Dilansir dari Detik, meskipun sudah ada banyak supermarket besar, namun toko kelontong masih menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar. Toko kelontong sendiri didefinisikan sebagai tempat usaha yang menjual produk kebutuhan sehari-hari, seperti gula, garam, sayur, beras, dan lain sebagainya.
Banyak orang mengira bahwa bisnis toko kelontong sudah tidak lagi menguntungkan di era modern seperti saat ini. Tapi, pandangan tersebut sebenarnya keliru. Jika bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman, tentu toko akan tetap eksis dan ramai pembeli.
Tips Toko Kelontong Gaya Modern
Agar bisa bertahan di era digital, maka toko kelontong perlu melakukan penyesuaian metode penjualan menjadi lebih kekinian. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.Sediakan layanan pesan antar
Salah satu ciri khas bisnis di era modern saat ini adalah penjualan berbasis online, dimana pembeli tidak perlu datang langsung ke lokasi toko dan barang yang dibeli nantinya bisa dikirimkan langsung ke rumah. Kamu bisa menyediakan layanan pesan antar untuk menarik perhatian calon pembeli.Nantinya, calon pembeli yang ingin melakukan pembelian bisa menghubungi toko melalui telepon atau pesan WhatsApp. Bisa juga melalui media sosial lainnya seperti Instagram atau TikTok. Lalu, setelah melakukan pemesanan melalui pesan singkat dan melakukan pembayaran, nantinya pesanan tersebut akan dikirimkan dari toko kamu langsung ke lokasi tempat tinggal pembeli.
Hal yang perlu dipertimbangkan saat menyediakan layanan ini adalah perlunya mempekerjakan kurir sebagai pengantar pesanan. Sebab, sebagai pemilik toko tidak mungkin melakukan pengantaran sendiri dan membiarkan toko dalam keadaan kosong selama proses pengantaran pesanan.
Menyediakan opsi pembayaran digital
Selain layanan pesan antar, tips berikutnya yaitu menyediakan opsi pembayaran digital. Jadi, pembeli yang datang ke toko tidak harus selalu menyediakan uang tunai, tapi bisa melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan cepat secara digital. Pembayaran digital yang dimaksud bisa bermacam-macam, misalnya melalui transfer bank secara online, menggunakan e-Wallet alias dompet digital, dan lain sebagainya.Menyediakan opsi pembayaran digital bisa memberikan daya tarik baru bagi pembeli. Sebab, di era modern ini, semakin sedikit orang yang membawa uang tunai dalam jumlah besar. Mereka lebih sering bepergian tanpa membawa dompet karena transaksi pembayaran lebih sering dilakukan lewat smartphone.
Buka toko di marketplace digital
Saat ini, akses untuk menjadi penjual di marketplace digital semakin mudah. Fitur yang disediakan pun juga semakin beragam. Sudah banyak marketplace digital yang umum digunakan sebagai tempat berbelanja bagi masyarakat Indonesia. Bukalah toko digital di marketplace tersebut, lalu buatlah daftar produk yang dijual. Produk yang dipasarkan di marketplace digital boleh produk yang sama dengan yang saat ini tersedia di toko kelontong.Lakukan promosi di media sosial
Kalau zaman dulu, promosi toko kelontong bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui pembagian brosur kepada masyarakat setempat di sekitar lokasi toko. Tapi, di era modern seperti saat ini, maka strategi promosinya harus diubah menjadi lebih inovatif.Manfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berpromosi dan membangun komunitas. Kamu bisa membuat Facebook Group maupun WhatsApp grup sebagai tempat untuk menginformasikan mengenai adanya stok produk baru ataupun adanya diskon secara langsung ke calon pembeli.
Selain itu, bisa juga memanfaatkan Instagram dan TikTok untuk membuat konten menarik seputar produk-produk yang dijual. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.
Daftarkan toko di Google Maps
Saat ini, Google Maps menjadi panduan yang paling umum digunakan untuk mencari informasi seputar lokasi dan arah. Supaya toko kelontong kamu terlihat resmi, modern, dan lebih banyak dikenal, maka coba daftarkan toko di Google Maps. Caranya dengan menambahkan daftar lokasi baru tanpa harus melakukan pembayaran apapun. Kamu bisa masuk ke aplikasi Google Maps terlebih dahulu, lalu pilih ikon Menu dan pilih opsi ‘Add your business’. Isi deskripsi lengkap toko mulai dari nama, alamat, kontak, dan lain sebagainya. Terakhir, pilih tombol ‘Sumbit’ dan tunggu Google melakukan review untuk memastikan toko yang Anda daftarkan bisa dipercaya. Jika sudah mendapatkan persetujuan dari Google, maka toko yang Anda daftarkan akan aktif dan bisa dilihat di Google Maps. Selengkapnya, simak caranya di sini ya: cara menambahkan lokasi bisnis di google mapsSelain tips toko kelontong gaya modern yang sudah disebutkan di atas, ada juga metode bisnis modern lain yang bisa kamu terapkan, yaitu menggunakan aplikasi kasir online. Salah satu aplikasi kasir online yang bisa diandalkan saat ini adalah Posy.
Posy akan membantu Anda untuk mengelola operasional bisnis menjadi lebih mudah. Segala transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis, sehingga Anda bisa melakukan analisa data penjualan tanpa khawatir adanya risiko kesalahan pencatatan atau human error. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan notifikasi apabila ada stok barang yang sudah mau habis dan perlu segera distok ulang.
Kalau ingin sukses berbisnis toko kelontong di era digital seperti saat ini, maka jangan ragu untuk tips tersebut.