Blog

15 Tips Usaha Sukses agar Lebih Berkembang dan Menguntungkan

Tips usaha sukses menjadi salah satu hal yang dicari agar bisnis yang dijalani semakin berkembang dan mendapat keuntungan. Berbisnis memang merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun, membuka bisnis untuk mungkin tidak akan semudah yang dibicarakan.

Perlu diingat, setiap bisnis tentu memiliki masalah tersendiri yang membuatnya sulit untuk berkembang. Namun, secara umum penyebab suatu usaha tidak berkembang tidak jauh berbeda antara usaha yang satu dengan yang lainnya. Untuk menghindari kerugian, yuk simak beragam tips usaha sukses di bawah ini!

15 Tips Usaha Sukses

Selain meraih keuntungan, bisnis yang terus bertumbuh dan dapat bertahan dari segala gempuran persaingan merupakan impian bagi setiap pebisnis. Namun, untuk dapat mencapainya, pebisnis harus rela mengorbankan banyak hal. Mulai dari uang, pertemanan, waktu bebas, kenyamanan, hingga keluarga. Selain itu, pebisnis juga harus cerdas dalam mengambil langkah. Jangan sampai bisnis yang dilakukan justru stagnan.

Nah, berikut tips usaha sukses agar bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan:

1. Segera Buat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis merupakan tips usaha sukses agar berkembang dan mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya, kesalahan yang bisa membuat bisnis seakan berjalan di tempat adalah karena kamu tidak memiliki rencana bisnis. Hal tersebut bisa membuat segala keperluan untuk perkembangan bisnis terhambat.

Proses pembuatan keputusan pun takkan berjalan lancar karena kamu tidak memiliki rencana sebagai pedoman tujuan usaha. Oleh sebab itu, segeralah buat rencana bisnis. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan bisnis bisa mencapai target yang diinginkan.

2. Evaluasi dan Kelola Kembali

Tips usaha sukses selanjutnya adalah evaluasi dan kelola kembali. Tidak hanya bisnis yang baru, bisnis yang telah sukses dan menguntungkan sekalipun bisa saja stagnan pada satu titik tertentu. Hal ini bahkan mungkin tidak kamu sadari sejak awal. Kapan terakhir kamu melakukan evaluasi dan mengelola bisnis dengan semangat prima?

Pastikan kamu mencermati kedua poin di atas dengan baik dan segera lakukan evaluasi pada bisnis secara keseluruhan. Hal ini penting, mengingat bisa saja kamu telah terlalu lama tidak mengelola bisnis secara maksimal dan membiarkannya berjalan dengan begitu-begitu saja.

3. Cermati Kebutuhan Pasar

Pasar yang dahulunya luas dan bergairah, bisa saja menjadi lesu dan tak lagi memiliki daya serap tinggi terhadap produkmu. Seiring dengan berlalunya waktu, kebutuhan konsumen mungkin berubah dan kamu harus siap untuk semua kondisi ini. Maka dari itu, pastikan kamu mencermati kebutuhan pasar dengan baik, termasuk melihat perubahan permintaan yang selalu mungkin terjadi setiap sehingga bisnis kamu tidak ketinggalan.

4. Meningkatkan Promosi

Meningkatkan promosi menjadi salah satu tips usaha sukses yang penting dilakukan. Meskipun produkmu sudah dikenal oleh banyak orang, promosi merupakan strategi yang harus tetap dilakukan. Mengapa demikian? Pasalnya, dalam dunia bisnis, kamu harus bisa secara konstan menarik calon konsumen baru.

Selain itu, promosi juga menjadi cara untuk memperkenalkan rangkaian inovasi baru untuk para pelanggan. Hasilnya, jika kamu berhenti melakukan promosi, kemungkinan besar bisnismu tidak akan berkembang dan pasar bakal diambil alih oleh kompetitor.
Untuk memperbaiki situasi ini, coba terapkan dan tingkatkan strategi promosi bisnismu. Kamu bahkan bisa terapkan berbagai upaya digital marketing untuk UMKM agar bisa dapatkan pelanggan dengan cepat.

5. Perluas Circle Pertemanan dengan Pebisnis

Bukan hanya di bidang bisnis saja, memperluas jaringan pertemanan itu memang sangatlah penting sehingga kamu bisa melihat peluang baru, mempelajari sesuatu dari orang tersebut seperti bagaimana mereka mengelola bisnis, menyelesaikan masalah dan mengelola keuangan. Kamu bisa mulai berteman dengan para pebisnis pemula yang ada di sekitar. Setelah itu, silangkan memperluas lingkaran pertemanan melalui jejaring sosial atau sebagainya.

6. Tingkatkan Mutu Produk dan Harga Jual

Tips usaha sukses selanjutnya adalah meningkatkan mutu produk serta harga jual. Produk yang tidak mengalami perubahan sesuai kebutuhan, sangat mungkin tidak akan sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Perubahan perilaku konsumen pada umumnya akan diikuti dengan perubahan kebutuhan mereka akan produk tertentu. Artinya, produk kamu juga harus mengalami perubahan dan peningkatan mutu. Bukan hanya itu saja, seiring dengan peningkatan mutu produk ini, harga jual juga perlu disesuaikan agar menguntungkan.

7. Catat Semua Kritik dan Saran Pelanggan

Tips usaha sukses ini sering diabaikan. Padahal, memperhatikan kritik dan saran dari pelanggan sangat penting. Sebab, dari seluruh keluhan yang dicantumkan oleh pelanggan, kamu bisa menyaring hal-hal yang sekiranya bisa dikembangkan oleh badan usaha.

