Blog

8 Tips dan Cara Jualan di Tiktok

Tips Berbisnis
Industri e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informasi bahwa nilai perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia sudah mencapai 78 persen. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka tidak dapat dipungkiri minat masyarakat untuk berbelanja online mendorong peluang para pebisnis di Indonesia untuk bisnis online.

Saat ini muncul berbagai macam platform bisnis online yang menghadirkan kemudahan pelaku usaha dalam berbisnis online. Salah satunya adalah aplikasi TikTok, yang menawarkan fitur TikTok Shop. Sejak kemunculannya, fitur ini banyak dimanfaat orang sebagai peluang bisnis yang besar.

Lantas, bagaimana cara jualan di TikTok Shop? Berapakah keuntungan jualan di TikTok Shop? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Jualan di TikTok Shop

Bagi kamu yang ingin mulai berjualan di TikTok, berikut cara jualan di TikTok Shop agar terus cuan:

1. Jadikan Akun Bisnis

  • Cara jualan di TikTok Shop yang pertama adalah gunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Hal ini bertujuan agar akun jualamu terlihat lebih profesional. Berikut beberapa tahapan membuat akunnya:
  • Unduh aplikasi TikTok di Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOs
  • Daftar akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, nama akun sesuai dengan nama toko, dan lainnya
  • Alihkan ke akun bisnis dengan cara:
  • Klik ‘Saya’
  • Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  • Klik ‘Kelola Akun Saya’
  • Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’

2. Lengkapi Informasi Toko

Setelah berhasil daftar sebagai akun seller, cara jualan di TikTok Shop berikutnya adalah melengkapi informasi toko. Kamu harus melengkapi data yang dibutuhkan sebelum bisa menambahkan produk ke TikTok Shop. Kamu harus mengisi alamat, contact person, dan nomor telepon. Setelah data terisi, klik “Start to add products”.

3. Verifikasi TikTok Shop

  • Cara jualan di TikTok Shop yang tak kalah penting adalah memverifikasi beberapa dokumen. Berikut langkah-langkahnya:
  • Klik “Verify documents” di homepage.
  • Lalu klik “Upload Documents”.
  • Lengkapi data yang diperlukan tentang penjual.
  • Pilih tipe bisnis, apakah sebagai corporation atau individual.
  • Jika kamu mendaftar sebagai individual, kamu harus mengunggah foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png.
  • Pastikan fotonya jelas dan ukurannya tidak lebih dari 10 MB.
  • Informasi yang kamu masukkan tidak dapat diubah lagi, jadi pastikan bahwa data sudah benar.
  • Lalu, klik Submit.
  • Setelah proses verifikasi selesai, akun TikTok Shop-mu bisa digunakan untuk menjual produk.

4. Tambahkan Produk

  • Setelah akun berhasil terverifikasi, Cara jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah kamu bisa mulai menambahkan produk untuk dijual di TikTok. Berikut cara melakukannya:
  • Klik “Add First Produk” di homepage.
  • Lalu klik “Add Product”.
  • Selanjutnya lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama produk, kategori, dan brand.
  • Jika ingin menambahkan brand baru, kamu harus mengunggah dokumen ownership atau selling rights. Jika tidak, cukup pilih No brand.
  • Selanjutnya, unggah foto produk dan tambahkan deskripsi produk. Kamu bisa mengunggah maksimal 9 foto. Ukuran foto yang direkomendasikan adalah 1:1, sehingga foto tidak terpotong saat ditampilkan.
  • Kamu juga bisa mengisi detail informasi pada produk, seperti warna, ukuran, atau variasi lain yang tersedia. Kamu juga bisa menambahkan berat dan dimensi produk jika dibutuhkan.
  • Setelah itu, kamu dapat memilih “save as a draft” jika kamu tidak akan langsung mempublishnya atau klik “publish” untuk langsung mempublish produknya.

5. Hubungkan ke Rekening Bank

Cara jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah menghubungkan rekening bank ke akun TikTok Shop. Untuk melakukannya, kamu bisa klik “Link Bank Account” di homepage, kemudian klik “Link Account”. Setelah itu, ikuti prosesnya hingga selesai menautkan rekening ke TikTok Shop.
Baca juga: 10 Cara Berjualan di Instagram!

