Strategi pemasaran yang tepat akan membuat kedai kopi atau coffee shop semakin dikenal dan kedatangan banyak pelanggan. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk coffee shop.
Strategi pemasaran adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk atau jasa. Menerapkan strategi pemasaran untuk coffee shop dapat membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan strategi pemasaran bagi kedai kopi.
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten yang menarik di media sosial. Kamu bisa menampilkan foto atau vidio hidangan yang menggugah selera atau suasana yang nyaman di coffee shop.
2. Kerja sama dengan KOL
Jalin juga kerja sama dengan influencer atau key opinion leader (KOL) yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Minta mereka mereview coffee shop dan membagikannya di media sosial mereka.
Diskon atau promo dapat menarik perhatian pelanggan. Kamu dapat memberikan diskon di hari tertentu, promo pembayaran, dan lainnya. Cara ini dapat membuat pelanggan datang dan memesan lebih banyak menu hidangan.
4. Buat event
Selain diskon, kamu juga bisa membuat acara atau event di coffee shop mu. Event dapat membuat pelanggan berdatangan. Misalnya, diskusi buku, acara seni, hingga kumpul komunitas.
Kamu juga dapat berinovasi dengan membuat menu kolaborasi dengan pihak lain. Kamu juga bisa mengikuti tren terkini pada menu. Sesuaikan dengan target pasar dari coffee shopmu.
Untuk meningkatkan layanan pelanggan, setiap coffee shop disarankan untuk menggunakan sistem POS. Salah satu sistem POS terbaik adalah Posy Resto.
Posy Resto membantu memudahkan pengelolaan coffee shop dengan fitur sistem kasir, menu digital, QR ordering, manajemen shift, dan manajemen meja.