Blog

Prosedur dan Langkah-Langkah Melayani Pelanggan di Restoran

Tips Berbisnis
Pelanggan di cafe maupun restoran harus mendapatkan pelayanan yang baik. Simak artikel ini untuk mengetahui prosedur layanan restoran atau langkah-langkah melayani pelanggan di restoran dan cafe.

Setiap restoran dan cafe umumnya memiliki standar prosedur sendiri dalam melayani pelanggan. Proses melayani pelanggan ini dimulai bahkan sebelum pelanggan masuk ke dalam restoran hingga pelanggan keluar restoran.

Pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas tentunya berpeluang untuk datang kembali ke restoranmu. Besar kemungkinan mereka juga akan mempromosikan restoranmu ke orang terdekat mereka maupun media sosial.


Baca juga: Langkah-Langkah Manajemen Keuangan Cafe dan Restoran

Berikut prosedur dan langkah-langkah melayani pelanggan di restoran.

1. Sambut pelanggan

Sambutlah pelanggan yang datang ke restoran atau cafe dengan baik. Kamu dapat memberikan salam yang khas atau identik dengan restoranmu. Misalnya menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah atau sekadar mengucapkan selamat datang

2. Antar pelanggan ke tempat duduk

Antarkan pelanggan ke tempat duduk yang kosong. Kamu juga bisa menanyakan referensi tempat duduk pelanggan, misalnya di dekat jendela atau di sudut ruangan.

Baca juga: Kesalahan yang Paling Banyak Dilakukan Kasir Restoran dan Cara Mengatasinya

3. Berikan menu

Berikan daftar menu ke pelanggan. Informasikan pula bahwa kamu siap melayani mereka jika ada yang ditanyakan terkait menu. Kamu juga bisa menginformasikan menu favorit atau menu yang sedang promo.

4. Catat pesanan pelanggan

Catat pesanan pelanggan dengan akurat. Pastikan kamu mengulangi pesanan pelanggan untuk menghindari kesalahan.

5. Hidangkan pesanan pelanggan

Setelah pesanan siap disajikan, hidangkan makanan dengan baik ke hadapan pelanggan. Pastikan makanan ditata dengan rapi agar menarik perhatian pelanggan.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan untuk Menambah Modal Usaha Restoran?

6. Penuhi kebutuhan pelanggan

Sering kali pelanggan memiliki pertanyaan atau permintaan. Sebisa mungkin penuhi kebutuhan pelanggan tersebut. Jika tidak bisa, sampaikan dengan baik ke pelanggan.

7. Proses pembayaran pelanggan

Saat pelanggan selesai, proses pembayaran pelanggan dengan cepat dan tepat. Pastikan restoran mengakomodasi pembayaran pelanggan. Untuk mempercepat proses pembayaran kamu dapat menggunakan sistem POS Posy Resto.

Posy Resto memiliki fitur yang memudahkan pelayanan dan proses pembayaran.

Coba Posy Resto secara gratis di sini.

8. Ucapkan terima kasih

Saat pelanggan selesai ucapkan terima kasih dan minta mereka untuk memberikan ulasan yang baik dan datang kembali.

Itulah prosedur dan langkah-langkah melayani pelanggan di restoran yang bisa kamu terapkan. Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Posy.