Blog

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Tips Berbisnis
Perkembangan dunia usaha semakin pesat karena didukung dengan teknologi yang semakin canggih, sehingga dunia usaha membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai baik dari segi pengetahuan dan keterampilan. Membangun bisnis di usia muda merupakan salah satu langkah tepat untuk mulai merintis kesuksesan sejak dini. Saat ini, sudah banyak kaum muda yang sukses membangun bisnisnya. Mulai dari bisnis di bidang kuliner, properti, hingga fashion.

Di luar negeri, memulai bisnis di usia muda sudah lama terjadi. Mark Zuckerberg pelopor Facebook, Larry Page penemu Google, atau bahkan Evan Spiegel pendiri Snapchat adalah beberapa contoh dari segelintir anak muda yang dapat meraih kesuksesan dan berhasil menjalankan perusahaan bernilai jutaan dolar.

Meski jaminan untuk berhasil 50:50, jangan jadikan itu menjadi alasan untuk takut memulai. Hal ini karena, meskipun gagal, pasti kamu bisa mendapatkan pelajaran yang dapat diterapkan untuk usahanya di kemudian hari. Nah, artikel ini bakal ngebahas cara menjadi pengusaha sukses di usia muda. Yuk, disimak!

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Pada dasarnya, ingin membangun usaha sendiri di usia muda adalah hal yang sah-sah saja. Namun untuk memulainya, perlu persiapan yang matang, termasuk menyiapkan mental hingga modal. Nah, berikut cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang harus kamu perhatikan:

1. Fokus Pada Mimpi Jadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang pertama adalah fokus. Fokuslah pada mimpi dan berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Mimpi merupakan harapan yang kita miliki, sebuah impian dan cita-cita yang harus dipegang dan diyakini dapat terwujud.
Pengusaha sukses di usia muda banyak yang tumbuh dari semangat dan fokus mereka dalam berbisnis. Karena ketika kamu fokus pada tujuan, kamu akan belajar, mencari pengalaman dan pengetahuan di bidang bisnis kamu.

2. Memilih Usaha Sesuai Passion

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda selanjutnya adalah jalani usaha sesuai passion. Tidak sedikit pengusaha sukses yang awalnya memulai usahanya dari hobi. Hal ini karena usaha tersebut dilakukan berdasarkan kesenangan sehingga terasa lebih ringan dan dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengawali bisnis.

Kamu dapat memilihnya sesuai dengan passion mulai dari teknologi, kuliner, atau passion sehingga dapat mendalami bisnis yang dimulai. Contohnya jika menyukai fashion dan memiliki pengetahuan seputar fashion, kamu dapat memulai usaha pembuatan pernak pernik dan lain sebagainya. Ketika bekerja dengan passion, kamu tidak akan lelah meskipun bekerja selama berjam-jam dan tetap semangat untuk menghadirkan ide-ide inovatif yang belum pernah dibayangkan sebelumnya.

3. Hilangkan Rasa Takut pada Kegagalan

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang satu ini harus ditanamkan pada pikiran kamu. Jangan takut kegagalan sebelum kamu mencobanya. Cobalah untuk menghilangkan pikiran negatif yang membuat kamu takut untuk memulai dan gagal. Teruslah memotivasi diri untuk mewujudkan ide-ide bisnis dan impian yang kamu punya.

Selama apa yang kamu wujudkan tidak merugikan orang lain apalagi melanggar hukum agama dan negara, berusahalah untuk mewujudkan cita-citamu menjadi pengusaha sukses tanpa takut pada kegagalan. Jika mengalami kegagalan, jangan takut untuk kembali mencoba hingga kamu mencapai tujuan yang diharapkan.

4. Buat Target Berjangka

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda selanjutnya adalah kamu harus memiliki target yang berjangka. Misalnya, jika kamu ingin sukses berbisnis maka kamu harus memiliki target untuk bisnis tersebut. Misalnya untuk tiga bulan ke depan, lalu enam bulan, dan satu tahun ke depan. Catat hal-hal yang ingin kamu capai dalam jangka waktu tersebut.

Apabila kamu tidak memiliki target yang jelas kama bisnis atau pekerjaan apapun yang kamu lakukan akan selalu berjalan di tempat atau tidak mengalami kemajuan. Oleh karena itu, tentukan target yang ingin kamu capai secara berjangka, mulai dari jangka pendek, hingga target untuk jangka panjang.

