Blog

Cara Evaluasi Kinerja Restoran dengan Mudah

Tips Berbisnis
Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja restoran atau pun bisnis F&B. Simak tulisan ini untuk mengetahui cara evaluasi kinerja restoran dengan mudah.

Apa itu evaluasi kinerja restoran?

Evaluasi kinerja adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur atau menilai pencapaian restoran dalam kurun periode tertentu misalnya mingguan, bulanan, atau tahunan.

Evaluasi kinerja penting untuk melihat capaian dan kemajuan restoran.

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Shift Kerja dan Contohnya

Kapan waktu yang tepat untuk evaluasi kinerja restoran?

Evaluasi kinerja restoran sebaiknya dilakukan secara rutin. Kamu bisa melakukan evaluasi harian dan membandingkan pencapaian setiap harinya.

Evaluasi kinerja juga bisa dilakukan setiap minggu. Bandingkan pencapaian kinerja dengan minggu sebelumnya.

Selain mingguan, kamu juga bisa mengevaluasi kinerja setiap bulan, per kuartal, setiap 6 bulan, hingga setiap tahun.

Baca juga: Cara Membuat Annual Report Usaha Kuliner, Restoran, dan Cafe

Berikut cara evaluasi kinerja restoran:

1. Evaluasi penjualan

Lihat hasil penjualan dalam periode evaluasi yang ditetapkan. Cermati penurunan atau kenaikan penjualan. Analisis penjualan dengan cermat dan ambil keputusan untuk periode berikutnya.

Untuk memudahkan evaluasi penjualan, kamu dapat menggunakan sistem POS Posy Resto. Posy Resto akan memberikan laporan dan insight yang membantu mengevaluasi kinerja penjualan.

Coba Posy Resto secara gratis di sini.

2. Evaluasi kualitas makanan

Selain penjualan, evaluasi juga kualitas makanan. Kamu dapat melakukan pengecekan mulai dari pembelian bahan baku, penyimpanan, pengolahan, hingga penyajian. Kamu juga bisa meminta pembeli untuk menilai makanan.

3. Evaluasi karyawan

Evaluasi juga performa karyawan. Beri penilaian untuk setiap karyawan mulai dari kedisiplinan hingga pencapaian target kinerja individu.

4. Evaluasi kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan juga patut dipertimbangkan dalam evaluasi restoran. Kamu dapat melakukan survei terhadap kepuasan pelanggan yang datang ke restoran.

Itulah cara evaluasi kinerja restoran. Simak juga tips dan informasi lainnya di Blog Posy.