Banyak yang tertarik untuk membuka toko sembako, karena bisnis ini sangat menjanjikan. Kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok membuat permintaan pasar tidak pernah sepi. Meskipun begitu, kamu harus tau cara mengambil keuntungan jualan sembako biar makin cuan. Jika tidak, bisa jadi bisnismu merugi walaupun ramai pembeli. Nah biar tidak gulung tikar, simak caranya di sini yuk.
Mencari Supplier dengan Harga Beli yang Rendah
Sebagai sumber keuntungan, penting sekali untuk mencari pemasok produk yang menjual dengan harga miring. Kamu bisa mulai dengan mencari pemasok di kotamu, terutama pemasok yang berlokasi dekat dengan toko sembakomu. Luangkanlah waktu untuk membandingkan satu toko dan toko lainnya.
Selain itu, bisa juga memeriksa harga dengan membandingkan harga di toko online. Setelah melihat perbedaan dari beberapa toko, pastikan untuk memilih toko yang menjual dengan harga lebih murah. Dengan mendapatkan harga beli yang rendah, kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa menaikkan harga jual pasaran.
Selain itu, bisa juga memeriksa harga dengan membandingkan harga di toko online. Setelah melihat perbedaan dari beberapa toko, pastikan untuk memilih toko yang menjual dengan harga lebih murah. Dengan mendapatkan harga beli yang rendah, kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa menaikkan harga jual pasaran.
Mengatur Stocking Produk dengan Teliti
Ketika mulai usaha sembako, pasti akan membeli barang grosir dan memiliki stok yang harus disimpan. Dalam mengatur stocking produk ada metode yang bisa digunakan, yaitu FIFO, First In First Out. Seperti namanya, manajemen ini mendahulukan barang yang masuk di awal untuk dijual. Metode ini cocok untuk bisnis yang memiliki masa kadaluarsa, seperti bisnis sembako.
Namun dengan banyaknya jumlah dan jenis produk, mungkin kamu akan kesulitan untuk memastikan apakah angka stok yang dimiliki sudah sesuai dengan kenyataannya.
Nah, untuk ini, kamu bisa menggunakan aplikasi point of sale untuk membantu manajemen stok. Dengan adanya perubahan jumlah stok setiap ada transaksi penjualan atau pembelian, kamu bisa mengetahui jumlah persediaan barang secara langsung.
Fitur ini juga akan mempermudahmu mengetahui jumlah stok yang ada, tanpa menghitung manual. Maka kemungkinan persediaan barang kadaluarsa menumpuk sangatlah kecil, sehingga hal ini akan meminimalisir risiko kerugian.
Namun dengan banyaknya jumlah dan jenis produk, mungkin kamu akan kesulitan untuk memastikan apakah angka stok yang dimiliki sudah sesuai dengan kenyataannya.
Nah, untuk ini, kamu bisa menggunakan aplikasi point of sale untuk membantu manajemen stok. Dengan adanya perubahan jumlah stok setiap ada transaksi penjualan atau pembelian, kamu bisa mengetahui jumlah persediaan barang secara langsung.
Fitur ini juga akan mempermudahmu mengetahui jumlah stok yang ada, tanpa menghitung manual. Maka kemungkinan persediaan barang kadaluarsa menumpuk sangatlah kecil, sehingga hal ini akan meminimalisir risiko kerugian.
Menawarkan Diskon kepada Pelanggan Loyal
Sebagai seorang pedagang, sudah sepatutnya memberikan pelayanan ramah untuk para pelanggan. Selain keramahan, kamu juga bisa memberikan perlakuan khusus kepada para pelanggan yang selalu memilih berbelanja di tokomu.
Coba berikan diskon khusus untuk mereka, walaupun tampaknya diskon ini mengurangi untung yang didapat. Tetapi nyatanya, dengan menawarkan diskon pada satu barang saja, akan membuatnya kembali ke toko. Ketika pelanggan kembali ke toko, mereka dapat membeli barang lain secara impulsif, sehingga terjadi keuntungan bagi toko.
