Blog

Tips Toko Kelontong Gaya Modern

Tips Berbisnis
toko kelontong gaya modern
Bisnis toko kelontong bisa mendatangkan penghasilan besar selama dijalankan dengan benar. Di era digital seperti sekarang ini, toko kelontong pun perlu melakukan inovasi agar penjualannya menjadi lebih modern dan bisa bersaing di tengah perubahan zaman. Oleh sebab itu, bagi para pemilik toko kelontong, penting untuk memahami apa saja tips toko kelontong gaya modern.

Dilansir dari Detik, meskipun sudah ada banyak supermarket besar, namun toko kelontong masih menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar. Toko kelontong sendiri didefinisikan sebagai tempat usaha yang menjual produk kebutuhan sehari-hari, seperti gula, garam, sayur, beras, dan lain sebagainya.

Banyak orang mengira bahwa bisnis toko kelontong sudah tidak lagi menguntungkan di era modern seperti saat ini. Tapi, pandangan tersebut sebenarnya keliru. Anda tetap bisa sukses berjualan toko kelontong dengan menerapkan tips toko kelontong gaya modern yang tepat.

Tips Toko Kelontong Gaya Modern

Agar bisa bertahan di era digital, maka toko kelontong perlu melakukan penyesuaian metode penjualan menjadi lebih kekinian. Berikut ini beberapa tips toko kelontong gaya modern yang bisa dicoba.


1. Sediakan layanan pesan antar

Salah satu ciri khas bisnis di era modern saat ini adalah penjualan berbasis online, dimana pembeli tidak perlu datang langsung ke lokasi toko dan barang yang dibeli nantinya bisa dikirimkan langsung ke rumah. Ini menjadi tips toko kelontong gaya modern yang pertama. Anda disarankan untuk menyediakan layanan pesan antar untuk menarik perhatian calon pembeli.
Nantinya, calon pembeli yang ingin melakukan pembelian bisa menghubungi toko melalui telepon atau pesan WhatsApp. Bisa juga melalui media sosial lainnya seperti Instagram atau TikTok. Lalu, setelah melakukan pemesanan melalui pesan singkat dan melakukan pembayaran, nantinya pesanan tersebut akan dikirimkan dari toko Anda langsung ke lokasi tempat tinggal pembeli.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat menyediakan layanan ini adalah perlunya mempekerjakan kurir sebagai pengantar pesanan. Sebab, sebagai pemilik toko Anda tidak mungkin melakukan pengantaran sendiri dan membiarkan toko dalam keadaan kosong selama proses pengantaran pesanan.

2. Menyediakan opsi pembayaran digital

Selain layanan pesan antar, tips toko kelontong gaya modern yang kedua adalah menyediakan opsi pembayaran digital. Jadi, pembeli yang datang ke toko tidak harus selalu menyediakan uang tunai, tapi bisa melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan cepat secara digital. Pembayaran digital yang dimaksud bisa bermacam-macam, misalnya melalui transfer bank secara online, menggunakan e-Wallet alias dompet digital, dan lain sebagainya.

Menyediakan opsi pembayaran digital bisa memberikan daya tarik baru bagi pembeli dan menjadi tips toko kelontong gaya modern yang bisa dicoba. Sebab, di era modern ini, semakin sedikit orang yang membawa uang tunai dalam jumlah besar. Mereka lebih sering bepergian tanpa membawa dompet karena transaksi pembayaran lebih sering dilakukan lewat smartphone.

3. Buka toko di marketplace digital

Saat ini, akses untuk menjadi penjual di marketplace digital semakin mudah. Fitur yang disediakan pun juga semakin beragam. Sehingga, membuka toko di marketplace digital adalah pilihan yang sangat tepat jika Anda ingin tips toko kelontong gaya modern.

Sudah banyak marketplace digital yang umum digunakan sebagai tempat berbelanja bagi masyarakat Indonesia. Bukalah toko digital di marketplace tersebut, lalu buatlah daftar produk yang dijual. Produk yang dipasarkan di marketplace digital boleh produk yang sama dengan yang saat ini tersedia di toko kelontong.

Baca juga: 20 Rekomendasi Bisnis Frozen Food Terlaris

4. Lakukan promosi di media sosial

Tips toko kelontong gaya modern yang tak kalah penting adalah melakukan pemasaran atau promosi di media sosial. Kalau zaman dulu, promosi toko kelontong bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui pembagian brosur kepada masyarakat setempat di sekitar lokasi toko. Tapi, di era modern seperti saat ini, maka strategi promosinya harus diubah menjadi lebih inovatif.

Manfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berpromosi dan membangun komunitas. Anda bisa membuat Facebook Group maupun WhatsApp grup sebagai tempat untuk menginformasikan mengenai adanya stok produk baru ataupun adanya diskon secara langsung ke calon pembeli. Selain itu, bisa juga memanfaatkan Instagram dan TikTok untuk membuat konten menarik seputar produk-produk yang dijual. Tips toko kelontong gaya modern ini pasti bisa sukses membuat Anda menjangkau lebih banyak calon pembeli.

5. Daftarkan toko di Google Maps

Mendaftarkan toko ke Google Maps juga menjadi tips toko kelontong gaya modern. Saat ini, Google Maps menjadi panduan yang paling umum digunakan untuk mencari informasi seputar lokasi dan arah. Supaya toko kelontong Anda terlihat resmi, modern, dan lebih banyak dikenal, maka coba daftarkan toko di Google Maps. Caranya dengan menambahkan daftar lokasi baru tanpa harus melakukan pembayaran apapun.

Tips toko kelontong gaya modern yang satu ini bisa dilakukan dengan masuk ke aplikasi Google Maps terlebih dahulu, lalu pilih ikon Menu dan pilih opsi ‘Add your business’. Isi deskripsi lengkap toko mulai dari nama, alamat, kontak, dan lain sebagainya. Terakhir, pilih tombol ‘Sumbit’ dan tunggu Google melakukan review untuk memastikan toko yang Anda daftarkan bisa dipercaya. Jika sudah mendapatkan persetujuan dari Google, maka toko yang Anda daftarkan akan aktif dan bisa dilihat di Google Maps.

Selain tips toko kelontong gaya modern yang sudah disebutkan di atas, ada juga metode bisnis modern lain yang bisa Anda terapkan, yaitu menggunakan aplikasi kasir online. Salah satu aplikasi kasir online yang bisa diandalkan saat ini adalah Posy.

Posy akan membantu Anda untuk mengelola operasional bisnis menjadi lebih mudah. Segala transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis, sehingga Anda bisa melakukan analisa data penjualan tanpa khawatir adanya risiko kesalahan pencatatan atau human error. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan notifikasi apabila ada stok barang yang sudah mau habis dan perlu segera distok ulang.

Kalau ingin sukses berbisnis toko kelontong di era digital seperti saat ini, maka jangan ragu untuk melakukan seluruh tips toko kelontong gaya modern yang sudah disebutkan di atas.