Blog

Cara Menentukan Target Audience

Tips Berbisnis
Rasa enggan atau takut ketika akan memulai bisnis adalah hal yang sangat biasa. Tidak hanya kamu, kebanyakan orang akan mengalami hal yang sama. Terjun ke dunia bisnis dibutuhkan wawasan yang luas dan persiapan yang matang. Tidak hanya sekadar mempersiapkan modal dan produk untuk dijual kepada konsumen. Penting untuk membuat rancangan bisnis yang lengkap seperti modal, jenis produk, pengelolaan keuangan, promosi, manajemen, serta cara menentukan target audience.

Dalam artikel ini akan dibahas lengkap seputar cara menentukan target audience. Sebelumnya harus dipahami dulu apa itu target audience. Target audience adalah sekelompok orang yang ditargetkan menjadi target pemasaran. Pengertian lainnya dari target audience adalah sekelompok orang yang didefinisikan dari beberapa karakteristik demografi serta perilakunya di dalam masyarakat untuk menjadi target pemasaran.

Cara menentukan target audience adalah dengan secara spesifik mengetahui siapa yang cocok dan akan menggunakan produk kita. Bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, tempat tinggal, perilaku konsumsi, status perkawinan dan sebagainya. Pastinya, produk yang kamu buat tidak cocok untuk semua orang. Misalnya produk baju kekinian, pastinya tidak cocok untuk balita dan orang tua. Lebih cocok untuk anak-anak muda, remaja dan milenial.

Manfaat Menentukan Target Audience

1. Membantu Pengembangan Produk

Jika cara menentukan target audience sudah benar, maka kita tahu pasti sasaran market produk kita siapa. Buatlah survey untuk mendapatkan feedback customer. Mengenai bagaimana tanggapan mereka terhadap produk, kekurangan, dan masukan atau saran lainnya. Data yang diperoleh digunakan untuk pengembangan produk agar lebih baik lagi.

2. Pemasaran Menjadi Lebih Efektif

Target audience yang tepat membuat perusahaan mudah menemukan strategi pemasraan yang pas. Sehingga pemasaran menjadi lebih jelas dan efektif. Strategi pemasaran yang efektif tentu saja akan menghasilkan penjualan yang tinggi.

3. Konten Lebih Tepat Sasaran

Cara menentukan target audience yang tepat akan membantu menemukan target konten dengan tepat. Kamu juga bisa membuat konten dengan lebih mudah. Seperti tema konten, topik yang akan diangkat, serta informasi yang akan diberikan. Pesan yang kamu sajikan melalui konten akan mudah sampai kepada audience juga lebih mudah dipahami.

4. Iklan Lebih Tepat Sasaran

Iklan atau ads merupakan bagian penting dari marketing. Iklan membuat produk kamu diketahui lebih banyak orang. Salah satu komponen iklan yang sangat penting adalah target audience yang tepat. Demografi, jenis kelamin, interest dan sebagainya. Target audience yang tidak tepat membuat biaya iklan membengkak atau tidak mengasilkan penjualan maksimal.

Bagi kamu yang sudah melakukan banyak promosi, iklan, dan sepertinya kunjungan wbsite meningkat tapi penjualan tetap stagnan. Berarti cara menentukan target audience ini harus kamu coba. Evaluasi audience yang selama ini datang dan cocokkan dengan segmentasi pasar dari produkmu. Apakah sesuai atau tidak.
Baca juga: 10 Cara Menentukan Harga Jual Produk BisnisMu!

Tips Cara Menentukan Target Audience

1. Kenali Produk

Cara menentukan target audience yang pertama adalah kembali kenali produk. Secara general siapa yang benar-benar cocok untuk menggunakan produk tersebut. Misalnya produk kripik pedas cocok untuk orang-orang berusia muda. Jika sudah yakin, secara general siapa target marketnya, breakdown lebih detail.

2. Identifikasi Target Audience Spesifik

Spesifik adalah hal yang sangat penting dalam cara menentukan target audience. Semakin spesifik maka target audience juga semakin tepat. Berikut ini beberapa kriteria yang bisa kamu gunakan:
  • Lokasi
Tentukan target audience sesuai dengan lokasi mereka berada atau geografis. Bisa saja kamu menentukan lokasi di seluruh Indonesia bahkan dunia. Karena produk yang dijual online bisa dikirm ke mana saja. Tapi ketika kamu akan membuat promo atau iklan tertentu yang terbatas wilayah atau menargetkan untuk wiayah tertentu maka lokasi harus spesifik. Misalnya kota atau provinsi tertentu. Target yang spesifik juga berlaku untuk produk atau jasa yang tidak bisa dikirim ke tempat yang jauh dan hanya local saja.
  • Demografi
Demografi adalah data atau tulisan mengenai kependudukan rakyat atau manusia. Demografi mencakup jumlah penduduk, persebaran geografis, komposisi penduduk dan karakter demografis. Cara menentukan target audience dari demografi, misalnya dengan menentuka jenis kelamin, usia, status pernikahan, jumlah anak, jenis pekerjaan, penghasilan dan pengeluaran setiap bulan, dan pendidikan.
  • Psikografi
Psikografi berhubungan dengan minat, kebiasaan dan kepribadian seseorang. Beberapa contoh untuk minat, misalnya: suka berkebun, hobi travelling, kolektor barang antic, suka produk alami. Ada juga psikografi berupa sikap atau opini, misalnya: orang yang suka diskon, peduli terhadap kelestarian lingkungan, orang yang menghargai perbedaan dan toleransinya tinggi dan sebagainya. Bisa dibilang psikografi ini adalah gaya hidup seseorang.

3. Identifikasi Audience Melalui Kompetitor

Produk yang sama bisa saja target audiencenya juga sama. Cara menentukan target audience yang mudah adalah dengan menganalisis target audience kompetitor. Bagaimana caranya? Buka akun media sosial atau website kompetitor. Dari nuansa postingan, jenis konten, followers dan komentar, kamu bisa tahu audiencenya seperti apa. Kamu juga bisa membaca komentar dan mencari tahu kelebihan serta kelemahan produk kompetitor. Jadi rajinlah berkunjung ke lapak kompetitor ya.

4. Memanfaatkan Target Market Tools

Jika cara menentukan target audience dengan mudah lainnya adalah langsung menggunakan tools. Misalnya menggunakan Facebook Audience Insights dan Google Trends yang gratis. Agar bisa menganalis dengan tepat pelajarilah cara menggunakan tools tersebut.

5. Menggunakan Google Analytics

Tools dari Google ini bisa dimanfaatkan untuk mengenali audiencemu. Google Analytics membantu Anda mengetahui demografi dan perilaku pengunjung website. Tools ini juga menyajikan data dan informasi yang realtime dan akurat berdasarkan aktivitas di website. Kalau kamu sudah memiliki website, data audience bisa diambil dari Google Analytic.

Itulah cara menentukan target audience beserta tips yang bisa kamu jalankan. Agar bisnis lebih efektif dan mudah dijalankan, gunakan juga tools kasir online. Kamu tidak perlu menghitung dan membuat nota secara manual. Gunakan Posy Kasir Online untuk memudahkan pembuatan laporan penjualan dan cek stok produkmu.