Tak hanya itu, menanggapi kritik dan saran juga bisa membuat pelangganmu merasa diperhatikan, sehingga mereka takkan ragu untuk menjadi konsumen yang setia. Maka dari itu, cobalah untuk lebih peka dengan kritik dan saran pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan dan memperbaiki kualitas bisnis. Kamu bisa mulai dengan mencatat semua kritik dan saran dari pelanggan, kemudian lakukan perubahan pada produk untuk menjadi lebih baik.

8. Tingkatkan Daya Saing Produk

Jika dahulu pasar sepi dan hanya dikuasai produk kamu, bisa saja saat ini justru ramai dengan sejumlah produk baru yang sejenis. Daya tarik produk baru mungkin saja membuat para konsumen berpaling dan meninggalkan produkmu terutama jika kamu kalah dalam sistem pemasarannya. Untuk mengatasi kondisi ini, pastikan bisnis kamu memiliki daya saing yang tinggi di pasar.

9. Perbarui SDM dan Lingkungan Kerja

Tips usaha sukses selanjutnya adalah cermati juga SDM yang kamu miliki. Masihkah kapasitas mereka sesuai untuk bisnis yang kamu jalankan saat ini? Tingkatkan kemampuan SDM dan juga lingkungan kerja di dalam bisnismu, agar usaha bisa lebih berkembang dan mengimbangi perkembangn dunia bisnis di luar sana.

10. Jangan Mudah Menyerah

Setelah kamu mencoba untuk memulai hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis, jangan cepat menyerah ketika kegagalan datang. Menyerah dengan mudah akan membuat kamu semakin dekat dengan kegagalan. Jadi, cobalah untuk terus berusaha dan bersemangat untuk mewujudkan sesuatu hal yang ingin dicapai oleh bisnismu.

Dengan berhenti di tengah jalan, kamu sama saja telah menyia-nyiakan segala sesuatu yang telah dilakukan. Tanamkan di benak kamu bahwa kegagalan adalah hal wajar, dan setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan.

11. Selalu Fokus

Tips usaha sukses yang sering dilupakan adalah selalu fokus pada rencana utama. Menciptakan bisnis yang sukses tidak seperti membuat Candi Prambanan yang mitosnya hanya dibangun hanya satu malam. Ketika kamu berbisnis, apalagi baru merintisnya, bukan artinya bisnismu akan langsung mendapatkan keuntungan. Butuh waktu untuk mengenalkan produk atau jasa yang dijual ke konsumen.

12. Jangan Terlalu Terburu-buru

Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan karena terburu-buru dalam menjalankan sebuah bisnis, misalnya terburu-buru dalam mengembangkan bisnis. Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru biasanya akan membawa hasil yang kurang baik. Jadi, sebelum membuat keputusan atau melakukan sesuatu, cobalah pikirkan dengan baik dan buat rencana dengan matang.

13. Perhatikan Modal

Modal menjadi hal yang sangat penting saat bisnis mulai berkembang. Kekurangan modal bisa menghentikan perkembangan bisnis, termasuk bisnis menjadi stagnan. Artinya, tips usaha sukses agar lebih bertumbuh besar dan kuat, kamu perlu membutuhkan modal untuk membiayai semua kebutuhan bisnis.

Ada banyak sekali kegunaan dari modal yang perlu kamu ketahui, contohnya membuka cabang baru, menambah budget marketing, menambah sumber daya manusia, menambah kapasitas produksi dan masih banyak lagi. Jika tidak memiliki modal cukup, kamu tidak bisa melakukan semua itu.

14. Melakukan Upaya Preventif

Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah pedoman yang bisa kamu gunakan pada saat ini. Maksudnya adalah selalu lakukan upaya solutif sebelum benar-benar terjadi stagnasi dalam bisnismu. Jadwalkan secara rutin untuk selalu melakukannya, bisa sebulan, bisa per tiga bulan atau kalau memang perusahaan dalam keadaan yang sangat bagus bisa kamu lakukan per enam bulan atau bahkan dalam tiap tahun.

15. Memperbaiki Keuangan Bisnis

Tips usaha sukses yang terakhir adalah dengan memperbaiki keuangan usaha. Salah satu hal yang dapat menyebabkan bisnis tidak berkembang merupakan keuangan bisnis yang buruk. Dalam arti, alur kas tidak berjalan dengan lancar, jumlah pengeluaran yang terlalu besar, dan kebutuhan bisnis yang dibayar dengan uang pribadi. Untuk mencegah hal ini, mulai pisahkan rekening pribadi dan bisnis.

Aplikasi Kasir Online Posy Bantu Bisnis Semakin Berkembang

Kurangnya pengalaman dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, juga bisa menjadi penyebab kegagalan sebuah bisnis. Jadi, jika ingin mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis, kamu bisa mulai mengelola keuangan dengan baik dan rapi dengan menggunakan aplikasi Point of Sales (POS). POS adalah layanan kasir online yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat segala transaksi, membuat laporan keuangan, mencatat data ketersediaan stok, menyimpan data pelanggan, dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi POS yang bisa kamu coba adalah Posy. Dengan berbagai fitur lengkap, kamu dapat melacak perkembangan bisnis, pembayaran, dan kebutuhan lainnya melalui aplikasi ini. Selain kemudahan tersebut, berikut adalah keuntungan-keuntungan lain yang bakal kamu dapatkan:
  • Ukuran aplikasi hanya berukuran 40 MB.
  • Fitur yang disediakan bisa digunakan di handphone atau tablet.
  • Biaya admin terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp59.000.000 untuk langganan sebulan. Rp129.000/3 bulan, atau kamu juga bisa memilih paket Rp239.000/6 bulan.

Yuk, langsung download Posy di sini!