Blog

7 Tips untuk Memulai Bisnis Kopi Kekinian Agar Untung

Tips Berbisnis
tips untuk memukai bisnis kopi kekinian
Sebagai minuman yang diminati oleh banyak orang, tentunya bisnis kopi kekinian tidak pernah sepi peminat. Beberapa tahun ke belakang, bisnis kopi kekinian terus mengalami pertumbuhan yang amat pesat. Hal ini karena konsumsi kopi di Indonesia semakin meningkat.

Melansir Katadata, konsumsi kopi Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22%/tahun. Pada 2021, pasokan kopi diprediksi mencapai 795 ribu ton dengan konsumsi 370 ribu ton, sehingga terjadi surplus 425 ribu ton.

Hal ini jadi salah satu bukti kalau bisnis kopi kekinian memiliki peluang bagus bagi kamu yang berencana mulai merintis usaha sendiri. 

Tips Bisnis Kopi Kekinian Agar Untung

Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis kopi kekinian, kamu tentu perlu riset yang banyak tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini. Berikut 7 tips bisnis kopi kekinian agar banyak peminat dan untung.

1. Siapkan Konsep Bisnis

Tips bisnis kopi kekinian yang pertama adalah dengan membuat rencana bisnis khusus untuk kedai kopi. Buatlah beberapa rincian pertanyaan yang perlu kamu jawab sendiri seperti apa tujuan anda untuk membuka kedai kopi, apakah ada keunikan dari kedai kopi anda, siapa kompetitor kedai kopi, ingga target market yang dituju.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke dalam perhitungan yaitu dengan perkiraan modal kedai kopi juga keuntungannya. Jangan lupa untuk menyiapkan langkah-langkah sederhana tentang operasional usaha kamu dan bagaimana mempromosikan.

2. Tentukan Target Market

Seperti bisnis lainnya juga perlu menentukan siapa target market bisnis kopi kekinian kamu. Ketika kamu sudah mengetahui target market, maka kini bisa menentukan bagaimana konsep ruang dari usaha serta menghitung anggaran yang perlu dipersiapkan.

Sebagai contoh jika kedai kopi anda memiliki target anak muda khususnya kaum milenial, kamu juga bisa melengkapi menu kopi kekinian dengan beberapa pilihan pastry and bread dengan suasana yang hangat namun dinamis. Contoh lainnya adalah saat target market kamu, yaitu orang-orang yang bekerja di kantoran, kamu juga perlu memberikan suasana kedai kopi yang nyaman hangat dan juga fasilitas yang cukup seperti WiFi.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Tips bisnis kopi kekinian selanjutnya adalah memikirkan lokasi yang strategis karena menyangkut target market. Bila hanya memiliki modal sedikit, kamu bisa menyulap halaman rumah menjadi kedai kopi yang menarik. Cukup memanfaatkan bambu untuk membangunnya. Gunakan pula barang-barang bekas untuk menghias kedai tersebut.


Ingin lebih menarik minat para kaum muda, kamu bisa memberikan space outdoor yang beratapkan langit dengan pemandangan alam di sekitar. Lokasi ini akan sangat pas bila kamu tinggal di daerah pedesaan yang masih asri.

4. Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Walaupun dekorasi hanyalah pemanis bisnis kopi kekinian. Namun, jika keberadaan dekorasi tersebut dihilangkan, warung kopi akan menjadi membosankan. Itulah kekuatan dari dekorasi eksterior dan interior. Mereka mampu menarik mata pelanggan yang lewat di depan usaha warung kopi mu atau pun mampir di media sosial. Jangan meremehkan kekuatan dekorasi eksterior dan interior dalam mempopulerkan bisnis kopi kekinian.

Untuk mencari inspirasi, kamu bisa menyusuri media sosial kompetitor atau langsung mengunjungi warung-warung kopi hits. Pelajari kiat-kiat sukses mereka. Mungkin alasannya karena desain eksterior atau interior yang terbukti ampuh menarik pelanggan masuk dan menyesap kopi di sana.

Baca juga: Cara Jadi Agen Frozen Food! Untung Banget Loh!

5. Cari Supplier yang Tepat

Supplier atau pemasok adalah pihak ke 3 dalam bisnis yang menyediakan bahan baku. Menentukan supplier juga perlu riset dan uji coba. Karena untuk menyajikan kopi yang enak dan berkualitas, kamu perlu supplier yang tepat. Mulai dari rasa, service, harga, lokasi, dan lainnya.

Kamu bisa bertanya kepada teman dengan bisnis serupa karena biasanya mereka kenal beberapa supplier kopi, siapa tahu salah satunya cocok.

6. Urus Perizinan Usaha Sebelum Memulai

Tips bisnis kopi kekinian yang sering dilewatkan adalah mengurus perizinan usaha. Usaha yang memiliki perizinan akan lebih mudah melangkah kedepannya. Untuk itu, kamu perlu melegalkan bisnis kopi yang akan dikembangkan sebelum memulai.Kamu bisa mengurus surat-surat seperti SIUP atau TDP terlebih dahulu. Bisa juga mendaftarkan diri sebagai pelaku usaha UMKM ke dinas setempat.

7. Lakukan Promosi yang Tepat

Jangan lupakan promosi, sebab ini menjadi salah satu tips bisnis kopi kekinianmu sukses dan banyak dikenal masyarakat luas. Kamu bisa memanfaatkan media sosial atau bahkan iklan dalam bentuk soft selling melalui konten yang tepat. Semakin unik promosi yang kamu lakukan, maka akan semakin menarik bagi orang-orang. Sesuaikan aktivitas promosi ini dengan segmen pasar yang kamu tuju, agar hasilnya bisa tercapai dengan baik.

Baca juga: 10 Inspirasi Usaha Kekinian! 

Itulah beberapa tips bisnis kopi kekinian agar sukses dan mendapatkan untung. Setelah bisnis berhasil dijalankan dengan baik, kamu juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Jangan sampai keuntungan yang kamu dapatkan tidak dapat tercatat dengan benar. Hal ini tentu dapat membuat bisnis kopi kekinian merugi.

Catat semua kebutuhan dan keuntungan bisnis kopi kekinian melalui aplikasi kasir online, seperti Posy, yakni sistem Point of Sale multi platform berbasis cloud yang mampu membuat dan mengintegrasikan laporan transaksi penjualan baik di tempat maupun online secara real-time.

Aplikasi kasir Posy juga dapat membantu para pebisnis untuk menganalisis performa penjualan agar bisnismu dapat berjalan lebih maksimal. Mulai dari mengetahui stok inventaris bahan baku, mencatat laporan penjualan, hingga menganalisis penjualan dari waktu ke waktu. Yuk, download Posy untuk memudahkanmu dalam menjalankan bisnis sehari-hari!