Keuntungan Jualan di TikTok Shop

Setelah mengetahui cara jualan di TikTok Shop, tapi masih ragu untuk memulainya. Kamu harus tahu keuntungan berjualan di TikTok Shop, karena kalau sudah tahu, kamu pasti bakal terheran-heran dan langsung ingin mulai berbisnis online! Yuk, intip keuntungan jualan di TikTok Shop berikut ini!

1. Penjualan Lebih Tinggi

Keuntungan jualan di TikTok Shop yang pertama adalah penjualan lebih tinggi karena aplikasi TikTok sendiri mempunyai kurang lebih 800 juta pengguna aktif.
Berjualan di TikTok Shop dapat meningkatkan penjualan, sebab aplikasi TikTok sendiri mempunyai kurang lebih 800 juta pengguna aktif. Bahkan, rata-rata para pengguna aktif dari TikTok akan membuka aplikasi tersebut sebanyak delapan kali dalam sehari. Jadi tidak heran jika TikTok termasuk ke dalam aplikasi media sosial yang cocok untuk berjualan online. Fakta tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk lewat platform TikTok. Misalnya saja dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dan sesuai dengan brandmu.

2. Aplikasi Sosial Media Sekaligus Belanja

Keuntungan jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah TikTok menjadi aplikasi yang simple. Sebab, sekarang udah tak butuh lagi marketplace untuk berbelanja, dengan menggunakan aplikasi TikTok sudah memberikanmu pengalaman gabungan antara marketplace dengan sosial media. Jadi, kamu cukup menggunakan satu platform untuk bermain media sosial dan berbelanja sehingga lebih praktis dan pastinya sangat menarik.

3. Bisa Jual Produk Apa Saja

Keuntungan jualan di TikTok Shop lainnya adalah dapat menjual produk apa saja. Platform yang satu ini dapat kamu manfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih lua. Mengingat TikTok menjadi salah satu media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak dan paling sering dikunjungi.
Dengan begitu, kamu tentu akan mempunyai banyak peluang untuk memperluas pasar dan menarik banyak pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk meningkatkan omzet penjualan dengan cara memanfaatkan berbagai macam fitur TikTok Shop.

8 Tips Berjualan di TikTok Shop agar Cepat Laris

Bagi pemula, melakukan cara jualan di TikTok Shop memang tak mudah. Jangan khawatir, ada beberapa cara jualan di TikTok Shop agar omset naik. Berikut penjelasannya:

1. Perdalam Informasi tentang TikTok

Cara jualan di TikTok Shop agar cepat laris yang pertama adalah memperdalam pengetahuan kamu tentang platform TikTok. Hal ini sangat penting dan wajib untuk kamu ketahui karena TikTok memiliki sistem dan algoritma yang berbeda dengan media sosial pada umumnya. Video yang kamu buat tidak seluruhnya dapat muncul di halaman fyp banyak orang. Maka dari itu, kamu harus benar–benar mengetahui bagaimana TikTok bekerja.

2. Bikin Konten yang Menarik

Cara jualan di TikTok Shop agar cepat laris selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Dengan mengunggah konten yang menarik, kamu dapat menarik minat pengguna TikTok untuk melihat bisnis dan juga produk yang dijual. Jadi, usahakan untuk meluangkan waktu membuat konten yang menarik.
Misalnya saja, kamu bisa membuat konten awal untuk memperkenalkan bisnis. Lalu, selanjutnya membuat konten yang berisi tentang perkenalan produk yang kamu jual, sistem penjualan, pengemasan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memilih lagu-lagu ataupun filter yang sedang trend di kalangan pengguna TikTok agar konten promosi bisnis bisa viral.

3. Tulis Caption yang Unik

Cara jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah menulis caption yang menarik dan unik. Menulis caption itu cukup penting untuk diperhatikan apabila kamu ingin memperkenalkan bisnis dan produk dengan menarik. Pastikan kamu memperhatikan nama produk, informasi mengenai produk yang dijual, harga produk, dan berbagai lain lainnya yang berhubungan dengan produkmu. Semakin unik caption yang kamu tulis, maka akan semakin besar kemungkinan pengguna TikTok akan tertarik melihat produk jualan.