5. Menyisihkan Pendapatan

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda selanjutnya adalah sisihkan pendapatan. Untuk memulai suatu usaha, sebagian besar orang tentunya berpendapat bahwa untuk memiliki sebuah usaha yang menghasilkan, terlebih dahulu kita harus memiliki modal yang cukup. Untuk beberapa kasus pendapat ini memang betul, Seperti misalnya jika kamu ingin membuka sebuah toko pakaian atau yang lainnya.

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda tanpa modal mungkin menurut kamu sangat mustahil untuk dilakukan. Namun ada saja bisnis yang tidak harus memiliki sebuah modal yang besar, yaitu menjadi seorang makelar properti, kamu sebagai anak muda tentunya sangat paham akan setiap perkembangan teknologi di zaman sekarang. Dengan menggunakan sebuah teknologi tersebut kamu dapat membuat bisnis dan menghasilkan uang.

Apabila bisnis yang kamu jalankan mulai berkembang dan menghasilkan pendapatan. Maka sisihkan sebagian pendapatan yang diperoleh, setidaknya 25% untuk dana tidak terduga dan investasi jangka panjang.

6. Cepat Beradaptasi dengan Keadaan

Perkembangan teknologi dan dunia bisnis saat ini terjadi begitu pesat. Oleh karena itu, cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang penting adalah memiliki kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan keadaan. Terutama beradaptasi dengan perkembangan tren dan teknologi terkini.

Pasalnya, pasti akan sulit untuk kamu mencapai kesuksesan saat ini jika tertinggal dari tren dan perkembangan teknologi. Alasannya karena perkembangan tren dan teknologi dapat mempengaruhi minat pasar dan strategi-strategi pemasaran yang harus diterapkan agar kamu bisa sukses saat memulai usaha dari nol.

7. Memiliki Motivasi yang Kuat

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang sering dianggap remeh adalah memiliki motivasi kuat. Padahal, memulai usaha baru tanpa dukungan motivasi yang kuat membuat bisnis tidak akan bertahan lama. Apalagi, masa awal biasanya adalah masa terberat dalam merintis bisnis. Jika kamu tidak memiliki motivasi yang kuat, bisnis tersebut mungkin saja tidak akan berhasil.

Kamu bisa saja termotivasi oleh lingkungan di sekitar. Tetapi menguatkan motivasi dari diri sendiri itu jauh lebih penting. Kamu dapat membaca buku tentang kisah-kisah pengusaha sukses atau tokoh inspiratif lainnya dalam berbisnis untuk meningkatkan motivasi dari dalam diri.

8. Mampu Memanfaatkan Jaringan

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda selanjutnya adalah perluas koneksi. Tidak ada karir pengusaha yang dapat berhasil tanpa bantuan dari orang-orang yang tepat. Para pengusaha muda tersebut mengerti betul akan hal ini. Jaringan atau networking adalah salah satu yang selalu dimanfaatkan oleh para pengusaha sukses untuk mendapatkan dukungan bisnis ketika mereka memulai awal usaha.

Memanfaatkan pengaruh orang sukses sebelumnya untuk membangun sebuah kredibilitas dalam berbisnis adalah sebuah langkah tepat cara menjadi pengusaha sukses di usia muda.

9. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang tak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Di era globalisasi dan dunia yang terhubung dengan internet sekarang ini kemampuan berbahasa asing sangat penting. Kini kamu tidak hanya bersaing dengan sesama teman satu kampus, satu kota, atau bahkan satu negara. Sekarang ini jika ingin sukses di usia muda saingan kamu adalah semua orang dari berbagai belahan dunia.

Oleh karena itu, usahakan kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris yang mumpuni, karena dengan kemampuan ini dapat menjadi modal kamu untuk bersaing di dunia global.

10. Gunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan


Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda yang terakhir adalah manfaatkan aplikasi pencatat keuangan. Pada masalah keuangan maka usahakan untuk selalu melakukan pencatatan yang baik. Pencatatan keuangan yang baik bisa menggunakan berbagai aplikasi, salah satunya Posy. Dengan Posy, segala transaksi akan tercatat secara otomatis, disertai dengan manajemen produk dan stok barang serta adanya laporan berkala mengenai performa penjualan. Dengan menggunakan aplikasi Posy, bisnis pasti akan lebih mudah dikelola tanpa harus melakukan pencatatan secara manual.