Coba berikan diskon khusus untuk mereka, walaupun tampaknya diskon ini mengurangi untung yang didapat. Tetapi nyatanya, dengan menawarkan diskon pada satu barang saja, akan membuatnya kembali ke toko. Ketika pelanggan kembali ke toko, mereka dapat membeli barang lain secara impulsif, sehingga terjadi keuntungan bagi toko.
Mengurangi Biaya Overhead dari Toko Sembako
Biaya overhead adalah pengeluaran yang tidak berhubungan dengan biaya produksi dan upah. Dalam toko sembako misalnya, contoh biaya overhead ialah biaya spanduk nama toko atau alat tulis untuk pembukuan toko. Walaupun terlihat sepele, namun kebutuhan ini dapat memperlancar usahamu.
Pada zaman sekarang, ada yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi point of sales untuk mengelola bisnis dengan efektif dan efisien. Dengan fitur kasir digital dan riwayat transaksi pada aplikasi ini, kamu dapat mengelola toko meski dengan hanya menggunakan ponsel.
Pembukuan toko yang dahulunya membutuhkan pengeluaran seperti alat tulis, buku transaksi dan buku stok, dapat dikerjakan dengan mudah jika menggunakan aplikasi point of sale ini. Fitur kasir digital akan melakukan pencatatan pembayaran dengan cepat dan terhubung langsung dengan stok barang.
Sedangkan riwayat transaksi tidak hanya mencatat produk yang laku saja, namun juga semua aktivitas dari penjualan yang sudah terjadi. Seperti metode pembayaran yang digunakan, produk yang terjual, harga jual, hingga diskon yang digunakan pelanggan. Dengan memanfaatkan aplikasi POS pada ponsel, kamu bisa meminimalisir pengeluaran dan efisiensi waktu pekerjaan.
Itulah beberapa cara agar dapat memaksimalkan keuntungan ketika berjualan sembako.
Nah berjualan sembako sendiri kadang melelahkan, apalagi jika pekerjanya hanya 1-2 orang, termasuk kamu sendiri. Bagaimana caranya supaya jualannya efisien? Ayo simak tipsnya di sini yuk: Cara Mengelola Warung Sembako Kecil dengan Efisien
Tertarik menggunakan Posy? Langsung unduh di sini: Download Aplikasi Posy.
Pada zaman sekarang, ada yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi point of sales untuk mengelola bisnis dengan efektif dan efisien. Dengan fitur kasir digital dan riwayat transaksi pada aplikasi ini, kamu dapat mengelola toko meski dengan hanya menggunakan ponsel.
Pembukuan toko yang dahulunya membutuhkan pengeluaran seperti alat tulis, buku transaksi dan buku stok, dapat dikerjakan dengan mudah jika menggunakan aplikasi point of sale ini. Fitur kasir digital akan melakukan pencatatan pembayaran dengan cepat dan terhubung langsung dengan stok barang.
Sedangkan riwayat transaksi tidak hanya mencatat produk yang laku saja, namun juga semua aktivitas dari penjualan yang sudah terjadi. Seperti metode pembayaran yang digunakan, produk yang terjual, harga jual, hingga diskon yang digunakan pelanggan. Dengan memanfaatkan aplikasi POS pada ponsel, kamu bisa meminimalisir pengeluaran dan efisiensi waktu pekerjaan.
Itulah beberapa cara agar dapat memaksimalkan keuntungan ketika berjualan sembako.
Nah berjualan sembako sendiri kadang melelahkan, apalagi jika pekerjanya hanya 1-2 orang, termasuk kamu sendiri. Bagaimana caranya supaya jualannya efisien? Ayo simak tipsnya di sini yuk: Cara Mengelola Warung Sembako Kecil dengan Efisien
Tertarik menggunakan Posy? Langsung unduh di sini: Download Aplikasi Posy.