Blog

Cara Evaluasi Bisnis UMKM di Tengah Tahun 2023

Tips Berbisnis
Paruh pertama tahun 2023 akan segera berakhir. Jadikan hal ini sebagai momen untuk melakukan evaluasi bisnis. Evaluasi bisnis penting dilakukan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Evaluasi bisnis bermanfaat untuk melihat pencapaian kinerja usaha, menilai performa karyawan, dan memperbaiki strategi bisnis UMKM. Kamu bisa melakukan evaluasi tengah tahun di bulan Juni hingga Juli.

Apa itu Evaluasi Bisnis?

Evaluasi bisnis adalah aktivitas untuk menganalisis kinerja bisnis yang sudah atau sedang berjalan. Evaluasi bisnis dapat dilakukan secara berkala seperti per bulan, per tiga bulan, per enam bulan, dan per satu tahun.

Evaluasi bisnis tengah tahun adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap pertengahan tahun berjalan yakni bulan Juni hingga Juli. Evaluasi tengah tahun dilakukan untuk melihat kinerja selama enam bulan pertama di tahun tersebut. Selain itu, juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki strategi dan mengantisipasi kondisi pasar seperti krisis moneter.

Kamu dapat membandingkan performa bisnis dengan pencapaian tahun lalu. Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan target yang kamu buat di awal tahun. Jika pencapaian melebihi target atau tahun sebelumnya, boleh dikatakan bisnismu membaik dan bisa dilanjutkan. Sebaliknya, jika tidak mencapai target, berarti perlu perbaikan.

Baca juga: Penyebab Restoran Sepi dan Cara Mengatasinya

Cara Evaluasi Bisnis

Evaluasi bisnis berarti melakukan penilaian terhadap kinerja usaha. Berikut tahapan yang bisa kamu lakukan untuk mengevaluasi bisnis UMKM-mu.

1. Menganalisis penjualan

Mulai evaluasi bisnis dengan mengevaluasi penjualan selama enam bulan terakhir. Evaluasi produk-produk yang laku terjual. Begitu pula dengan produk yang tidak disukai pelanggan. Kamu bisa meningkatkan produk yang laku dan memperbaiki atau mengurangi produk yang tidak laku.

Menganalisis penjualan dapat dilakukan dengan mudah melalui fitur aplikasi kasir Posy. Pelajari lebih lanjut tentang Posy di sini.

2. Mengevaluasi kinerja karyawan

Tinjau pula kinerja karyawan. Kamu bisa memberikan penilaian terhadap karyawan dengan melihat bagaimana mereka bekerja selama enam bulan terakhir. Berikan motivasi lebih pada karyawan yang belum berusaha dengan baik. Berikan pula apresiasi seperti bonus pada karyawan yang sudah mencapai target.

3. Menganalisis teknis

Selain karyawan, kamu juga perlu melakukan analisis teknis atau yang berkaitan dengan alat dan teknologi yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Lakukan pengecekan untuk melihat kinerja alat tersebut. Periksa kembali apakah perlu tambahan alat atau teknologi baru untuk menunjang bisnismu.

4. Analisis keuangan

Periksa kembali laporan keuangan bisnis selama enam bulan terakhir. Cek neraca keuangan dan laba rugi untuk melihat kondisi keuangan bisnismu. Manajemen keuangan yang buruk bisa membuat bisnismu merugi bahkan gagal.

Oleh karena itu penting untuk melakukan analisis keuangan. Aplikasi Posy juga menyediakan fitur laporan keuangan yang terintegrasi. Download Posy di sini.

5. Siapkan langkah selanjutnya

Setelah melakukan evaluasi, penting untuk menyiapkan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis pada enam bulan berikutnya. Kamu juga bisa menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi situasi pasar misalnya kondisi krisis.

Itulah cara mengevaluasi bisnis tengah tahun yang bisa kamu lakukan. Simak juga tips bisnis lainnya di Blog Posy.