4. Memaksimalkan Penggunaan Fitur

Memaksimalkan fitur menjadi salah satu cara jualan di TikTok Shop yang bisa kamu coba. Sayangnya, banyaknya fitur di aplikasi TikTok terkadang membuat pengguna jadi malas, padahal dengan memaksimalkan penggunaan fitur TikTok membuat konten video jadi lebih menarik perhatian target konsumen. Berikut fitur-fitur TikTok yang bisa Anda coba dalam membuat konten promosi yang bagus, antara lain:
  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Pakai stiker dan Effect
  • Filter
  • Timer
  • Beautify

5. Post Konten di Waktu yang Tepat

Kamu ingin video promosi banyak yang melihat dan viral? Sangat penting untuk mencari waktu yang tepat untuk mengunggah video konten. Sebaiknya kamu mengunggah konten TikTok antara jam 10 pagi sampai jam 1 siang atau ketika malam hari karena pada waktu itulah anak-anak sekolah, kuliah, dan pekerja mengisi waktu luang mereka untuk menonton video TikTok.

6. Konsisten Posting Konten

Cara jualan di TikTok Shop yang sering disepelekan adalah tidak konsisten memposting konten. Padahal, cara ini untuk meningkatkan brand awareness. Coba deh kamu bayangin, misalnya konten kamu muncul di beranda pengguna maupun followers udah pasti mereka melihat video kamu. Ada kemungkinan mereka juga menyukai bahkan komentar terhadap konten yang dibuat dan semakin banyak orang yang menyukainya, video kamu bisa tampil di halaman fyp sehingga ini bisa jadi keuntungan jualan di TikTok Shop karena menambah awareness pengguna TikTok lainnya.

7. Memasang Iklan

Cara jualan di TikTok Shop selanjutnya adalah memasang iklan. TikTok memungkinkan kamu untuk memasang iklan secara mudah karena adanya sistem periklanan formal. Ada berbagai fitur iklan yang bisa dimanfaatkan, di mana kamu bisa berkreasi menghasilkan konten yang membuat penonton ingin mencoba menggunakan produk kamu.

8. Kerjasama dengan Influencer dan TikTok Shop Afiliate

Cara jualan di TikTok Shop agar dagangan semakin laris adalah kamu bisa memanfaatkan exposure dari seleb TikTok. Konten-konten mereka yang dapat engagements banyak sangat menguntungkan bagi bisnismu. Kamu tak perlu khawatir promosi tak berjalan, karena mereka sudah memiliki “audiens” sendiri.
Selain influencer, kamu juga bisa memanfaatkan jasa dari TikTok Shop Affiliate. Meski terkena biaya potongan untuk komisi, namun kamu akan mendapat kesempatan untuk dipromosikan akun lain. Semakin banyak pembeli semakin kamu mendapatkan keuntungan jualan di TikTok Shop bukan?

Rekomendasi Posy untuk Manajemen Barang Jualan di Tiktok Shop

Setelah mengetahui cara jualan di Tiktok Shop dan keuntungan jualan di TikTok Shop, mungkin kamu mulai tertarik untuk berjualan di platform satu ini. Agar jualan kamu semakin mudah, waktunya untuk mulai mempertimbangkan memanfaatkan aplikasi Point of Sales (POS). POS adalah layanan kasir online yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat segala transaksi, membuat laporan keuangan, mencatat data ketersediaan stok, menyimpan data pelanggan, dan lain sebagainya.
Salah satu aplikasi POS yang bisa dicoba adalah Posy. Dengan berbagai fitur lengkap, kamu dapat melacak perkembangan bisnis, pembayaran, dan kebutuhan lainnya melalui aplikasi ini. Selain kemudahan tersebut, berikut adalah keuntungan-keuntungan lain yang bakal kamu dapatkan:
  • Ukuran aplikasi hanya berukuran 40 MB.
  • Fitur yang disediakan bisa digunakan di handphone atau tablet.
  • Biaya admin terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp59.000.000 untuk langganan sebulan. Rp129.000/3 bulan, atau kamu juga bisa memilih paket Rp239.000/6 bulan.