajikan di rumah ya.

20. Pastel

Pastel menjadi salah satu rekomendasi frozen food terlaris yang berpeluang cukup menjanjikan untuk kamu jalankan. Pastel sendiri merupakan makanan sejenis pastry. Makanan ini dibuat dari olahan tepung atau kulit pangsit yang kemudian diberikan isi di dalam adonannya. Untuk bagian luarnya sendiri memiliki tekstur renyah sedangkan isiannya gurih atau manis.

Jika kamu berniat untuk memulai bisnis di ranah makanan, melakukan bisnis frozen food menjadi salah satu peluang yang baik di tahun 2023. Namun, untuk terus mendorong bisnis kamu menjadi lebih efisien dan menguntungkan, pastikan menggunakan aplikasi kasir Posy yang akan membantumu mencatat laporan penjualan dengan praktis dan otomatis.


Hadir dengan berbagai fitur, Posy dapat memberikanmu kemudahan dalam menjalankan bisnis. Mulai dari mengetahui transaksi harian, stok inventaris, hingga mencatat pelanggan setia. Kamu pun tidak perlu repot-repot merekrut tim khusus untuk mengelola operasional bisnis, karena semuanya bisa dikerjakan sendirian dengan memanfaatkan Posy.

Saatnya kamu membuktikan sendiri kehebatan aplikasi Posy untuk bisnismu. Siap untuk mengembangkan bisnis lebih pasti? Yuk, download Posy sekarang!